Broken Link Banyak Sekali

Perpindahan Blog Kang Kombor dari self hosted Wordpress ke Blogger ternyata masih menyisahkan pekerjaan rumah. Padahal, migrasi dari WordPress ke Blogger itu sudah Kang Kombor lakukan lama sekali. Sudah berapa tahun ya? Kang Kombor sendiri sudah lupa. Kang Kombor migrasi dari WordPress hosting sendiri ke Blogger karena akun hosting Kang Kombor sering kena tangguh dan sudah beberapa kali blog di-hacked sama orang Turki. Malas pindah-pindah hosting atau memperbaiki blog yang di-hacked, Kang Kombor putuskan pindah ke Blogger. Ternyata, masih banyak broken link yang belum Kang Kombor perbaiki.

Link rusak itu terjadi akibat struktur permalink yang berbeda antara yang dipakai di WordPress dengan yang disediakan oleh Blogger. Sayangnya, semua link rusak itu justru link internal di blog ini, bukan link eksternal menuku pranala luar. Kesannya nanti jadi nggak ada tulisan yang pranalanya dibuat padahal sebenarnya ada tetapi pranalanya saja yang rusak.

ilustrasi broken link

Tadi Kang Kombor baru sempat memperbaiki beberapa pranala yang rusak dari 3 posting. Entah kapan akan selesai PR ini karena tulisan di blog ini sudah lebih dari 1000. Ya maklum blog ini sudah lumayan tua. Kalau dari yang terarsipkan di sini paling tua ditulis pada 6 Februari 2007. Sebenarnya ada yang ditulis lebih tua daripada itu tetapi tidak semua tulisan Kang Kombor pindahkan ke blog ini.

Dari beberapa bacaan di internet, adanya link rusak jelas merugikan suatu situs web atau blog, baik dari perspektif SEO maupun pembaca. Dari sisi SEO, akan menimbulkan kesalahan perayapan (crawling error) mesin pencari. Dari sisi pembaca, kalau banyak link rusak di suatu situs web atau blog, pembaca akan jadi kesal dan tidak mau berkunjung lagi ke situs web atau blog itu. Intinya, link rusak hanya membawa kerugian kepada suatu situs web atau blog. Nggak ada keuntungannya sama sekali.

Mudah-mudahan ada banyak waktu yang bisa Kang Kombor sisihkan untuk memperbaiki pranala yang rusak di blog ini. Nggak enak juga kalau sedang membaca tiba-tiba nemu pranala yang rusak.
Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

1 komentar:

Click here for komentar
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Jumat, Oktober 23, 2015 10:43:00 AM

Nice article! Thanks for sharing.

Selamat asiapoker dapat PERTAMAX...! Silahkan antri di pom terdekat heheheh...
Balas

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan