Integrasi Google+ dan Blogger Mulai Dihentikan Sejak 4 Februari 2019

Menyusul rencana Google untuk menghentikan layanan Google+ pribadi, Google mulai menghapus layanan-layanan yang terkait dengan Google+ yang terintegrasi dengan layanan Google lainnya. Yang terbaru, Google menghentikan integrasi Google+ dengan Blogger.
Pada 12 Desember 2018, Kombor.com telah mengabarkan mengenai rencana penghentian layanan Google+ untuk pribadi. Kemudian disusul dengan kabar tentang dihentikannya fitur berbagi otomatis YouTube ke Google+ dan Twitter. Kabar yang terbaru adalah dihentikannya integrasi Google+ dengan Blogger.
Kabar terakhir itu disampaikan oleh Google melalui sebuah kiriman pada Blog Resmi Google. Disampaikan di sana bahwa menindaklanjuti pengumuman tentang akan dihentikannya layanan Google+ API mulai Maret 2019, dilakukan beberapa perubahan pada integrasi Blogger Google+ mulai 4 Februari 2019. Ada pun beberapa hal yang diubah itu di antaranya adalah Google+ Widget, Tombol 1+, Komentar Google+ dan Profil Google+.
Google+ Widgets
Dukungan widget untuk ‘tombol 1+’, ‘Pengikut Google+’, dan ‘Emblem Google+’ akan dihilangkan dari Blogger. Semua yang berkaitan dengan widgets itu akan dihapus kontennya.
google plus widgets
Tombol 1+
Tombol 1+/G+ dan tetaut berbagi ke Google+ di bawah kiriman blog dan di bar navigasi akan dihapus. Untuk narablog yang memakai template kastem harus menghapus sendiri tombol-tombol itu. Google menyarankan untuk menghubungi pembuat template apabila tidak bisa melakukannya sendiri.
tombol g+
link berbagi ke social media
Komentar Google+
Dukungan untuk komentar Google+ pada Blogger akan dimatikan. Blog yang memakai komentar G+ pada blognya akan dikembalikan ke asalnya, yaitu memakai sistem komentar Blogger mulai 4 Februari 2019.
komentar g+
Profile Google+
Mulai Maret 2019, Blogger hanya akan kembali ke profil Blogger. Pengguna yang memakai profil G+ akan ditandai sebagai pengarang yang tidak diketahui sampai ia log masuk ke Blogger dan menyediakan nama dan avatar baru.
profil blogger
Semoga Kawan-Kawan pengguna Blogger dan G+ punya antisipasi untuk hal-hal tersebut di atas.

Komentar

Posting Komentar