Pangsa Pasar Windows Phone Tinggal 0,1% Kuartal 1 2017 Ini

IDC telah mengeluarkan data pangsa pasar telepon genggam untuk kuartal 1 2017. Dari data IDC itu, pangsa pasar telepon pintar berbasis Windows -- yang oleh IDC masih disebut Windows Phone – turun menjadi 0,1% dari kuartal sebelumnya (K4 2016) yang 0,2%. Pangsa pasar 0,1% ini sama dengan pangsa pasar untuk kategori lain-lain.

Menyusul Windows Phone, pangsa pasar iOS juga turun. Apabila pada kuartal 4 2016 pangsa pasar iOS sebesar 18,2% maka pada kuartal 1 2017 ini turun menjadi 14,7%.

Berbeda dengan Windows Phone dan iOS yang turun pangsa pasarnya, telepon pintar berbasis Android justur tumbuh pangsa pasarnya. Pada kuartal 1 2017 ini Android mencatatkan pangsa pasar sebesar 85%, naik sebesar 3,6% dari kuartal 4 2016 yang sebesar 81,4%.


pangsa pasar smartphone k1 2017

Tabel Pangsa Pasar Smartphone K1 2017 (Sumber: GSM Arena)

Berbeda dengan Windows Phone yang pangsa pasarnya terus menurun, pangsa pasar iOS cenderung fluktuatif. Melihat siklusnya, kemungkinan pangsa pasar iOS akan menguat lagi pada K4 2017. Sementara untuk Windows Phone, tidak ada yang yakin pangsa pasarnya akan dapat kembali naik. Pasalnya, Surface Phone yang sempat dirumorkan ternyata tidak kejadian hadir di pasaran. Tanpa produk dan inovasi baru, bisa jadi Windows Phone yang sekarang telah kembali menjadi Windows Mobile akan tinggal kenangan.

Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan