Apakah itu DCIM Folder?

Setiap kamera digital, termasuk kamera yang ada di smartphone kita, memaksa kita untuk menyimpan foto yang kita ambil ke dalam sebuah folder yang bernama DCIM. Apakah maksudnya nama DCIM itu? Kenapa nggak disimpan di folder yang diberi nama “Photos” atau biarkan saja foto yang diambil disimpan di root directory? Ternyata, penyimpanan ke folder DCIM itu berkaitan dengan suatu standard.

Sudah sejak lama DCIM (for Digitan Camera IMages) menjadi struktur direktori baku untuk kamera digital. Umumnya, folder DCIM dibuat untuk membuat segalanya lebih terorganisir. Saat kita memasukkan kartu memori ke dalam kamera digital, secara otomatis kamera digital akan mencari folder DCIM. Apabila folder itu tidak ada, kamera digital akan membuat folder itu.

Sejalan dengan itu, beberapa perangkat lunak pengolah foto pun didesain untuk melakukan hal yang sama. Software image-editing akan mencari folder DCIM apabila sebuah kartu memori dimasukkan ke computer. Hal itu lebih menghemat waktu daripada kita harus memindai satu per satu folder yang ada di dalam kartu memori untuk mencari foto-foto yang kita perlukan. Selain itu, hal itu juga untuk menjaga agar software tidak mengambil gambar yang tidak kita ambil menggunakan kamera digital itu.

OK, jadi sekarang sudah paham kan mengapa selalu ada folder DCIM pada kartu memori yang dipakai kamera digital?

Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

1 komentar:

Click here for komentar
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Jumat, Oktober 23, 2015 11:12:00 AM

Nice article! Thanks for sharing.

Selamat asiapoker dapat PERTAMAX...! Silahkan antri di pom terdekat heheheh...
Balas

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan