Windows 10 Mobile Mati? Coba Pikir Lagi...

Minggu ini banyak kabar mengenai Windows 10 Mobile mati, Microsoft menyerah dengan Windows 10 Mobile dan merumahkan lebih dari 1800 pegawai Divisi Mobile dan akan konsentrasi ke keahlian utamanya membikin piranti lunak. Kayaknya kalau menganggap Windows 10 Mobile mati dan dibunuh oleh Microsoft, kita perlu berpikir ulang. Pasalnya, Microsoft Lumia 535 Kang Kombor yang ikut Windows Insider Program pada 31 Mei 2016 mendapat update baru Build 10.0.14343.1004.

Logikanya, kalau memang Windows 10 Mobile dibunuh oleh Microsoft, tidak akan ada update baru pada Windows 10 Mobile. Faktanya, update itu masih ada.

windows 10 mobile update 31 mei 2016

Kemungkinan yang benar, Microsoft tidak akan membuat piranti keras sendiri. Sebelumnya Microsoft membeli Nokia untuk mendukung Windows Phone atau Windows Mobile. Karena hasilnya kurang memuaskan, nampaknya Nokia dijual lagi. Alih-alih memelihara Divisi Piranti Keras sendiri, Microsoft akan bekerja sama dengan mitra pembuat piranti keras seperti HP. Kabarnya pula, nanti akan ada Surface Phone yang memakai piranti keras dari HP. Kita tunggu saja kebenarannya pada tanggal mainnya.

Menurut Kang Kombor, Windows 10 Mobile bukan sistem operasi medioker seperti banyak dibilang orang. Memang pada saat awal bergabung dengan Windows Insider Program dan menerima Windows 10 Mobile versi build awal, masih sangat banyak kutu (bug) di sana. Namanya juga sistem operasi yang masih alfa, belum lagi beta. Kini, ketika Windows 10 Mobile sudah dewasa, sistem operasinya bagus. Windows 10 Mobile nyatanya bisa jalan mulus di Microsoft Lumia 535 yang hanya pakai RAM 1GB dan ROM 8GB. Yang tentunya membuat kepincut adalah Live Tile di tampilan home Windows 10 Mobile.

Tampilan Live Tile pada Windows 10 Mobile
Tampilan Live Tile pada Windows 10 Mobile
Lumia Camera juga bisa menghasilkan foto yang melebihi kemampuan kameranya sendiri. Jadi, piranti lunak kamera di Windows 10 Mobile yang membuat kamera Lumia 535 yang biasa-biasa saja bisa menghasilkan gambar yang melebihi kemampuan kameranya sendiri. Ini bukan Kang Kombor yang bilang tapi hasil baca-baca di WindowsCentral.

Kekurangan Windows 10 Mobile adalah ekosistem yang belum terbangun. Berbeda dengan iOS dan Android yang sudah memiliki ekosistem yang terbangun sehingga memiliki dukungan aplikasi yang sangat banyak, Windows 10 Mobile masih sangat miskin dukungan aplikasi. Apa cara bikin aplikasi iOS dan Android lebih mudah daripada Windows Mobile? Entahlah. Yang jelas, menurut Kang Kombor, kemungkinan besar Microsoft tidak akan membunuh Windows 10 Mobile.
Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan