Fitur Baru di Android N Apa Saja?

Android M belum juga setahun umurnya tetapi Google sudah akan meluncurkan Android N tahun ini juga. Kira-kira peluncuran Android N akan dilakukan pada September atau Oktober 2016 yang akan datang. Entah kenapa Google ngebut untuk meluncurkan versi android baru. Kang Kombor saja belum lama memakai Android M karena nunggu Cyanogen OS 12 dirilis ke OnePlus One. Kayaknya, kalau nanti mau merasakan Android N harus pake perangkat genggam yang lain. Lalu emangnya apa sih fitur baru di Android N itu kok mau diluncurkan tahun ini? Di bawah ini beberapa fitur baru Android N yang Kang Kombor kutip dari AndroidHeadlines.

Emoji Baru
emoji anroid n
Emoji Android N / AndroidHeadlines
Google mengumumkan bahwa Android N akan mendukung unicode 9 yang berarti pengguna akan mendapatkan beberapa emoji baru. Selain itu, Android N juga memiliki 13 emoji baru yang merepresentasikan wanita profesional.

Kinerja Lebih Baik
Yang baru di Android - Google I/O 2016
Yang baru di Android - Google I/O 2016 / AndroidHeadlines
Dalam beberapa update terakhir, Google fokus pada perbaikan kinerja. Android cukup lama dikenal sebagai OS yang "janky" dan lambat. Dengan Android N, pengguna akan mendapatkan JIT (Just In Time) compiler yang akan meningkatkan kinerja baterai hingga 50%. Selain itu, memasang aplikasi akan 75% lebih cepat dan ukuran aplikasi juga akan semakin kecil.

Pengaturan
Pengaturan Android N
Pengaturan Android N / AndroidHeadlines
Banyak yang meganggap tidak ada perubahan besar atau fitur baru tetapi Pengaturan telah mendapat overhaul. Di atas Pengaturan Aplikasi, pengguna akan melihat Anjuran (Suggestions). Anjuran itu akan selalu berubah setiap saat untuk membantu pengguna mendapatkan hal-hal yang paling baru dengan perangkatnya. Pada Pengaturan juga akan ada menu slide-out di sebelah kiri yang memberikan akses cepat ke semua hal. Pengaturan juga akan menampilkan informasi dari setiap kategori yang ditampilkan pada halaman utama. Contohya, di bawah WiFi akan diperlihatkan ke jaringan mana pengguna terhubung. Penggunaan data akan memperlihatkan berapa banyak data yang dipergunakan, dll.

Daydream
Daydream Google I/O 2016
Daydream, Google I/O 2016 / AndroidHeadlines
Seperti diumumkan pada ajang Google I/O 2016, Android N adalah platform yang siap untuk virtual reality. Saat ini, fitur itu belum akan bekerja pada semua perangkat Android yang menjalankan Android N karena Google memberikan petunjuk khusus untuk menjalankan daydream. Akan tetapi, Google Nexus 6P sudah mendukung. Ke depan, beberapa ponsel pintar dari Samsung, HTC, LG, Xiaomi, Huawei, ZTE, ASUS dan Alcatel juga akan segera mendukung. Agak keluar dari Android, Google juga akan menyiapkan YouTube, Street View dan Photos siap untuk VR. Google juga memiliki beberapa partner yang juga akan bekerja untuk menyiapkan aplikasi mereka VR-ready, yaitu Ubisoft, Electronic Arts dan Netflix.

Bukan suatu kejutan bahwa VR merupakan bagian besar dari Android N tetapi senang untuk melihat perangkat flagship Google sudah siap untuk daydream.

Multi-Locale
Bahasa di Android N
Bahasa di Android N / AndroidHeadlines
Google membuat penggunaan banyak bahasa di Android menjadi mudah. Dengan "Multi-locale", sistem operasi akan berpindah bahasa apabila diperlukan. Hal ini tidak akan berpengaruh pada semua orang tetapi merupakan perubahan besar pada mereka yang berbicara dan mengetik dalam banyak bahasa.

Tema Google Keyboard
Google Keyboard
Google Keyboard / AndroidHeadlines
Sebenarnya ini tidak unik di Android N. Akan tetapi, Google Keyboard versi 5.1 kini punya tema. Ada 12 tema yang tersedia untuk Google Keyaboard. Selain pemberian tema, tidak ada update lain untuk Google Keyboard.

Notifikasi
Pengaturan Android N
Android N / AndroidHeadlines
Notifikasi mendapatkan overhaul dan jadi lebih baik. Pada Lollypop dan Marshmallow, lebar papan notifikasi tidak memenuhi lebar layar. Kini di Android N, hal itu dipenuhi. Google juga memberikan keuntungan lebih baik dalam memanfaatkan ketersediaan ruang layar Android N. Ketimbang memberikan aksi untuk memperbesar notifikasi di tengah sebagai tombol yang besar, tombol itu akan ada di sebelah kiri dan ukurannya lebih kecil tetapi tetap tidak terlalu kecil untuk bisa disentuh.

Quick Reply

Google juga memberikan fitur balasan cepat (quick reply) pada Andrid N. Sesuatu yang telah dimiliki oleh iOS selama bertahun-tahun dan juga telah dimiliki oleh banyak aplikasi Android. Aplikasi seperti Hangouts memberikan kemampuan bagi pengguna untuk langsung memberikan balasan pada papan notifikasi tanpa harus membuka aplikasinya. Tersedia juga API lain yang mengijinkan pengguna untuk melepas bundel notifikasi dari aplikasi tertentu. Misalnya, pengguna memiliki 7 email dari Gmail. Daripada membuka aplikasi untuk menghapus email itu, pengguna bisa menghapusnya satu per satu melalui papan notifikasi. Papan notifikasi menjadi lebih robust.

Update Lebih Mulus
Android N Developer Preview
Android N Developer Preview / AndroidHeadlines
Fitur yang merupakan hal yang bagus tetapi banyak di antara pengguna tidak melihat aksinya. Selama ini, update Android telah menjadi isu sejak kelahiran Android itu sendiri. Google kini merencanakan untuk melakukan seamless update pada Android N. Itu berarti perangkat pengguna akan selalu uptodate dengan versi Android terbaru.

Multi-tasking
Multi-tasking Android N
Multi-tasking Android N /AndroidHeadlines
Ada sedikit perubahan dalam hal multi-tasking. Perubahan yang besar terdapat pada bagian Recent UI. Ada perubahan di sana. Pengguna akan lebih bagus dalam melihat aplikasi yang sedang berjalan. Sebagai tambahan, hanya akan ada 7 aplikasi yang ditampilkan. Selain itu, Google juga menyediakan tombol Clear All di bagian atas sehingga pengguna bisa dengan cepat membersihkannya.

Multijendela
Multijendela Android N
Multijendela Android N / AndroidHeadlines
Akhirnya hal itu tiba juga di Android. Sebuah fitur yang telah diminta oleh pengguna selama bertahun-tahun. Hanya dengan menekan lama recent key, pengguna akan mendapatkan muntijendela. Google mengingatkan bahwa tidak semua aplikasi bisa bekerja dalam jendela yang terbagi atau dalam mode multijendela. Dengan multijendela, pengguna dapat mengatur ukuran jendela dengan cara menggeser pemisah naik dan turun. Atau, apabila sedan dalam mode lanskap, menggeser ke kiri atau ke kanan. Fitur multijendela ini lebih berguna pada perangkat yang memiliki layar lebar seperti Pixel C dan Nexus 6P.

---(#*#)---

Nah, itulah kira-kira fitur baru yang terdapat pada Android N. Apabila Android N diluncurkan pada September atau Oktober 2016 nanti apa Kawan-Kawan akan langsung ganti gadget?
Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan