MP3 Telah Mati

RIP MP3

Istirahatlah dengan tenang MP3 – berkas digital suara yang pernah mengubah dunia itu telah dideklarasikan mati.

Para pengembang telah membunuh MP3

Para pengembang MP3, format musik digital yang paling digemari, telah mengeluarkan pernyataan kematian itu.

Techradar memberitakan bahwa Institut Fraunhofer, sebuah perusahaan Jerman yang menjadi pendukung utama dibelakang pengembangan MP3, telah mengeuarkan pernyataan bahwa lisensi untuk paten dan piranti lunak terkait MP3 telah dihentikan.

MP3 telah ada sejak era 1980-an dan pernah menjadi daya dorong utama dibalik revolusi cara orang mendengarkan musik. Jangan khawatir, Kamu masih bisa mendengarkan musik sambil bergerak. Hanya saja, format mp3 tidak akan dihidupi lagi.


Belum Pernah Punya Pemutar MP3

Selama lebih kurang 37 tahun umur MP3, Kang Kombor belum pernah punya gawai khusus pemutar MP3 (mp3 player). Bahkan, mengoleksi musik dalam format mp3 pun tidak. Kebetulan Kang Kombor ini bukan termasuk kelompok orang yang senang mendengarkan musik, apalagi mendengarkan musik sambil memakai headphone atau earphone. Kang Kombor lebih memilih menjadi bagian dari lingkungan, yang senang mendengarkan bunyi-bunyian dari alam atau dari lingkungan sekitar.

Akan tetapi, bukan berarti Kang Kombor anti pada yang senang mendengarkan musik sendirian sehingga dia seperti asyik dengan dunianya sendiri. Sama sekali tidak. Karena, kegemaran Kang Kombor mendengarkan suara alam atau lingkungan itu juga bagian dari keasyikan dengan dunia Kang Kombor sendiri.

Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan