Zenfone 2 VS OnePlus One, Pilihan Saya Jatuh ke OnePlus One

Setelah membaca berbagai tinjauan produk, tinjauan versus yang mengadu Zenfone 2 dan OnePlus One dan melihat video versus yang mengadu kedua smartphone dengan RAM gahar itu, akhirnya pilihan saya jatuh pada OnePlus One untuk menggantikan Lenovo S920 yang sudah setahun lebih menemani keseharian saya.

Perbandingan secara teknis antara Zenfone 2 dan OnePlus One bisa dikatakan setara. Hal itu pula yang membuat saya terpaksa harus mencari rujukan dari tinjauan-tinjauan yang mengadu secara langsung kedua smartphone tersebut.

Di antara banyak tinjauan yang mengadu Zenfone 2 (RAM 4GB) dengan OnePlus One, tidak ada satupun yang secara eksplisit merekomendasikan Zenfone 2. Sebaliknya, yang secara eksplisit merekomendasikan memilih OnePlus One ada beberapa.

OnePlus One


Untuk varian OnePlus One yang saya pilih adalah yang memiliki kapasitas penyimpanan 64 GB. Saya membutuhkan samartphone dengan kapasitas penyimpanan yang besar. Lenovo S920 dengan ROM 4GB yang saya ekspansi dengan kartu memori 16 GB masih belum cukup untuk saya. Secara performa, Lenovo S920 tidak jelek. Saya puas menggunakan hp itu.

Selain suka merekam video untuk mengisi saluran YouTube, saya juga membutuhkan banyak aplikasi. Kapasitas penyimpanan internal Lenovo S920 yang hanya 4 GB saat ini sudah terasa sangat sesak. Dulu banyak aplikasi yang bisa saya pindahkan ke kartu memori. Setelah sistem operasi ditingkatkan dari Androit 4.4.3 ke 4.4.4 kok justru tinggal sedikit aplikasi yang bisa saya pindahkan ke kartu memori dengan menggunakan aplikasi AppMgr III. Dus, saya perlu ganti hape karena butuh hape dengan kapasitas penyimpanan yang besar.

Dengan ROM 64 GB, saya rasa saya tidak membutuhkan kartu memori lagi. Saya juga jadi percaya yang dikatakan Hugo Barra, CEO Xiaomi yang mengatakan kartu memori justru cenderung memperlambat kinerja hape karena kartu memori tetap membutuhkan RAM saat bekerja. Di samping itu, saya juga mengalami beberapa kali kartu memori yang saya pakai di Blackberry maupun hape android saya rusak. Dus, tawaran Zenfone 2 yang masih memberikan slot kartu memori saya abaikan untuk hape dengan ROM 64 GB.

Tentu kapasitas besar saja tidak cukup bagi saya untuk jadi alasan dalam memilih hape. Saya harus sekalian mencari hape dengan spesifikasi yang tinggi dengan harga yang masih terjangkau untuk saya beli. Saat OnePlus One masuk Indonesia, saya sudah tertarik dengan hape keluaran OnePlus itu. Akan tetapi, karena iklan Zenfone 2 yang setinggi langit, saya merasa perlu untuk menunggu hingga Zenfone 2 keluar untuk memperbandingkan. Simpulan dari perbandingan-perbandingan yang saya baca artikelnya dan saya tonton videonya mengarahkan untuk memilih OnePlus One. OnePlus One banyak direkomendasikan karena menggunakan Snapdragon. Sangat banyak yang mengatakan Snapdragon lebih baik daripada intel. Hal itu masih bisa diperdebatkan. Sayangnya, rumor yang berkembang, ASUS akan memproduksi Zenfone 2 yang menggunakan Snapdragon. Ya sudahlah, tidak usah didebat kalau begitu...

Kiriman ini sekedar sharing pilihan saya saja. Kalau ada yang masih bingung harus memilih yang mana antara Zenfone 2 RAM 4GG dengan OnePlus One sebaiknya perbanyak membaca tinjauan dan menonton video Zenfone 2 vs OnePlus One.
Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

1 komentar:

Click here for komentar
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Jumat, Oktober 23, 2015 9:26:00 AM

Nice article! Thanks for sharing.

Selamat asiapoker dapat PERTAMAX...! Silahkan antri di pom terdekat heheheh...
Balas

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan