Google Membunuh Picasa

picasa
Pengguna Blogger tentu tidak asing dengan Picasa. Saat Picasa muncul, gambar yang disisipkan ke dalam kiriman blog otomatis akan diunggah ke Picasa Web Album. Picasa itu fasilitas untuk menyimpan foto secara daring yang disertai juga dengan aplikasi desktop untuk memudahkan pengunggahan foto ke Picasa Web Album, namanya Picasa Desktop. Pada kisaran 2008 - 2010 Kang Kombor memasang Picasa Desktop di laptop karena waktu itu banyak foto yang perlu Kang Kombor simpan di Picasa Web Album.

Selain untuk mengunggah foto ke Picasa Web Album, Picasa Desktop berfungsi juga sebagai aplikasi untuk melihat gambar (image viewer) dan juga penyunting gambar (image editing). Bahkan, Picasa Desktop juga bisa dipakai untuk memublikasikan foto ke blog. Kang Kombor dulu sering melakukan posting foto ke blog menggunakan Picasa Desktop.

Mulai 15 Maret 2016 yang akan datang, Google akan menghentikan dukungan untuk Picasa Desktop. Pengguna yang sudah memasang Picasa Desktop tetap akan dapat menggunakan aplikasi itu tetapi Google tidak akan lagi memberi dukungan atau memberi update. Picasa Web Album akan digantikan dengan Google Photos yang sudah lama diluncurkan. Pengguna Picasa yang memiliki foto di Picasa Web Album dianjurkan untuk beralih ke Google Photos. Akan tetapi, untuk pengguna Picasa yang tidak mau beralih ke Google Photos, Google akan membuat tempat baru bagi pengguna untuk tetap dapat mengakses data yang ada di Picasa Web Album. Pengguna akan tetap dapat melihat, mengunduh atau menghapus album yang ada di Picasa Web Album. Yang tidak dapat dilakukan adalah membuat album, mengorganisasikan foto dan menyunting album. Fitur untuk itu disediakan di Google Photos.

Pemberitahuan mengenai penghentian Picasa itu diungkapkan di Picasa Blog kemarin.

Kawan-Kawan akan tetap memakai Picasa atau beralih ke Google Photos?
Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan