Rumah Pintar Bisa Berbahaya untuk Privasi

Mungkin bagi sebagian orang, membeli rumah dijual di Surabaya dengan harga yang mewah menjadi halangan. Begitu pula dengan membeli rumah di kawasan lain di kota-kota besar. Karena, tidak banyak orang yang mampu untuk membeli rumah mewah di Indonesia.

Namun, tidak sedikit pula mereka yang ingin untuk membeli rumah mewah. Ada mereka yang ingin untuk mendapatkan kenyamanan dan juga kemewahan yang baik sehingga ingin untuk membeli rumah mewah.

Kini, rumah mewah hadir dalam bentuk yang lebih variatif. Tidak hanya memiliki fasilitas dan perabot serta bangunan yang mewah dan terbuat dari barang yang mahal, definisi rumah mewah pun kini termasuk juga rumah pintar.

Rumah pintar sendiri merupakan rumah yang seluruh perangkat digitalnya tersambung dengan internet. Mulai dari Smart TV atau TV pintar, sistem keamanan rumah, hingga komputer seluruhnya tersambung ke Internet. Hal ini tentunya dapat membuat penghuni tinggal dengan nyaman. Seluruh sistem yang ada di dalam rumah terintegrasi satu sama lain sehingga memudahkan seluruh aktivitas di dalam rumah.

Namun, hal ini disebut juga bisa berdampak buruk. Beberapa waktu yang lalu, direktur intelijen Amerika Serikat menyebut bahwa kurangnya keamanan dalam sistem rumah pintar dapat disalahgunakan oleh para “hacker” atau penyadap.

Di waktu yang akan datang, bukan tidak mungkin para penjahat siber akan menggunakan dan memanfaatkan fasilitas tersebut untuk melakukan pengawasan, pemantauan, mencari lokasi, dengan cara masuk ke dalam jaringan rumah pintar.

Banyak dari perangkat seperti TV, Radio, Pengeras Suara, Video Game, Komputer, dan juga handphone yang terintegrasi dapat digunakan untuk mendengar seluruh percakapan di dalam rumah. Hal ini karena nantinya seluruh data yang dikirimkan kepada perangkat tersebut akan dikirim ke dalam server dan bisa saja server tersebut dibajak.

Hal ini memungkinkan para hacker untuk mempelajari kehidupan di dalam rumah yang tentunya melanggar privasi seseorang. Jika tidak ada pengamanan dan pencegahan yang dilakukan, tentunya hal ini akan menjadi ancaman.

Padahal, Internet terbukti efektif untuk dapat mempermudah aktivitas sehari-hari. Namun, tetap saja harus dilakukan pencegahan dan perbaikan dalam sistem keamanan yang ada di rumah; khususnya rumah pintar.

Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan