Tutorial: Membuat Email dengan domain sendiri dari Google Apps

Masih pake email gratisan dengan domain orang lain? Kuno. Wong bikin email dengan domain sendiri dengan kapasitas sama dengan email-nya Gmail saja gratis kok masih pake email dengan domain email gratisan. Sudah gratis, kalau Sampeyan mengelola sebuah komunitas, Sampeyan bisa membagi-bagikan email kepada anggota komunitas dengan domain komunitas Sampeyan.

Ini intermeso saja, Kang Ilham seharusnya segera ngecek kafemotor.com sudah dibeli orang atau belum. Kang Kombor merasa Kafe Motor akan menjadi blog yang rame dan menjadi sebuah komunitas pecinta sepeda motor. Ada baiknya layanan Google Apps ini dilirik dan dipakai. Sapa tahu toh, ada yang pingin punya email nama@kafemotor.com.

Layanan ini juga cocok untuk BaliGuide.Biz milik Bli Komang yang mungkin akan berkembang menjadi sebuah tour guiding services company yang besar. Atau ElvysBaliTours.com milik Bli Made. Keduanya sohib Kang Kombor di Bali. Tapi, yang domain personal sepeti kombor.com juga nggak apa-apa make. Gratis ini...

Jujur saja, Kang Kombor sebelumnya sudah make dengan domain suaraku.com. Itu tahun lalu. Saat ini, karena Kang Kombor akan bikin tutorial, Kang Kombor apply lagi dengan domain kombor.com. Boleh dong memanfaatkan layanan gratis yang masih versi beta ini untuk bagi-bagi pengetahuan. Eh, sapa tahu Romi bisa nerima panduan ginian di IlmuKomputer.com. Hahaha... nggak IKC banget gitu loooohhhh.....

Daripada bertele-tele pengantarnya, mending segera kita mulai saja. OK? Unduh saja filenya ya!

File tutorial bikin email dengan domain sendiri dari Google Hosted

--oOo--

I have been benefited by Google Apps with its service. I have my own domain email and till now it shows a reliable performance. I think it better for me to use Google Apps rather than host my email on other email hosting provider.

For those who come from non Bahasa Indonesia speaking countries, the article above tell people to a tutorial on how to configure domain to be used on Google Apps. Unfortunately, the tutorial was written in Bahasa Indonesia because I wanted to guide more Indonesian to grab Google Services as much as they can.

This blog offers readers with make money articles, tips and tricks. But, in some occasions I also write simple easy to follow tutorial for my readers. In make money articles, I provide my readers with articles, tips and tricks to earn from Google AdSense and paid review areas. What I still am not knowing much is how to make money using affiliate program. Perhaps my substandard English is the biggest obstacle for me to succeed in affiliate program. Of course I do learn more and more in increasing my affilliate skill. But, still, writing what I love is my best choice. Make money is not my main reason to blog.

Komentar

  1. asyiiik mo bikinin buat email sekolah ah

    BalasHapus
  2. hwadouh, kang. yang kemaren kang kombor ngajarin outlook aja sayanya ga bisa2 :D

    BalasHapus
  3. Maunya buat account sendiri, tp saya udh kebanyakan email gratisan, jadi bingung... :D

    Tapi mungkin ini bisa dicoba,... :)

    BalasHapus
  4. @Kang Guru:
    Betul, Kang Guru. daftar saja 1000 email kalau dah punya domain sendiri.

    @Mbak Venus:
    Perlu les privat nih kayaknya. Yang penting login dulu ke Gmail. Klik di Setting. Pada POP & Forwarding, di-Enable POP Access. lalu untuk setting di mail client (MS Outlook, Outlook Express, Thunder Bird, Opera, Eudora, dll.) ada tutorialnya di Den Gugel.

    @Kang Biho:
    Sami-sami, Kang.

    @Mbak Kiko:
    Sama, email saya bertaburan di mana-mana.

    BalasHapus
  5. Wah, tnq Kang udah diingetin. Btw sebaiknya saya beli domain itu di WP aja atau di luar? Mohon masukannya.

    BalasHapus
  6. @Mas Anang:
    Sama-sama, Mas

    @Pak Guru:
    Silakan, Pak

    @Kang Ilham:
    Kalau email dari Google Hosted mau dipakai, jangan beli dari Wordpress karena Wordpress saat ini belum memberi kita keleluasaan untuk mengubah MX record, A record, CNAME record, dll.

    Beli dari Omnis.com juga jangan. Kalau NS diarahkan ke NS selain dom1.omnis.com atau dom2.omnis.com maka kita juga tidak bisa mengubah records yang lain. Justru domain yang dibeli dari SmallBusiness.Yahoo.com memberi keleluasaan lebih.

    Kombor.com saya beli dari omnis.com sehingga email@kombor.com tidak dapat saya aktifkan ketika ns saya ubah ke ns1.wordpress.com dan ns2.wordpress.com. Sedangkan, suaraku.com yang saya beli di Yahoo! NS saya arahkan ke Wordpress dan saya masih bisa mengganti MX records sehingga email@suaraku.com bisa saya pakai. Mosok ke kombor.com hanya saya buat domain forwarding? Nggak lucu kan?

    BalasHapus
  7. [...] 16, 2007 in Pendidikan, Teknologi Informasi Kang Kombor pernah menulis tentang cara membuat email dengan domain sendiri dari Google hosted. Saat ini, untuk mendaftar ke sana lebih mudah, tidak serumit yang Kang Kombor tulis di tutorial [...]

    BalasHapus
  8. tutorialnya lumayan jadi aku bisa ngerti

    BalasHapus
  9. Mas, saya mau tanya?
    Gimana caranya bikin email di google....

    BalasHapus
  10. @JJ:
    Untuk bikin email di Google (Gmail) silakan buka www.gmail.com dan register di sana. Sekarang tidak perlu diundang lagi kok, bisa register langsung seperti free email yang lain.

    BalasHapus
  11. jadilah sang pemburu yang handal

    BalasHapus
  12. semoga jasa anda diberi imbalan dari Yang Maha Kuasa...
    Thank u so much...

    BalasHapus
  13. Hello Pak, saya sedang search cara set POP3 gmail ke MS outlook ketemunya web ini.
    Saya mau tanya ada yang bisa set POP3 gmail di MS Outlook? saya sudah ikutin semua cara dari gmail, tetapi setiap saya klik send/receive di MS Outlook, selalu diminta untuk masukan UserID & Password, saya sudah coba untuk delete dan create account baru, tetap tidak bisa. Minta tolong..... desperate nih. Tq banget.

    BalasHapus
  14. Hello Pak, saya sedang search cara set POP3 gmail di MS Outlook, dan dapat web anda.
    Saya mau minta tolong, kalau tahu caranya. Saya sudah ikutin prosedur dari gmail, tapi setiap kali saya klik send/receive di MS Outlook, selalu diminta isi User ID & Password padahal sudah ada. Dan saya isi lagi, selalu error. Saya juga sudah coba delete account and create ulang, tetap tidak bisa. Gimana ya caranya? Thank you. Agus

    BalasHapus
  15. cara setting POP3 Gmail tapi yang unsecured gimana ya? soalnya kalo pake SSL, di tempat saya ga bisa. Yang POP Yahoo emang ada pilihannya, yang secured dan unsecured.

    mohon bantuannya..
    dan makasi atas tutorialnya

    sambilnanyasambildownloadpdf-nya :p

    BalasHapus
  16. saya mau coba bikin domain sendiri

    BalasHapus
  17. Maaf kang, a g ngerti tulisanmu jadi a g jd buat email. OK

    BalasHapus
  18. [...] menjadi Google Apps seperti yang Kang Kombor tulis di sini maka file tutorial sebelumnya di posting ini saya [...]

    BalasHapus
  19. kang kombor saya lagi search cara setting google apps ketemu web ini. saat ini hosting yg saya pake gak ada settingan buat mengubah CNAMEnya. kalo MX record udah bisa saya pakae.

    ada solusi gak kang?

    BalasHapus
  20. Mas Chodirin, saya memakai cara verifikasi domain dengan memilih membuat subdomain ke domain saya. Akan tetapi, ada cara verifikasi yang lain, misalnya upload file ke domain. Silakan Mas Chodirin coba cara yang itu. Pada bagian Domain Verification klik Choose verification method lalu pilih mana yang bisa Mas Chodirin lakukan.

    Semoga berhasil.

    BalasHapus
  21. [...] yang tertarik? Baca saja panduan bikin email ini >>>>>>> Related PostsRevisi! Tutorial membuat email dengan domain sendiri dari Google AppsTutorial: Membuat [...]

    BalasHapus
  22. wah... yang ini nih... yang aku cari-cari, makasih ya....

    BalasHapus
  23. Yang jelek dari google apps cuma 1, fasilitas filter spam gak bisa di matikan l-), andai fasilitas ini ada.. lebih TOB.
    kadang email penting di anggap spam.

    BolaNaga
    www.crypton97.us

    BalasHapus
  24. Diusulkan saja ke Google Apps, Mas. Siapa tahu karena belum pernah ada yang mengusulkan hal tersebut Google Apps belum kepikiran untuk memberikan fasilitas tersebut.

    BalasHapus
  25. Kalo saya yang ngomong palingan di anggap angin lalu l-)...
    kalo banyak yang ngasih usul pasti di pertimbangkan... ma google

    BolaNaga
    www.crypton97.us

    BalasHapus
  26. Google Apps tidak semudah yang dibayangkan...?

    BalasHapus
  27. google emang banyak cara tuk menarik visitor

    BalasHapus
  28. terima kasih atas infonya, mas :)

    BalasHapus
  29. Ternyata setelah di cek and ricek gak semua domain bisa di terima oleh google apps. ada domain domain negara tertentu yang kagak di dukung alias kagak di perbolehkan mendaftar di google apps, contohnya domain cn alias domain china ;-)

    BolaNaga
    www.motogp.web.id

    BalasHapus
  30. mantap tutorialnya..........

    BalasHapus
  31. boleh di coba
    makasih ya...

    ina
    habibah.info

    BalasHapus
  32. Makasih tutorialnya aku sendiri juga dah lama manfaatrin Google Apps

    BalasHapus
  33. mas tolong buatin email saya dong @vianto.com
    Trus minta alamatnya nanti saya kirim bingkisan

    BalasHapus
  34. Bikin sendiri mudah kok, Mas. Tutorialnya mudah diikuti. Beli domain di omnis.com hanya $7.95

    BalasHapus
  35. thanks om atas info berharganya.
    situnggu tutorial2 maut tapi mudah dicerna ama kita2 nich

    BalasHapus
  36. Ass.wr.wb/Pagi Kang Kombor...

    Sebelumnya saya mau ucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri Mohon Maaf Lahir Bathin...

    Saya baru belajar main2 internet kang, saya mau buat email dengan domain sendiri saya ikutin buat email sendiri dengan google apps yang kang kombor ajarin. Untuk nama emailnya sdh saya buat dan terdaftar tp belum aktif mentok di verify/aktivasi google aps karena saya belum punya/beli domain sendiri. Saya tidak punya kartu kredit untuk beli domainnya kang, bisa saya minta tolong belinya lewat kang kombor saja, supaya saya bisa aktifkan goole aps saya, maaf yah kang kalo ngerepotin, nanti saya transfer ke rekening kang kombor kalo sampeyan setuju, trm ksh sebelumnya kang, saya benar2 mengharap kesediaan sampeyan dan tunggu jawaban sampeyan. trm ksh wss.

    BalasHapus
  37. Makasih banget niah, aku sangat terbantu
    knalin AR:081903917211

    BalasHapus
  38. kok ga klihatan ye...di buka pake aplikasi apa tuh q ga deng neh

    BalasHapus
  39. terima kasih atas sharing artikelnya, mau langsung dipaktekkan :twisted:

    BalasHapus
  40. Cara buat email dari gogle di hp mudah,caranya .1.Aktpkan gprs.2.Donlowod opera mini dìi www.Operamini.Com .3.Pada isikan alamat ketik www.Gmail.Com .4. Masuk di daftar, kemudian iqi dan ...

    BalasHapus
  41. Silakan download dulu filenya supaya bisa mudeng, Kang.

    BalasHapus
  42. iya nih, jadi bisa punya email pribadi dengan domain sendiri. thanks tutorialnya, kang..

    BalasHapus
  43. Sama-sama Kang Bambang.

    BalasHapus
  44. This list will be very helpful to me. Thanks mate for doing such a good job and keeping this website clean.

    BalasHapus
  45. Asyik, aku mo buat email dengan domain aku sendiri ah. yehe..he..he

    Ngomong-ngomong email itu apaan ya?

    BalasHapus
  46. waahh..ternyata bagus juga artikelnya untuk kita semua..Saya sudah membacanya dan tertarik untuk membuat fasilitas email ini..
    thanks a lot..

    BalasHapus
  47. bagus, ku dah prnah coba and mau bikin artikelnya, tpi ga sempet. good wat kamg kombor..nice to meet you..

    BalasHapus
  48. Makasih infonya kang.... salam kenal.

    BalasHapus
  49. Mantab!
    Langsung ngutak-atik setting email infogaptek.com
    Suwun kang..
    :top:

    BalasHapus

Posting Komentar