Tips Apabila Tiket Kereta Api Hilang - Jangan Panik

Tips apabila tiket kereta api hilang.

Kawan-Kawan merencanakan perjalanan dengan moda transportasi kereta api. Kawan-Kawan sudah jauh-jauh hari membeli tiket kereta api guna perjalanan tersebut. Akan tetapi, mendekati Hari H ternyata tiket Kawan-Kawan hilang tidak ketemu? Apa yang harus dilakukan apabila tiket kereta api hilang? Tentu saja, tips pertama, jangan panik!

Surat Jalan Pengganti Tiket Kereta Api yang hilang
Surat Jalan Pengganti Tiket Kereta Api

Malam tahun baru 2015 saya melakukan perjalanan menggunakan kereta api dari Stasiun Pasar Senen menuju Stasiun Yogyakarta. Saya sudah memesan tiket kereta api PP untuk keperluan tersebut. Perginya saya menggunakan Kereta Api Senja Utama Yogyakarta yang berangkat dari Stasiun Senen pada pukul 20:55 WIB. Sedangkan pulangnya, 4 Januari 2015, saya menggunakan Kereta Api Jaka Tingkir dari Stasiun Lempuyangan.

Malam tahun baru itu saya begitu percaya diri pergi ke Stasiun Pasar Senen karena saya merasa telah membeli tiket kereta api Senja Utama Yogyakarta. Saya berangkat dari Lebak Bulus pukul 17:30 WIB menggunakan Kopaja AC20. Pukul 19:00 WIB saya sudah sampai di Stasiun Pasar Senen. Karena masih belum masuk waktu isya saya segera mendirikan sholat maghrib. Selesai sholat saya makan di Warung Makan Klaten yang terletak di luar kompleks Stasiun Pasar Senen.

Selesai makan saya mencari tiket untuk melihat nomor kereta dan nomor tempat duduk. Ternyata, tiket kereta api tidak ada di dalam tas yang saya pergunakan untuk menyimpan seluruh tiket kereta api saya. Syukurnya, saya masih menyimpan kode booking tiket itu. Saya pun segera menuju ke mesin pencetak tiket mandiri untuk mencetak kembali tiket saya. Ternyata, tiket kereta api hanya dapat dicetak satu kali. Saat mencetak, saya mendapat notifikasi yang kira-kira bunyinya, "Kode booking tersebut telah dicetak. Silakan hubungi Customer Service".

Waktu sudah menunjukkan pukul 20:15 WIB. Kereta Api Senja Utama Yogyakarta berangkat pukul 20:55 WIB. Saya tetap tidak panik. Saya segera menuju ke Layanan Pelanggan untuk meminta tiket kereta api pengganti.

Kira-kira 15 menit saya antri. Begitu dipanggil saya mengatakan bahwa tiket kereta api saya hilang dan saya minta tolong untuk dibuatkan tiket pengganti. Petugas Layanan Pelanggan menanyakan apakah saya ingat kode booking tiket kereta api yang hilang. Kode bookig itu sudah saya catat sehingga saya tinggal menyerahkan ke Petugas Layanan Pelanggan. Petugas itu kemudian memeriksa kode booking lalu meminta kartu identitas saya kemudian memfotokopi kartu identitas saya tersebut. Yang dilakukan selanjutnya adalah Petugas Layanan Pelanggan membuatkan semacam surat jalan untuk menggantikan tiket kereta api saya yang hilang.

Sayangnya, pengganti tiket kereta api yang hilang hanya dapat dimintakan di Layanan Pelanggan di stasiun keberangkatan sehingga saya pun harus minta pengganti tiket Kereta Api Jaka Tingkir di Stasiun Lempuyangan.

Tips apabila tiket kereta api hilang:
  1. Jangan Panik
  2. Siapkan Kartu Identitas. Punya fotokopiannya lebih baik.
  3. Siapkan kode booking. Kalau tidak ada no hp atau nomor kartu identitas yang dipakai saat memesan tiket kereta api
  4. Hubungi Layanan Pelanggan di stasiun keberangkatan
Semoga bermanfaat.
Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

3 komentar

Click here for komentar
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Jumat, Oktober 23, 2015 11:06:00 AM

Nice article! Thanks for sharing.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Minggu, April 03, 2016 2:12:00 PM

Oh jadi CTM hanya sekali cetak ya, mau tanya om bro, kalau cetak tiket apa harus dari stasiun keberangkatan? misal tujuan saya tegal berangkat dr gambir, saya cetak tiket dari gambir untuk berangkat dari tegal, bisa gak ya?

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Senin, April 04, 2016 12:39:00 AM

Tiket bisa dicetak di Stasiun yang melayani pemesanan tiket, Mas. Di semua konter CTM juga bisa. Tidak harus di stasiun keberangkatan.

Balas

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan