Google Chrome Akan Memblok Video Swaputar Mulai Januari 2018

Pembaruan besar yang akan hadir pada peramban Google Chrome yaitu Google Chrome akan memblok video swaputar* di internet.

logo google chrome

Video swaputar memang menjengkelkan. Selain menguras bandwidth kita, kadang video swaputar juga bikin tidak nyaman. Taruhlah bagi yang senang berselancar di internet dengan laptop dengan headphone selalu tercolok ke perangkat dan tiba-tiba saja muncul suara sangat keras yang memekakkan telinga gara-gara ada video swaputar di suatu halaman web. Tentu saja hal itu membuat kuping kita jadi sakit.


Google sudah memberi peringatan: pada pembaruan peramban web Chrome yang akan datang, ia akan memblok semua video swaputar yang memiliki suara. Sebuah kiriman di blog resmi Google menyebutkan bahwa Chrome 64 hanya akan meloloskan video swaputar apabila video itu tidak memainkan suara atau pengguna sudah mengindikasikan ketertarikannya pada media. Chrome 64 akan mengijinkan swaputar untuk berjalan apabila pengguna menginginkan media untuk dimainkan dan menghormati pilihan pengguna apabila mereka tidak ingin.

Tidak semua pengguna memiliki kecenderungan sama terhadap media swaputar sehingga Chrome 63 akan menambahkan pilihan baru buat pengguna untuk men-disable secara total audio pada situs web secara individual. Pilihan pembisuan situs akan terjadi antara sesi peselancaran internet, yang memberi pengguna untuk mengkastemisasi kapan dan di mana audio akan diputar.

Perubahan itu akan memberikan kendali lebih besar kepada pengguna atas pemutaran media di peramban yang dipakai dan akan membuat penayang untuk mengimplementasikan swaputar apabila itu memberikan manfaat kepada pengguna. Untuk lebih detilnya, silakan lihat di peta jalan swaputar.

Catatan:

*swaputar adalah autoplay. kang kombor menggunakan itu karena kalau swatayang kok kurang pas

Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan