4 Langkah Membeli Furnitur untuk Rumah Baru

Ketika membeli rumah, terkadang seseorang bergantung pada kondisi ekonomi yang ada. Hal ini wajar, mengingat harga rumah belakangan terus meroket. Bahkan, sebuah rumah dijual di Jakarta Selatan sendiri bisa dijual dengan harga miliaran rupiah. Hal yang sama juga terjadi di kota-kota besar lainnya.

Hal ini tentunya sangatlah menguras biaya. Malah terkadang, banyak yang sudah mampu membeli rumah, namun akhirnya harus kesulitan untuk membeli perabotan atau furnitur di rumah. Maka dari itu, ketika ada biayanya, membeli furnitur harus diperhitungkan betul agar sesuai dengan konsep rumah, fungsi, dan juga kondisi keuangan.

Berikut adalah 4 tips yang dapat dilakukan sebelum membeli furnitur:

Cobalah untuk Mendudukinya

Ketika membeli furnitur seperti kursi, bangku, atau sofa, Anda harus mencoba untuk mendudukinya terlebih dahulu. Hal ini sangat penting karena dengan mendudukinya, Anda akan mengetahui apa yang kurang dari furnitur tersebut.

Tidak hanya sekadar duduk, Anda juga perlu mempertimbangkan apakah Anda nyaman duduk di kursi tersebut, apakah kursi tersebut bisa membuat kaki Anda nyaman, jika memiliki sandaran tangan apakah sandaran tangannya terlalu tinggi, dan sebagainya.

Tampak sederhana, namun hal ini sangat penting mengingat furnitur tersebut bisa Anda gunakan selama bertahun-tahun. Maka pastikan seluruhnya sempurna.

Perhatikan Detail Furnitur

Jika Anda membeli furnitur di toko, pastikan seluruh detail dari furnitur dipasang dengan baik. Perhatikan bagian sendi-sendi, bahan, jahitan,, dan segala aspeknya. Tidak ada salahnya untuk mengecek hingga ke bagian bawah furnitur.

Rasakan Berat Furnitur

Untuk beberapa kasus, furnitur yang baik adalah furnitur yang memiliki berat cukup. Semakin berat, biasanya furnitur akan semakin kokoh. Jika setelah Anda angkat namun furnitur tersebut ternyata tidak seberat yang Anda perkirakan, bisa jadi rangka furnitur tersebut tidak kokoh.

Beberapa furnitur memang didesain ringan agar mudah dipindahkan atau dipasang. Hal tersebut wajar. Namun, Anda tetap harus memastikan bahwa furnitur tersebut berkualitas baik.

Ukur dengan Tepat

Ukur ruangan dan furnitur yang Anda beli. Pastikan bahwa furnitur yang dibeli dapat masuk ke ruangan dan sesuai dengan harapan juga tidak terlalu memakan ruangan. Tidak hanya ruangan, ukur juga pintu ruangan. Jangan sampai setelah membeli, furnitur malah tidak dapat masuk ke dalam ruangan karena pintunya kurang lebar.

Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan