Nama Kereta Api yang Diambil dari Nama Sungai

Sudah jalan tiga tahun ini Kang Kombor menjadi anggota PJKA alias Pulang Jumat Kembali Ahad. Moda transportasi yang Kang Kombor pilih adalah kereta api. Kalau tidak mendapatkan tiket kereta api barulah menjadi anggota bus mania. Kereta api yang sering Kang Kombor tumpangi adalah Bogowonto dan Gajahwong. Nama kedua kereta api itu diambil dari nama sungai yang melewati wilayah Jawa Tengah (Bogowonto) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (Gajahwong). Tahukah Kawan-Kawan ada beberapa nama kereta api yang diambil dari nama sungai selain Bogowonto dan Gajahwong? Mari kita simak nama kereta api yang diambil dari nama sungai di bawah ini: Bogowonto, Gajah Wong, Progo, Bengawan, Brantas, Serayu dan Logawa.

Kereta Api Bogowonto

Kereta Api Bogowonto melayani rute Pasar Senen - Lempuyangan, memiliki nomor kereta 161 dan 162. Merupakan kereta api ekonomi (K3) AC.


Sungai Bogowonto atau Bhagawanta adalah sungai yang terletak di wilayah Provinsi Jawa Tengah yang bermuara ke Samudera Hindia. Sungai ini berhulu di dataran tinggi di daerah Kedu tepatnya di Gunung Sumbing, Desa Banyumudal, Kecamatan Sapuran, Kabupaten Wonosobo. Selain itu juga berasal dari Pegunungan Menoreh serta Pegunungan Serayu Selatan. Panjang Sungai Bogowonto adalah sekira 67 Km mengalir dari utara ke selatan. Secara administratif sungai ini meliputi tiga kabupaten yaitu Kabupaten Wonosobo serta Kabupaten Magelang dibagian hulu,dan Kabupaten Purworejo di selatan sebagai hilir. Sungai Bogowonto berada di daerah aliran sungai (DAS) Bogowonto seluas 58.571,68 Ha.

Kali Bogowonto
Kali Bogowonto (kayakingjogja.blogspot.co.id)

Kereta Api Gajah Wong

Kereta Api Gajah Wong melayani rute Pasar Senen - Lempuyangan, memiliki nomor kereta 163 dan 164. Merupakan kereta api kelas ekonomi (K3) AC.


Sungai Gajah Wong adalah salah satu sungai yang membelah kota Yogyakarta. Bagian hulu berada di lereng merapi Kabupaten Sleman, sedangkan bagian hilir berada di Kabupaten Bantul.

Kali Gajah Wong
Kali Gajah Wong (gajahwonggreen.blogspot.com)

Kereta Api Progo

Kereta Api Progo melayani rute Pasar Senen (Jakarta) - Lempuyangan (Yogyakarta), memiliki nomor kereta 185 dan 186. Merupakan kerta api kelas ekonomi (K3) AC. Kereta ini berhenti di Stasiun Pasar Senen, Stasiun Jatinegara, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Purwokerto, Stasiun Gombong, Stasiun Karanganyar, Stasiun Kebumen, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Wates, dan Stasiun Lempuyangan.

Kereta Api Progo (Haryo P/Dipo Mojosari)
Sungai Progo adalah sebuah sungai besar yang alirannya melintasi Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Hulu Sungai Progo terletak di lereng Gunung Sumbing dan bermuara di Samudera Hindia di sebelah Barat Pantai Kwaru di Bantul.

Kali Progo (dolanotomotif.com)

Kereta Api Bengawan

Kereta Api Bengawan melayani rute  Pasar Senen (Jakarta) - Purwosari (Solo). Memiliki nomor kereta 183 dan 184. Merupakan kereta api kelas ekonomi (K3) AC.

Kereta Api Bengawan
Kereta Api Bengawan (Muhammad Nasruddin/flickr)
Agak berbeda dengan nama kereta api yang lain yang mengambil nama sungai dengan jelas, Kereta Api Bengawan ini agak rancu. Nama Bengawan sebenarnya mengacu kepada Bengawan Solo atau Kali Solo atau Sungai Solo tetapi hanya diambil kata bengawannya saja. Bengawan sendiri merupakan kata dalam Bahasa Jawa yang artinya adalah sungai/kali. Bengawan Solo adalah sebuah sungai besar dan merupakan sungai terpanjang di Pulau Jawa yang alirannya melintasi Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Muara sungai yang sering menimbulkan banjir di beberapa wilayah yang dilaluinya itu terletak di Laut Jawa, tepatnya di wilayah Kabupaten Gresik. Sedangkan, hulu sungai terletak di Pegunungan Kidul di wilayah Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Ponorogo.

Bengawan Solo
Bengawan Solo (Indonesia-Tourism.com)

Kereta Api Brantas

Kereta Api Brantas melayani rute Pasar Senen (Jakarta) - Kediri (Jawa Timur). Memiliki nomor kereta 175 dan 176. Merupakan kereta api kelas ekonomi (K3) AC.

Kereta Api Brantas
Kereta Api Brantas (Faiz Andhika)

Sungai Brantas merupakan sebuah sungai besar di Jawa Timur dan merupakan sungai terpanjang kedua di Pulau Jawa setelah Bengawan Solo. Sungai Brantas bermata air di Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, yang berasal dari simpanan air Gunung Arjuno, lalu mengalir ke Malang, Blitar, Tulungagung, Kediri, Jombang, Mojokerto. Di Kabupaten Mojokerto sungai ini bercabang dua manjadi Kali Mas (ke arah Surabaya) dan Kali Porong (ke arah Porong, Kabupaten Sidoarjo).

Kali Brantas
Sungai Brantas (ubudubud/detiktravel)

Kereta Api Serayu

Kereta Api Serayu melayani rute Pasar Senen (Jakarta) - Purwokerto via Kiara Condong (Bandung). Ada dua Kereta Serayu yaitu Kereta Api Serayu Pagi dengan nomor kereta 221 dan 222 serta Kereta Api Serayu Malam dengan nomor kereta 225 dan 226. Merupakan kereta api kelas ekonomi (K3) AC.

Kereta Api Serayu
Kereta Api Serayu (Muhammad Adlil/flickr)
Sungai Serayu adalah sebuah sungai di Jawa Tengah yang memiliki hulu dari lereng Gunung Prahu di wilayah Dieng, Wonosobo. Mata airnya dikenal sebagai Tuk Bima Lukar (mata air Bima Lukar). Memiliki muara di Samudera Hindia di wilayah Kabupaten Cilacap. Sungai ini melintasi Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banyumas, dan Kabupaten Cilacap.
Kali Serayu
Kali Serayu (nunopratama/flickr)

Kereta Api Logawa 

Kereta Api Logawa melayani rute Jember (Jawa Timur) - Purwokerto (Jawa Tengah) via Gubeng (Surabaya, Jawa Timur). Memiliki nomor kereta 188 dan 189 untuk Purwokerto - Jember dan 187 dan 190 untuk Jember - Purwokerto. Merupakan kereta api kelas ekonomi (AC).

Kereta Api Logawa
Kereta Api Logawa (Wahyu Hidayat/flickr)
Sungai logawa bermata air di kaki Gunung Slamet yang terletak di sebelah Utara Desa Semaya. Sungai logawa meliputi area seluas 162 km2. terbentuk dari beberapa sungai kecil pada ketinggian 370 m dpl. Sungai logawa bermuara di Sungai Serayu di Desa Notog Kecamatan Patikraja. Di Desa Semaya Sungai Logawa bersatu dengan Sungai Tembong. Di Desa Jipang dengan Sungai Cangkok dan di Desa Karanglewas bersatu dengan Sungai Mengaji. Di Desa Sidabowa sungai ini bersatu dengan Sungai Banjaran. Dengan adanya sungai tersebut debit air dari Sungai Logawa meningkat.

Sungai Logawa
Sungai Logawa (maskusno.wordpress.com)
Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan