Cara Cek Website Kita Mobile Friendly Atau Tidak

Masih ingat Kang Kombor menyinggung sedikit tentang Accelerated Mobile Page (AMP) waktu Kang Kombor cerita tentang YouTube lebih banyak diakses melalui handphone? Google saat ini memang belum menjadikan mobile firendly sebagai faktor yang mempengaruhi pemeringkatan hasil pencarian. Akan tetapi, di kemudian hari bukan tidak mungkin Google akan menjadikan hal itu sebagai faktor yang akan berpengaruh pada peringkat halaman web di SERP Google. Daripada Lu manyun di kemudian hari, lebih baik mulai sekarang sesuaikanlah website/blog kita agar ramah pada perangkat bergerak.

Cara Cek Website Kita Mobile Friendly Atau Tidak


Sebelum melangkah pada cara membuat website yang ramah perangkat bergerak atau mobile friendly, ada baiknya kita periksa dulu apakah website/blog kita sudah ramah perangkat mobile.

Banyak situs yang menyediakan alat untuk men-cek apakah website kita mobile friendly atau tidak. Akan tetapi, Kang Kombor merekomendasikan untuk menggunakan alat yang disediakan oleh Google melalui Google Webmaster. Silakan buka https://www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly/.

mobile friendly test - google webmaster tools

Cara menggunakan alat yang disediakan oleh Google Webmaster itu sangat mudah. Kita tinggal memasukkan alamat halaman web atau website lalu klik tombol ANALYZE. Google Webmaster kemudian akan memberikan hasil analisanya kepada kita.

Kang Kombor sendiri telah melakukan tes dan alhamdulillah blog Kang Kombor ini sudah ramah perangkat bergerak.

blog kang kombor mobile friendly

Bagaimana Cara Membuat Website/Blog Kita Agar Mobile Friendly?

Apabila ingin belajar cara membuat website agar ramah perangkat bergerak atau mobile friendly, kita bisa membaca di Google Developers. Di sana dijelaskan alasan perlunya website dibuat ramah perangkat bergerak. Salah satunya karena saat ini semakin banyak pengguna internet yang membuka website menggunakan perangkat bergerak. Website versi desktop sulit untuk dilihat dan dipergunakan pada perangkat bergerak seperti telepon pintar atau tablet. Oleh karena itu, versi website yang ramah perangkat bergerak sangat diperlukan.

Kawan-Kawan memakai CMS seperti WordPress, Joomla, Drupal, Blogger, vBulletin, Tumblr, Google Site, dan lain-lain dan ingin segera tahu cara membuat website/blog yang dibuat dengan CMS itu menjadi mobile friendly? Silakan langsung ke halaman ini.

Untuk pengguna Blogger sendiri, Google sudah menyediakan template mobile yang dapat kita aktifkan. Apabila kita menggunakan template yang tidak mobile friendly, kita tinggal mengaktifkan mobile template dari dasbor Blogger. Sebagai alternatif, Kawan-Kawan pengguna Blogger bisa mencari template yang responsive.
Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan