Buntut Meledaknya Galaxy Note 7 Kemenhub Larang Smartphone Itu dalam Penerbangan

Samsung Galaxy Note 7 Meledak

Tragedi Samsung Galaxy Note 7 belum selesai. Memang belum ada lagi kabar mengenai Samsung Galaxy Note 7 yang meledak. Akan tetapi, larangan untuk mengaktifkan smartphone penerus Samsung Galaxy Note 5 yang tadinya banyak diumumkan oleh maskapai penerbangan akhirnya direspon oleh Kementerian Perhubungan RI yang mengeluarkan Surat Edaran No.18 Tahun 2016 yang berisi larangan untuk mengaktifkan Samsung Galaxy Note 7 dan menyimpan baterai lithium, power bank dan smartphone Samsung Galaxy Note 7 dalam bagasi tercatat.

Surat edaran bernomor SE. 18 tahun 2016 itu ditandangani oleh Dirjen Perhubungan Udara, Suprasetyo. Surat itu ditandatangani pada 13 September 2016.


Isi Surat Edaran Dirjen Perhubungan Udara No.SE.18 Tahun 2016:

a. Badan Usaha Angkutan Udara dan Perusahaan Angkatan Udara Asing diinstruksikan untuk:

1) meminta dengan sangat kepada penumpang dan personel pesawat udara untuk menonaktifkan (termasuk tidak menggunakan flight mode) dan tidak mengisi ulang (recharge) baterai smartphone Samsung Galaxy Note 7, baik dengan menggunakan powerbank atau sumber tenaga lain yang ada dalam pesawat udara (in flight entertainment device) selama dalam penerbangan.

2) meminta dengan sangat kepada penumpang dan personel pesawat udara untuk tidak menempatkan baterai lithium, powerbank dan smartphone Samsung Galaxy Note 7 dalam bagasi tercatat (checked baggage).

3) mengingatkan penumpang untuk segera menginformasikan kepada personel kabin apabila baterai lithium, power bank, dan smartphone Samsung Galaxy Note 7 mengalami kerusakan, panas, mengeluarkan asap, atau hilang dalam pesawat udara.

4) menginformasikan ketentuan sebagaimana dimaksud pada butir 1), butir 2) dan butir 3) kepada seluruh penumpang.

b. Unit Penyelenggara Bandar Udara, Badan Usaha Bandar Udara dan Penyelenggara Bandar Udara Khusus diinstruksikan untuk:

1) memastikan penumpang dan personel pesawat udara tidak menempatkan beterai lithium, powerbank dan smartphone Samsung Galaxy Note 7 dalam bagasi tercatat (checked baggage)

2) mengeluarkan baterai lithium, powerbank dan smartphone Samsung Galaxy Note 7 yang ditemukan saat pemeriksaan keamanan bagasi tercatat (checked baggage) serta segera berkoordinasi dengan pemilik barang dan/ atau Badan Usaha Angkutan Udara dan Perusahaan Angkutan Udara Asing terkait untuk penanganan lanjutan sesuai ketentuan yang berlaku.

c. Kantor Otoritas Bandar Udara diinstruksikan untuk melaksanakan pengawasan atas pelaksanaan Surat Edaran ini.

Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

1 komentar:

Click here for komentar

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan