Akhirnya OnePlus One Mendapat Update Android 6.0.1 Marshmallow

OnePlus One Mendapat Update Android 6.0.1 Marshmallow

Awal bulan April 2016 lalu Kang Kombor membaca kabar di Android Authority bahwa OnePlus One akan mendapat update Android 6.0 Marshmallow melalui sistem operasi Cyanogen OS 13. Kang Kombor sabar menunggu update itu sambil sekali-kali memeriksa pada pengaturan ponpin (telepon pintar hahaha) apakah sudah ada update atau belum. Alhamdulillah, kemarin malam Kang Kombor memeriksa lagi dan sudah tersedia update Android 6.0.1 Marshmallow untuk OnePlus One melalui Cyanogen OS 1.

Kang Kombor pun GPL alias ga pake lama unduh update Cyanogen OS 13 yang membawa Android 6.0.1 itu karena hp murah Andoid One saja sudah lama banget dapatnya.

update marshmallow sudah tersedia untuk one plus one update marshmallow untuk one plus one selesai didownload update marshmallow untuk one plus one sedang diinstal

Setelah unduh dan pasang hal yang kasat mata terlihat adalah perubahan ikon aplikasi pada layar telepon pintar. Untuk kinerja tidak terlalu terasa perubahannya dari Lollypop ke Marshmallow ini. Hanya saja, tadi pagi hp sempat panas tetapi kembali normat setelah Kang Kombor lakuka reboot.

Perubahan Apa Yang Dibawa Cyanogen OS 13?


Kita bisa mengharapkan semua fitur Marshmallow yang dibawa oleh Cyanogen OS 13. Tentu saja fitur penghemat baterai yang disebut "Doze" yang merupakan bagian paling depan yang diberikan Google pada sistem operasi mobilnya melalui Marshmallow juga termasuk yang dibawa oleh Cyanogen OS 13. Fitur penghemat baterai itu sebenarnya membawa perangkat ke dalam mode hibernasi dan memutus seluruh koneksi jaringan apabila sedang tidak dipakai. Dibarengi dengan fitur eksklusif Marshmallow yang dinamakan "App Standby", Google meningkatkan daya tahan baterai perangkat Android melalui Android 6.0. App Standby membuat aplikasi yang jarang digunakan untuk ditempatkan pada mode tidur (sleep) untuk meningkatkan lama hidup baterai. Kedua fitur baru Marshmallow itu kini ada di One Plus One berkat Cyanogen OS 13.

Hal lain yang paling banyak dibicarakan dan diminta dan diberikan oleh Google pada saat merilis Marshmallow adalah kendali granular yang lebih atas ijin aplikasi apabila dipasang dalam sistem. Hal itu diberikan melalui app permissions manager yang baru dan bawaan Android 6.0 yang berarti semua perangkat yang memakai Android 6.0 mestinya memiliki akses terhadap hal itu. Akan tetapi, sebelumnya Cyanogen sudah melakukan sesuatu yang hampir sama dengan fitur "Privacy Guard" yang hadir dengan berbagai pilihan opsi yang memberikan pengguna memiliki kendali pada aplikasi lebih lebih dari apa yang diberikan oleh Google. Dengan Cyanogen OS 13, Privacy Guard tetap tersedia. Dibarengi dengan app permissions manager yang baru, pengguna jadi memiliki kendali penuh atas app permissions.

Fitur lain yang hadir bersama Marshmallow adalah kemampuan untuk melakukan kastemisasi "ubin" Quick Settings. Fitur itu sudah dikenal oleh pengguna Cyanogen OS dan CyanogenMod dan kini ketika Google memasukkan fitur itu ke dalam AOSP, semua perangkat yang memakai Marshmallow mestinya memiliki kemampuan untuk mengubah tampilan Quick Settings. Dengan Cyanogen OS 13, kini pengguna bisa melakukan kastemisasi tata letak panel dan menambahkan pilihan seperti "perbesar baris pertama" atau "tampilkan cuaca". Kini ada opsi tersedia di panel Quick Settings pada saat berada dalam mode edit.
Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan