Kamis, Januari 21, 2016

Nama Domain Yang Aneh

Website pemerintah provinsi, kabupaten, kota dan kecamatan di Indonesia memiliki nama domain yang aneh. Contohnya untuk kabupaten mesti ada "kab" di belakang nama kabupaten seperti slemankab.go.id untuk Kabupaten Sleman. Untuk Kecamatan Sleman menggunakan subdomain dari Kabupaten Sleman. Nama subdomain kecamatan menggunakan "kec" di belakang nama kecamatan. Conntoh untuk Kecamatan Sleman subdomain menjadi slemankec.slemankab.go.id.

website kecamatan sleman

Penggunaan nama domain .go.id untuk pemerintahan memang ada aturan penamaan domainnya. Tapi tetap saja jadinya aneh. Nggak usah jauh-jauh ya seperti slemankab.go.id dan slemankec.slemankab.go.id.

Pemberian tambahan "kab" di belakang nama Kabupaten bolehlah untuk membedakan antara kabupaten dengan kota semisal ada Kabupaten Serang dan Kota Serang. Akan tetapi untuk kecamatan mestinya nggak usah lagi pakai tambahan "kec". Dalam satu kabupaten atau satu kota tentu tidak ada nama kecamatan yang sama. Nama kecamatan yang sama bisa saja ditemui di dua kabupaten/kota yang berbeda seperti Prambanan, ada Prambanan Sleman dan ada Prambanan Klaten. Walaupun nama kecamatan sama tetapi nama kabupaten berbeda. Mestinya cukup dibuat prambanan.slemankab.go.id dan prambanan.klatenkab.go.id. Nggak usah prambanankec.slemankab.go.id dan prambanankec.klatenkab.go.id. Dibaca nggak enak, ditulis di stiker kepanjangan.

Related Posts

Nama Domain Yang Aneh
4/ 5
Oleh

2 comments

Senin, Januari 25, 2016 8:22:00 AM delete

iya mas,,terlihat kurang efisien dan marai bingung
tapi ga perlu mikir juga webnya juga jarang diupdate :))

Reply
avatar
Senin, Januari 25, 2016 8:18:00 PM delete

Yang Kecamatan Sleman itu lumayan updated loh, hehehe

Reply
avatar