Apa Itu Chromebook?

Minggu lalu, bertepatan dengan ajang Google I/O 2016 internet disesaki dengan kabar bahwa Chromebook akan bisa memakai semua aplikasi android. Memang, pada Google I/O 2016 itu dipaparkan hasil pengembangan terbaru Chromebook yang akan mampu untuk diinstal semua aplikasi android. Tujuannya, tentu saja agar Chromebook semakin laris. Oke... tapi ngomong-ngomong, apa sih Chromebook itu?

Chromebook Adalah...

acer chromebook
Chromebook adalah sebuah laptop yang menjalankan sistem operasi Chrome OS. Laptop ini bergantung pada ketersediaan akses internet karena memang sejak awal dirancang untuk dipakai pada saat terkoneksi dengan internet dan hampir semua aplikasi dan datanya berada di awan (cloud). Google secara otomatis menyediakan ruang penyimpanan awan sebesar 100GB.

Chromebook yang pertama dijual diproduksi oleh Acer dan Samsung, yang mulai dikirim pada 15 Juni 2011. Sebagai pelengkap, pada Mei 2012 diperkenalkan versi dekstop yang disebut Chromebox dan pada Januari 2014 diperkenalkan versi All in One oleh LG Electronics.

Chromebook dijual secara langsung oleh Google atau melalui mitra pengecer. Pada 2012, sekolah-sekolah menjadi pembeli utama Chromebook. Pada Oktober 2012, Google memperluas strategi pemasarannya dan memasukkan pengguna pertama komputer dan rumah tangga yang mencari komputer kedua.

Bagaimana Chromebook Itu...

Tidak seperti laptop lainnya, start up Chromebook sangat cepat. Hanya dalam waktu kira-kira 7 detik setelah dihidupkan, Chromebook sudah siap dipakai. Ketika dihidupkan, kita akan melihat bahwa peramban Google Chrome adalah satu-satunya aplikasi bawaan Chromebook. Google Chrome itulah kunci dari Chromebook. Aplikasi yang lain adalah aplikasi berbasis web (email, foto, dokumen), atau aplikasi yang berjalan pada saat kita terhubung dengan internet. Ingat, Google secara otomatis menyediakan penyimpanan awan sebesar 100GB untuk Chromebook.

Manfaat paling jelas dari penyimpanan di awan adalah dapat diakses dari komputer manapun asalkan ada koneksi internet. Selain itu, apabila Chromebook kita rusak atau hilang, kita tidak perlu khawatir akan kehilangan aplikasi, dokumen dan pengaturan.

Aplikasi untuk Chromebook tersedia di Chrome Web Store. Sebelum diumumkan bahwa Chromebook dapat memakai aplikasi android, semua aplikasi Chromebook dapat diinstal dari Chrome Web Store.

Baterai yang tahan lama adalah kekuatan lain dari Chromebook selain harganya yang murah. Baterai Chromebook bisa tahan sampai 13 jam sehingga kita bisa membawanya keluar seharian tanpa takut kehabisan baterai pada saat menggunakannya.

Apa Chromebook Bisa Offline?

Chromebook memang dirancang secara utama untuk dipakai pada saat kita terhubung dengan internet melalui WiFi atau 3G. Namun, tidak mungkin kita akan daring selamanya. Ada kalanya juga kita akan luring. Nah, ada beberapa hal yang masih dapat dilakukan pada saat luring seperti:
  • Membaca dan menulis email menggunakan offline Gmail
  • Membuat catatan atau daftar menggunakan Google Keep
  • Membuat atau menyunting dokumen, slides atau spreadsheets menggunakan aplikasi Google Drive (Google Docs, Sheet dan Slide)
  • Melihat dan RSVP agenda menggunakan Google Calendar
  • Melihat dan menyunting foto dengan built-in photo editor
  • Mendengarkan musik atau melihat film dengan built-in media player
  • Membaca halaman web yang disimpan untuk dibaca luring

Bisa Main Game di Chromebook?

Main game bukan kerjaan di Chromebook. Karena kapasitas penyimpanan dan spesifikasi yang rendah di Chromebook, permainan luring biasanya terbatas pada permainan 2D seperti Angry Birds.


Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan