Facebook Menyusul WhatsApp Meninggalkan Blackberry

Terlepas dari masih banyaknya pengguna Blackberry di Indonesia, Blackberry sebagai platform mulai ditinggalkan pengembang aplikasi besar. Setelah WhatsApp mengumumkan bahwa aplikasi perpesanan instan itu akan menghentikan dukungannya pada perangkat Blackberry dan menyampaikan bahwa mulai akhir 2016 aplikasi WhatsApp tidak akan bisa dipakai pada kebanyakan perangkat Blackberry, Facebook pun menyusul WhatsApp meninggalkan Blackberry. Aplikasi Facebook dan Facebook Messenger tidak akan dapat dipakai pada perangkat yang menggunakan Blackberry OS, termasuk BB10, mulai akhir 2016.

Pengumuman hengkangnya Facebook dan WA itu dapat dibaca di blog resmi Blackberry pada kiriman ini. Di sana, Blackberry mengatakan bahwa perusahaan itu akan berusaha sekuat tenaga untuk membuat WA dan Facebook mengubah keputusan mereka.

WhatsApp dan Facebook Meninggalkan Blackberry

Apakah Blackberry Akan Hilang dari Indonesia?

Yang menarik untuk diamati adalah apakah dengan ditinggalkannya platform Blackberry oleh WA dan Facebook itu -- yang tidak menutup kemungkinan akan disusul oleh yang lain -- akan membuat Blackberry menjadi hilang dari Indonesia? Sampai saat ini, Indonesia masih menjadi surga bagi Blackberry Messenger. Bahkan, BBM masih menjadi aplikasi perpesanan instan nomor satu di Indonesia. Ditinggalkannya Blackberry oleh WA dan Facebook tentunya akan berimbas pada makin banyaknya perangkat Blackberry yang dipensiunkan oleh pemiliknya yang berasal dari belahan dunia lain. Bukan tidak mungkin, perangkat Blackberry yang sudah pensiun itu justru bisa berbondong-bondong masuk Indonesia dengan harga yang super murah. Kalau sudah seperti itu, belum tentu ditinggalkannya platform Blackberry oleh WA dan Facebook akan membuat Blackberry tamat dari Indonesia.
Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan