Rabu, Februari 25, 2015

Firefox 36 Mendukung HTTP/2

Mozilla telah merilis peramban Firefox versi 36. Perubahan terbesar pada update kali ini adalah dukungan Firefox pada standard baru HTTP/2 yang juga baru saja diluncurkan.

HTTP/2 adalah update untuk HTTP yang baru dilakukan setelah 16 tahun. Bahasa HTTP pertama yaitu HTTP 1.1 diluncurkan pada 1999. Update HTTP/2 ini diharapkan memberikan manfaat besar pada dunia web, yaitu pemuatan halaman web akan menjadi jauh lebih cepat, konektivitas yang lebih lama, dan server push. HTTP/2 menggunakan HTTP API yang sama dengan HTTP 1.1 yang telah dikuasai oleh para pengembang web ditambah dengan beberapa fitur baru yang dapat diadopsi oleh mereka.

firefox 36 update


HTTP/2 akan memungkinkan http request dibuat lebih "murah". Komunitas Web telah lama meminta para pengembang web untuk tidak membuat banyak http request di halaman-halaman web mereka yang mengarahkan para pengembang web untuk melakukan optimasi teknik seperti membuat code inlining untuk mengurangi http request. Dengan HTTP/2, fitur multipleks memungkinkan banyak http requests dikirimkan pada saat yang bersamaan sehingga pemuatan halaman tidak terblokir.

HTTP/2 juga menggunakan koneksi yang lebih sedikit. Dengan demikian diharapkan dapat menghasilkan beban yang kecil pada server dan jaringan.

Sebelum ada update HTTP/2, standard HTTP menggunakan protokol SPDY yang dikembangkan oleh Google. Kini, dengan dikeluarkannya update HTTP/2, Google akan secara penuh mengadopsi HTTP/2 pada peramban Chrome dan meninggalkan protokol SPDY.

Peramban Firefox versi 36 telah mendukung update terbaru HTTP/2. Untuk Kamu yang belum update Firefox, silakan diupdate agar semua manfaat HTTP/2 bisa Kamu dapatkan.

Related Posts

Firefox 36 Mendukung HTTP/2
4/ 5
Oleh

1 comments: