Apakah Itu VoLTE?

Logo VoLTE - apakah itu VoLTE
Smartfren baru meluncurkan dua smartphone yang VoLTE ready, yaitu Andromax R2 dan Andromax E2. Xiaomi pun secara resmi telah meluncurkan Xiaomi Mi5 yang juga VoLTE ready. Ada kata kunci yang sama antara Andromax R2, Andromax E2 dan Xiaomi Mi5 yaitu VoLTE ready. Apakah itu VoLTE? Artikel ini akan menjelaskan apa itu VoLTE secara sederhana agar para pembaca yang berbeda-beda latar belakang mampu memahami pengertian VoLTE, manfaat VoLTE, fitur VoLTE, dan bagaimana cara VoLTE bekerja.

Apakah itu VoLTE?

VoLTE adalah singkatan dari voice over LTE atau panggilan suara melalui jaringan 4G LTE. Itu adalah panggilan suara yang dilakukan melalui jaringan 4G LTE, tidak seperti biasanya yang dilakukan melalui jaringan 2G atau 3G. Bisa juga dikatakan VoLTE adalah VoIP (voice over internet protocol) yang berjalan di atas jaringan 4G LTE.

Selama ini mungkin kita tahu tentang 4G hanyalah soal download lebih cepat, browsing lebih cepat, streaming lebih lancar dan hal lain yang berhubungan dengan data saja. Padahal, sesungguhnya jaringan 4G juga dapat dipergunakan untuk meningkatkan kualitas panggilan suara.

Jaringan 4G LTE pada prinsipnya adalah jaringan data. Oleh karena itu, agar 4G LTE dapat dipergunakan untuk melakukan panggilan suara, dibuatlah teknologi VoLTE. Sedangkan sebaliknya, jaringan 2G dan 3G adalah jaringan suara. Lalulintas data adalah fitur yang ditambahkan pada jaringan 2G dan 3G.

Apakah manfaat VoLTE dan fitur VoLTE?

Manfaat terbesar dari VoLTE adalah ia memiliki kualitas panggilan suara yang jauh lebih bagus dan jernih daripada panggilan melalui jaringan 2G dan 3G seperti juga kemampuan jaringan 4G untuk mentransfer data jauh lebih besar dan lebih cepat daripada jaringan 2G dan 3G. Jaringan 4G mampu mentransmisikan data 3 kali lebih banyak daripada 3G dan 6 kali lebih banyak daripada 2G sehingga mampu membuat lawan bicara lebih mudah menangkap tidak hanya suara seseorang tetapi juga intonasi suaranya. Itulah yang disebut panggilan suara HD (HD voice) yang memberikan pengalaman bertelepon jauh lebih kaya dari 2G dan 3G.

Bukan hanya kualitas suara lebih bagus, VoLTE juga menyambungkan panggilan suara 2 kali lebih cepat daripada 2G dan 3G.

Hal selanjutnya yang perlu diketahui, VoLTE memungkinkan pengguna melakukan panggilan suara dan tranmisi data secara simultan atau bersamaan. Hal ini tentu meningkatkan efisiensi jaringan.

Selain hal-hal di atas, pengguna VoLTE di jaringan 4G akan merasa baterai lebih awet. Sebenarnya, hal itu terjadi karena selama ini pengguna telepon 4G harus berpindah ke jaringan 2G atau 3G apabila melakukan panggilan telepon karena jaringan 4G yang tersedia belum mendukung panggilan telepon 4G. Sedangkan, apabila menggunakan VoLTE, pengguna akan tetap berada di jaringan 4G sehingga tidak banyak memakan arus listrik dari baterai.

Bagaimana cara VoLTE bekerja?

ilustrasi panggilan volte
image courtesy of Ericsson

Seperti dijelaskan di atas, jaringan 4G LTE pada dasarnya adalah jaringan data. Untuk dapat melakukan panggilan suara melalui jaringan 4G LTE dipergunakanlah teknologi VoLTE. Agar VoLTE dapat dipergunakan, perangkat telepon pemanggil maupun penerima panggilan harus sama-sama ponsel yang sudah mendukung VoLTE atau VoLTE ready. Selain itu, operator pun sudah mendukung dengan memperbolehkan dilakukannya panggilan melalui jaringan data 4G LTE.

Sekali lagi, VoLTE bisa dipergunakan dengan syarat telepon yang dipakai penelepon dan penerima telepon sama-sama sudah VoLTE ready dan mereka berada di jaringan 4G LTE yang sudang mendukung VoLTE. Untuk Indonesia, operator yang sudah mendukung VoLTE adalah Smartfren dengan hp baru mereka Andromax R2 dan Andromax E2.

Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan