Mengapa Saya Tidak Pasang Aplikasi Facebook di Android maupun Windows 10

Kang Kombor tidak pasang aplikasi facebook ataupun Messenger di hp android. Mengapa tidak pasang aplikasi facebook dan messenger di hp android? Kang Kombor melihat facebook ini ingin waktu kita dihabiskan dengannya. Buka facebook versi desktop dibikin untuk tidak meninggalkan facebook ketika mengakses tautan dari luar facebook. Itu adalah upaya untuk membuat pengguna facebook ketagihan dengan facebook. Kang Kombor tidak mau ketagihan makanya Kang Kombor tidak pasang aplikasi facebook di hp android. Di tablet Windows 10 juga tidak pasang. Di Lumia 535 yang pakai Windows 10 Mobile juga tidak pasang. Belakangan, ada berita di Kompas.com bahwa aplikasi facebook paling boros dalam konsumsi baterai. Syukurlah Kang Kombor gak pasang aplikasi facebook.

Untuk media sosial yang sering Kang Kombor pakai adalah twitter. Ada juga path dan instagram. Beda dengan facebook, twitter itu Kang Kombor nilai tidak bikin kecanduan. Kang Kombor seperlunya saja buka twitter. Kalau lagi gak mau buka juga gak buka. Selain itu, facebook juga terlalu personal. Malas banget. Walaupun profil bisa dibatasi siapa yang bisa melihat tapi tetap saja bikin malas. Hubungan keluarga segala sampai dibikin oleh facebook. Itu bahaya buat yang profilnya bisa dilihat umum. Kalau Kawan-Kawan membuka semuanya, profil Kawan-Kawan bisa dipelajari oleh orang asing. Ingat kata Bang Napi, kan?

Untuk aplikasi perpesanan instan ada WhatsApp, Telegram dan BBM. Messenger tidak pakai. Line belum pakai. Masih dalam pertimbangan karena pengguna Line sekarang sudah 500jt orang. Sudah separonya pengguna WA.

Ngomong-ngomong, masing-masing orang punya pilihan. Terhadap facebook dan Messenger, itulah pilihan Kang Kombor: tidak pasang di gadget.
Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan