Hasil Gurame Kolam Terpal

Kiriman blog ini sekitar 2012 pernah diwarnai dengan kolam terpal. Ya, saya pernah budidaya pembesaran lele kolam terpal. Saya pernah mengirimkan cara membuat kolam terpal batako, dan lain-lain yang ada hubungannya dengan kolam terpal. Kali ini, saya akan bercerita tentang hasil gurame kolam terpal.

Sebenarnya, saat budidaya pembesaran lele dulu saya juga membuat kolam terpal untuk gurame. Berbeda dengan kolam terpal lele yang saya buat naik ke atas dengan pagar batako atau bambu, kolam gurame itu saya gali lalu baru saya pasangi terpal. Memelihara gurame susah-susah gampang. Saat memulai pemeliharaan, banyak benih gurame saya yang mati. Konon gurame memang begitu, kalau tidak mampu meyesuaikan diri, ikan gurame akan mati. Namun, setelah mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, dia akan tahan hidup di lingkungan barunya itu.

Hal itu saya buktikan sendiri. Ikan gurame yang tersisa sekitar 50-an ekor yang hidup di kolam terpal tetap bertahan hidup walaupun air kolam tidak pernah diganti. Di musim kemarau, kadang-kadang hanya ditambahkan air untuk menjaga tinggi muka air. Pernah suatu saat kolam terpal gurame itu kekeringan dan tinggal sejengkal airnya. Gurame sampai tidak bisa berenang tegak, hanya miring-miring saja tetapi tidak ada satu pun gurame yang mati.

Kolam Terpal untuk Gurame
Kolam Terpal untuk Gurame
Ikan gurame di kolam terpal gurame saya hanya saya kasih makan daun senthe, yaitu sejenis talas yang tidak bisa dimakan umbinya, ukuran tanaman dan daunnya besar-besar dan getahnya sangat gatal. Yang saya cemplungkan ke kolam daunnya dan cacahan pelepah daunnya. Pakan yang lain hanya daun pepaya atau daun Telo Tahun (ubi kayu yang tidak bisa dimakan ubinya). Tidak pernah saya beri makan pelet atau pun makanan lain.

Setelah 2,5 tahun hasil gurame kolam terpal itu lumayan juga. Buat saya sih lumayan. Ternyata guramenya juga mau besar dan gemuk walaupun hanya makan daun-daunan.

hasil gurame kolam terpal
Gurame hasil kolam terpal

Lihat gambar gurame di atas, lumayan kan. Gurame yang buat klangenan bisa juga buat dimakan.
Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

2 komentar

Click here for komentar
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Selasa, September 22, 2015 4:25:00 PM

Bagi yang butuh kemasan makanan yang aman untuk makanan untuk pecel lele atau pecel ayam, atau mungkin nasi bebek bisa cek kemasan makanan Greenpack di sini http://www.greenpack.co.id/

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Jumat, Oktober 23, 2015 8:31:00 AM

Nice info. Thanks for sharing.

Balas

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan