WhatsApp Ternyata Tidak Aman

Softpedia (8/10) memberitakan bahwa seorang ilmuwan matematika dan komputer dari Universitas Utrecht di Belanda, Thijs Alkemade, memperingatkan bahwa hacker dapat mendeskripsikan pesan WhatsApp dengan memanfaatkan kelemahan dalam protokol enkripsinya.

Menurut Alkemade, pesan di WhatsApp bisa bocor karena WhatsApp telah membuat dua kesalahan. WhatsApp menggunakan kunci enkripsi yang sama untuk pesan masuk dan keluar serta menggunakan kunci HMAC yang sama pada kedua arah tersebut.

Kata Alkemade, pengguna WhatsApp harus mengasumsikan bahwa siapa pun yang mampu membuka koneksi WhatsApp pengguna itu, juga mampu mendeskripsikan pesan pengguna itu. Pengguna WhatsApp harus mempertimbangkan semua percakapan WhatsApp sebelum dikirim.

Saran Alkemade kepada WhatsApp adalah agar WhatsApp segera melakukan update dan mengubah enkripsi pesan masuk dan keluar pada aplikasinya sebagai satu-satunya solusi. Jika tidak, bukan tidak mungkin pengguna WhatsApp akan beralih ke aplikasi perpesanan instan lain yang juga semakin banyak beredar.
Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

3 komentar

Click here for komentar
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Kamis, Oktober 17, 2013 7:19:00 PM

keren juga ya kang yang bisa kasih masukan buat WhatsApp.. :o
baru tau aku

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, Oktober 19, 2013 10:20:00 AM

mungkin pegiat keamanan komputer kita juga bisa. kita doakan saja.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Jumat, Oktober 23, 2015 2:35:00 PM

Nice article! Thanks for sharing.

Balas

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan