Cara Memeriksa dan Mengupdate Plugin Mozilla Firefox Yang Kadaluwarsa

Agar dapat bekerja dengan lancar dan aman, pengguna peramban Mozilla Firefox harus selalu memakai pengaya (add-ons) dan plugin yang paling baru atau updated. Pengaya dan plugin yang kadaluwarsa atau out of date memiliki celah keamanan (vulberability) yang dapat dipergunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan phising atau memasukkan adware, malware dan bahkan virus ke dalam komputer kita. Oleh karena itu, ada baiknya pengguna Mozilla Firefox mau memeriksa secara rutin pengaya dan plugin yang dipasangnya di peramban Mozilla Firefox. Cara memeriksa pengaya (add-ons) dan plugin Mozilla Firefox serta cara update pengaya dan pugin Mozilla Fiefox yang kadaluwarsa itu sangat mudah.

Cara Memeriksa dan Mengupdate Pengaya (Add-Ons) Mozilla Firefox

#1 Klik tombol menu di bagian kanan atas (gambar tiga garis horizontal bertumpuk) lalu pilik ikon Add On atau Pengaya atau sebagai alternatif di address bar Firefox tulis about:addons

#2 Periksa satu per satu pengaya yang terpasang. Perhatikan pengaya yang memiliki peringatan dengan tanda seru dan kalimat dengan huruf berwarna merah.

#3 Klik Update Now apabila pada langkah #2 menemukan pengaya yang perlu di-update

Cara Memeriksa dan Mengupdate Plugins Mozilla Firefox

#1 Klik tombol menu di bagian kanan atas (gambar tiga garis horizontal bertumpuk) lalu pilik ikon Add On atau Pengaya atau sebagai alternatif di address bar Firefox tulis about:addons

#2 Pada halaman Add-Ons Manager pilih Plugin pada menu di bagian kiri

firefox add ons manager plugin

#3 Periksa satu per satu pengaya yang terpasang. Perhatikan pengaya yang memiliki peringatan dengan tanda seru dan kalimat dengan huruf berwarna merah.

plugin firefox kadaluwarsa


#4 Klik Update Now apabila pada langkah #2 menemukan pengaya yang perlu di-update

Cara Memeriksa dan Update Plugins Mozilla Firefox Melalui Website Mozilla.org

Cara lain yang dapat dilakukan dengan cepat untuk memeriksa dan mengupdate plugin Mozilla Firefox yang kadaluwarsa adalah dengan secara langsung mengunjungi halaman web Plugin Check di website Mozilla.org.

Halaman plugin check itu dapat diakses melalui https://www.mozilla.org/en-US/plugincheck/

plugin firefox plugin check page
Di halaman plugin check itu kita dapat secara langsung melihat plugin yang memiliki potensi vulnerabel maupun yang kadaluwarsa. Apabila ditemukan plugin yang tidak aman (vulnerable) dan kadaluwarsa (outdated) ada tombol berwarna merah untuk plugin yang tidak aman dan berwarna oranye untuk plugin yang kadaluwarsa bertuliskan Update Now yang bisa langsung kita klik.
Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan