Fitur Kunci Android 7.0 Nougat dan Cara Download Android 7.0 Nougat

Google sudah mulai menggelindingkan versi terbaru dari sistem operasi mobilnya, yaitu Android 7.0 Nougat. Raksasa teknologi itu memiliki tradisi panjang untuk memberi nama yang manis pada rilis android versi sebelumnya seperti Marshmallow, Kitkat dan Ice Cream Sandwich. Kali ini, Google membuka putusan pemberian nama Android 7.0 kepada para penggemarnya.

Android 7.0 Nougat

Walaupun Google telah mengeluarkan pratinjau pengembang Android N pada bulan Maret lalu, kini versi final dari Android N sudah bisa diunduh. Berikut ini adalah fitur-fitur kunci Android 7.0 Nougat dan cara download Android Nougat yang perlu diketahui.


Fitur Kunci Android 7.0 Nougat

Emoji Lebih Banyak

Merasa belum cukup dengan semua wajah-wajah kuning yang kecil itu? Kawan-kawan sangat beruntung karena Nougat mendukung lebih dari 1500 emoji, termasuk 72 emoji yang baru gres. Di antara simbol yang baru adalah alpukat, wanita hamil dan burung hantu.

Untuk pertama kalinya pengguna Android akan bisa memodifikasi warna kulit pada emoji tertentu, di mana pemilik iPhone sudah bisa melakukan hal itu sejak setahun yang lalu.

Kita dapat melakukannya dengan menekan dan menahan emoji yang dipilih, yang akan memicu menu baru yang menyediakan beberapa variasi pilihan warna kulit.

Masa Pakai Baterai yang Lebih Baik

Durasi pakai baterai menjadi pertimbangan kunci pada saat memilih ponsel baru dan Google berkomitmen untuk mengembangkan piranti lunak yang bekerja lebih efisien dan menghemat tenaga.

Rilis Android 6.0 Marshmallow tahun lalu memperkenalkan Doze, sebuah fitur pintar yang menurunkan penggunaan tenaga saat tinggal sedikit. Fitur lain yang tersembunyi juga membantu memperpanjang masa pakai baterai sampai dengan 30% lebih lama.

Tahun ini, Doze diperbarui untuk bisa masuk ke mode tenaga rendah meskipun sedang berada di dalam saku atau kita sedang bergerak bersama ponsel kita.

Produktivitas Yang Ditingkatkan

Google telah meningkatkan fitur produktivitasnya, yang dirancang untuk membantu pengguna Nougat membuka banyak aplikasi secara bersamaan dengan mudah.

Hal pertama dari fitur produktivitas ini adalah Quick Switch, yang memungkinkan pengguna untuk berpindah antara dua aplikasi yang paling akhir dibuka dengan cara menyentuh (tapping) tombol Overview di bagian kanan.

Untuk pertama kali, pengguna juga bisa membalas secara langsung dari dalam notifikasi sehingga tidak perlu lagi membuka aplikasinya. Notifikasi juga dibundel jadi satu, artinya semua pesan terakhir, email dan alert yang lain dari apikasi lain akan disimpan dalam sebuah tempat.

Fitur multi jendela telah dirancang untuk memungkinkan dua aplikasi untuk muncul di layar secara bersamaan sehingga pengguna bisa melanjutkan nonton video YoTube sambil membalas email. Ukuran jendela aplikasi itu bisa diatur dengan cara menggeret pemisah naik atau turun.

Custom Quick Settings

Nougat dibekali kemampuan untuk mengatur ulang ubin aplikasi di Quick Settings, yang memudahkan pengguna untuk secara cepat dan mudah mengakses fungsi penting yang paling banyak dipergunakan seperti Bluetooth, Wi-Fi, masa pakai baterai dan lokasi data.

Keamanan Ekstra

Fitur keamanan yang baru difokuskan pada pembaruan perangkat tanpa menginterupsi pengguna dan menjaga perangkat tetap aman.

Fungsi baru yang dinamakan Seamless Update memungkinkan model Android tertentu untuk mengunduh pembaruan software di latar belakang, membuat pengguna untuk melanjutkan penggunaan ponsel tanpa harus menunggu pembaruan itu melakukan sinkronisasi dengan semua aplikasi.

Menurut Google, pemilik Nexus juga akan mendapat manfaat berupa kecepatan unduh yang lebih laju.

Apabila pengguna perlu untuk melakukan restart ponselnya, Direct Boot akan membantu ponsel untuk bangun dan bekerja lagi secara lebih cepat. Aplikasi juga akan mulai bekerja secara aman sebelum pengguna membuka kunci layar, sehingga menghilangkan semua potensi vulnerabilitas.

Berkas-berkas (files) juga dienkripsi sendiri-sendiri, yang menghasilkan deteksi dan isolasi setiap berkas di dalam ponsel yang berbahaya secara lebih baik.

Daydreaming pada VR

Perangkat yang menggunakan Nougat akan mampu mendukung VulkanTM dan Daydream pada rilis yang akan dikeluarkan musim gugur nanti.

Apakah Android 7.0 Nougat Bisa Diunduh?

Seperti biasanya, Google merilis pembaruan softwarenya dalam urutan. Artinya, perangkat lebih baru akan mendapat Nougat lebih dulu dan perangkat lebih lama akan perlu menunggu dulu.

Saat ini perangkat Nexus 6, Nexus 5X, Nexus 6P, Nexus 9, Nexus Player, Pixel C dan General Mobile 4G (Android One) sudah bisa mendapatkan pembaruan Nougat secara OTA. Perangkat lebih tua akan bisa melakukan pembaruan beberapa bulan ke depan.

Perangkat LG yang akan keluar, LG V20, akan menjadi yang pertama yang mendapatkan Nougat, dan kemungkinannya akan diikuti dengan generasi selanjutnya dari ponsel Google pada musim gugur yang akan datang.

Cara Download Android 7.0 Nougat

Untuk download Android 7.0 Nougat, berikut ini yang perlu dilakukan:

  1. Pastikan hp sudah dibackup
  2. Pastikan hp sedang dicas
  3. Buka “Settings”
  4. Gulung ke bawah dan pilih “About Phone”, yang akan memeriksa apabila ada download yang tersedia
  5. Pilih berkas dan download akan segera dimulai
Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan