Problem Solved – Masalah Kamera Lineage OS 14.1 pada OnePlusOne Bacon

OnePlus One camera problem after installing Lineage OS 14.1 solved by reflashing the Lineage OS 14.1 ROM and choosing GAPPS 7.1 nano. No need to install other camera apps.

lineage os 14.1 oneplus one camera problem solved

Kang Kombor memakai ponsel pintar OnePlus One sebagai alternatif karena Samsung Galaxy S5 waktu itu masih kemahalan bagi Kang Kombor. Alhamdulillah kinerja OPO itu selama Kang Kombor pakai sangat memuaskan. Akan tetapi, OPO yang memakai custom ROM CyanogenMod 13 itu akhir-akhir ini sering hang sehingga Kang Kombor terpaksa harus melakukan flashing. Karena harus di-flashed itu akhirnya Kang Kombor pilih flash ke custom ROM Lineage OS 14.1 yang merupakan kelanjutan dari CyanogenMod OS yang sudah almarhum.

Tadinya Kang Kombor tidak berani melakukan flashing karena takut gatot. Keterpaksaan lah yang membuat Kang Kombor berani melakukan itu. Karena flashing OnePlus One berhasil, Kang Kombor jadi tuman dan melakukan flashing juga pada Evercoss Winner Y2 Power R50b yang banyak banget aplikasi bawaan yang tidak Kang Kombor butuhkan.


Problem Kamera pada Lineage OS 14.1 Bacon

Lineage OS 14.1 pada Bacon (nama sandi OnePlus One) ternyata memberikan masalah pada aplikasi kamera bawaannya yang berbasis pada kamera CyanogenMod. Kasus pada Kang Kombor, pada awal sekali kamera berhasil diluncurkan tetapi kemudian aplikasi terhenti dan selalu tidak bisa diluncurkan setelah berganti dari mode kamera ke video. Bolak-balik trit di forum XDA Developers Kang Kombor ubek-ubek tetapi tidak nemu penyelesaian tanpa memasang aplikasi kamera lain.

Kang Kombor penasaran dan tetap berusaha mencari. Akhirnya, Kang Kombor menemukan penyelesaian di Reddit dari salah seorang pengguna OPO yang memiliki masalah yang sama. Penyelesaiannya adalah dengan melakukan wipe dan instalasi ulang Lineage OS 14.1 dengan GAPPS 7.1 yang nano. Memang sebelumnya Kang Kombor pakai GAPPS (Google Apps) yang micro.

Berdasarkan informasi di Reddit yang sepertinya aksesnya diblokir di Indonesia atau setidaknya oleh ISP yang dipakai perusahaan Kang Kombor karena Kang Kombor tidak bisa mengakses Reddit secara langsung dan terpaksa harus via unbloclaccess.com itu, Kang Kombor flash ulang OPO Kang Kombor dengan Lineage OS 14.1 dan GAPPS ARM 7.1 nano.

Alhamdulillah.

Masalah Kamera Lineage 14.1 OnePlus One Selesai

Masalah pada kamera OnePlus One yang diinstal custom ROM Lineage OS 14.1 akhirnya selesai hanya dengan melakukan flashing ulang dan menginstal GAPPS nano. Setidaknya, itu berlaku untuk penginfo di Reddit dan Kang Kombor.

Apabila ada di antara Kawan-Kawan yang memakai OnePlus One dan memiliki masalah yang sama, silakan dicoba alternatif penyelesaian di atas.

Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan