Senin, Maret 12, 2018

Tahukah Kamu Kapasitas USB Flash Disk Pertama?

Anak zaman now tentu sudah tidak asing lagi dengan USB flash disk. Ada yang menyebut piranti penyimpanan itu sebagai USB stick, ada pula yang hanya menyebut USB. Padahal, USB atau Universal Serial Bus itu merupakan standar industri yang dikembangkan untuk mendefinisikan kabel, konektor dan protokol untuk koneksi, komunikasi dan pemasokan tenaga (listrik) antara komputer dan piranti periferalnya. Secara gampangnya kita bisa menyebut USB sebagai alat koneksi antara komputer dengan piranti lainnya seperti mesin cetak, kamera digital, pemindai, hard disk eksternal, dan lain-lain.


Bukan anak zaman now saja yang sudah terbiasa dengan USB flash disk. Anak zaman old yang masih hidup sampai zaman now juga banyak yang sudah terbiasa memakai USB flash disk. Akan tetapi, pada tahukah berapa kapasitas penyimpanan USB flash disk yang pertama tersedia di pasar komersil?


usb flash disk pertama


Mengenai siapa yang pertama kali menemukan USB flash disk, ada banyak pengakuan. Seorang berkebangsaan Malaysia bernama Pua Khein-Seng mengklaim kredit atas julukan penemu USB flash disk dan publik lokal Malaysia menyebutnya sebagai ‘Bapak Pendrive”. Sementara itu, kisah yang sama juga muncul dari perusahaan Singapura, Cina dan dari belahan bumi lainnya.


Paten pertama atas USB flash disk diberkaskan pada April 1999 oleh sebuah perusahaan Israel bernama M-Systems (yang dibeli oleh SanDisk pada 2006), yang bekerjasama dengan IBM untuk mulai menjual ‘DiskOnKey’ berkapasitas 8MB di Amerika Utara. Pada tahun yang sama, perusahaan Singapura bernama Trek 2000 juga mulai menjual ‘ThumbDrive’ berkapasitas 8MB.


USB flash disk pertama berkapasitas 8MB. Kini, kita semua bisa membeli USB flash disk berkapasitas ratusan GB dengan harga yang murah.


^_^

Related Posts

Tahukah Kamu Kapasitas USB Flash Disk Pertama?
4/ 5
Oleh