Rabu, Maret 14, 2018

Tips Memilih Web Hosting yang Tepat untuk Website Kita

Memilih web hosting yang handal sangat penting dalam pengembangan website. Setelah kita membangun website, penyedia layanan web hosting memiliki peran utama dalam menghantarkan website kita kepada khalayak. Para pengunjung website kita tentu menginginkan untuk selalu dapat mengakses seluruh aspek dalam website kita tak peduli waktunya siang atau pun malam. Setiap waktu, website kita harus dapat diakses oleh mereka.


Sebagai pemilik website, kita pun demikian. Kita menginginkan website kita selalu siap diakses selama 24 jam. Kita juga menginginkan website kita selalu aman dari serangan para peretas yang bisa saja suatu saat mencoba untuk meretas website kita. Kita juga ingin agar server web hosting kita juga aman dari serangan virus yang dapat merusak server yang dapat mengakibatkan down time untuk website kita.


Karena sangat pentingnya web hosting untuk website, kita perlu mengetahui cara memilih web hosting yang tepat untuk website kita.


ilustrasi web hosting


Tips Memilih Web Hosting Yang Tepat


Berikut beberapa tips untuk memilih web hosting yang tepat untuk website kita.


1. Kenali Kebutuhan Web Hosting yang Kita Butuhkan


Pemahaman atas kebutuhan bisnis atau personal atas website kita akan dapat membantu menyempitkan pilihan web hosting. Semisal kita ingin membuat website media sosial yang memungkinkan pengunjung untuk mendaftar kemudian menggunakan seluruh fitur yang ada seperti membuat profil, membuat pertemanan, membuat group, mengirim status berupa teks, gambar atau video, website kita akan memerlukan fitur yang lebih banyak daripada website yang ditujukan hanya sebagai sarana untuk mempublikasikan profil usaha. Website yang memiliki lalu lintas data yang tinggi kemungkinan besar bisa tidak berfungsi dengan baik apabila dihosting pada layanan shared hosting karena layanan seperti itu dirancang hanya untuk mengakomodasi banyak website kecil yang memiliki lalu lintas rendah.


2. Pilih Paket Web Hosting Yang Tepat


Banyak usaha kecil yang berpindah ke shared hosting sebagai upaya untuk menghemat uang. Akan tetapi, penggunaan server secara bersama-sama memiliki risiko untuk memicu lambatnya respon website. Pilihan berupa Virtual Private Server (VPS) agak lebih mahal tetapi menyediakan kinerja website yang lebih cepat dan tinggi dan menghatarkan pengalaman pengunjung yang lebih memuaskan.


3. Baca Review atas Layanan Web Hosting


Mengaculah pada website yang memiliki reputasi dalam melakukan riset atas kehandalan dan reputasi penyedia layanan web hosting. Meriset perusahaan web hosting melalui pihak ketiga sangat bermanfaat dalam menemukan isu-isu yang konsisten atau keluhan yang terus-menerus dari pelanggan lama atau pelanggan yang masih berlangganan. Berikan perhatian pada cara perusahaan memberikan tanggapan atas keluhan pelanggan. Hal itu akan memberikan kita pengetahuan tentang cara perusahaan memperlakukan pelanggan yang kurang hepi.


4. Dapatkan Besaran Bandwidth Yang Tepat


Walaupun website baru belum memakai banyak bandwidth, tetap penting menyiapkan ruang untuk bertumbuh. Pastikan perusahaan web hosting tidak mengunci kita pada jumlah bandwidth tertentu dan mengutip biaya apabila kita ingin merevisi paket hosting di kemudian hari.


5. Jangan Terpaku pada Harga


Saat kita berperan sebagai pemilik bisnis baru dengan anggaran terbatas, penyedia layanan web hosting dengan penawaran harga terendah kemungkinan akan sangat menggoda. Jangan terpaku pada harga belaka karena pepatah yang mengatakan ‘ada harga ada kualitas’ itu benar adanya. Hosting murah tidak otomatis berarti yang memberikan harga paling rendah adalah yang paling murah. Bandingkan harga yang ditawarkan dengan paket web hosting yang disediakan. Bisa saja harga termurah akan berakibat pada server yang lambat, pelayanan pelanggan yang buruk, downtime yang sering terjadi, dan diasosiasikan dengan ribuan website tidak profesional yang membuat kita akan malu untuk mempromosikan website kita kepada kolega.


6. Baca Ketentuan Layanan


Ya, benar. Baca Ketentuan Layanan atau Ketentuan Penggunaan. Jangan melewati begitu saja ketentuan layanan itu. Baca dengan seksama. Kebanyakan orang menyetujui Ketentuan Layanan tanpa mau membaca dengan cermat apa yang mereka tanda tangani. Hentikan melakukan hal seperti itu. Ketentuan Layanan biasanya mengikutkan juga kebijakan pengembalian dana yang kemungkinan akan sangat berguna pada waktu yang akan datang.


7. Uji Layanan Pelanggan


Saat melakukan riset atas perusahaan web hosting, selalu cari cara untuk menghubungi layanan pelanggan. Apakah kita dapat dengan cepat menemukan dan menghubungi layanan pelanggan via email, obrolan daring atau bantuan telepon 24/7? Apabila iya, itu sangat bagus. Ujilah layanan pelanggan itu. Yakinkan untuk menguji semua fitur layanan pelanggan yang tersedia sebelum membeli layanan web hosting mereka untuk melihat apakah hal itu memenuhi kebutuhan kita.


8. Ketahui Rencana Cadangan


Tidak penting untuk mengetahui alasan terjadinya down pada website kita atau alasan mengapa kita kehilangan data website kita. Yang perlu kita tahu adalah apakah perusahaan web hosting memiliki rencana cadangan (backup plan) untuk membantu kita memulihkan website kita apabila diperlukan. Tanya mereka apakah rencana cadangan mereka. Apabila mereka menjawab tidak tepat, jangan pilih perusahaan web hosting itu.


9. Tanyakan Fitur Keamanan


Gangguan keamanan akan selalu terjadi. Pastikan perusahaan web hosting menyediakan SSL untuk melindungi informasi pribadi pelanggan. Keamanan merupakan fitur penting dalam menyediakan sarana transaksi yang aman kepada pelanggan dan itu harus menjadi fitur yang disediakan oleh perusahaan web hosting.


Demikianlah sembilan tips untuk memilih penyedia layanan web hosting yang tepat untuk website kita. Semoga bermanfaat.


^_^

Related Posts

Tips Memilih Web Hosting yang Tepat untuk Website Kita
4/ 5
Oleh