Senin, Februari 12, 2018

Chrome Akan Mulai Menandai Semua Situs HTTP Sebagai Tidak Aman

Google Chrome akan mulai menandai semua situs http sebagai situs tidak aman.


Google Chrome mulai menandai situs http sebagai tidak aman sejak Oktober 2017. Pada mulanya, situs http yang ditandai adalah situs http yang memiliki form password untuk login dan yang mengumpulkan informasi kartu kredit yang kemudian diketatkan untuk semua situs http yang menyediakan input data untuk pengunjungnya, seperti situs yang memiliki formulir pencarian. Kini, Google akan mulai menandai semua situs http yang tidak menggunakan https sebagai situs tidak aman.


Google, melalui Chrome 68 akan menandai semua situs http sebagai tidak aman.


Beberapa tahun ini Google memang berperang melawan situs tidak aman. Karenanya, Google berusaha secara bertahap mengedukasi pengguna internet untuk waspada terhadap situs-situs tidak aman. Cara yang ditempuh oleh Google adalah dengan menandai situs-situs tidak aman melalui peramban yang dimilikinya, yaitu Google Chrome.


Oh ya, sebelum lanjut, apabila Kawan-Kawan belum mengetahui perbedaan antara http dan https silakan baca artikel “Perbedaan HTTP dan HTTPS Lengkap dengan Fungsinya”.


Perkembangan perlakukan Google Chrome terhadap situs http dapat dilihat pada gambar-gambar berikut ini:


perlakuan terhadap halaman http chrome 53 dan chrome 56


perlakuan terhadap halaman http chrome 58 dan chrome 62


perlakuan terhadap halaman http chrome 64 dan chrome 68


Mulai Chrome 68 nanti, semua situs HTTP akan ditandai oleh Google Chrome sebagai tidak aman. Perlakuan terhadap semua itus http seperti itu untuk memaksa seluruh pengelola situs web agar segera beralih ke https atau menerapkan sertifikat keamanan (SSL) pada situs web yang dikelolanya.


Khusus untuk blog yang disediakan oleh Google melalui blogspot, sejak lama Google telah menerapkan https secara gratis. Untuk blog dengan domain kastem, Google belum menyediakan. Banyak pemilik blog yang menyiasati penggunaan https untuk blog kastem domain itu melalui layanan sertifikat SSL gratis dari Cloudfare CDN.


Bagaimana Sikap Firefox Terhadap Situs HTTP?


Sebenarnya Chrome tidak sendirian dalam perang melawan situs tidak aman itu. Pada 2012 pernah ada pertanyaan di Mozilla Support Forum mengenai Firefox yang selalu berusaha untuk membuka situs web dalam mode https. Itu 2012!


Sejak saat itu, perang Firefox terhadap situs tidak aman terus dilanjutkan. Seperti Chrome, Firefox juga memberikan perlakuan terhadap situs-situs yang aman/tidak aman. Salah satunya dengan memberi tanda gembok berwarna hijau untuk situs aman dan gembok dicoret untuk situs tidak aman. Situs aman memiliki URL https dan situs tidak aman memiliki URL http.


perlakuan firefox terhadap situs http


perlakuan firefox terhadap situs https


Penandaan oleh Firefox seperti itu untuk Firefox Developer Edition sudah dimulai sejak 2016. Untuk yang versi non-developer, penerapannya dilakukan sejak Firefox 51 yang updatenya diluncurkan pada 24 Januari 2017.


-o0o-

Kombor.com belum menggunakan https sehingga oleh firefox tidak diberi gambar gembok hijau dan oleh Chrome 68 nanti akan ditandai sebagai situs tidak aman.

Related Posts

Chrome Akan Mulai Menandai Semua Situs HTTP Sebagai Tidak Aman
4/ 5
Oleh