Kurang 5,4 Dolar Lagi

Target untuk mendapatkan seratus dolar dari Google Adsense setiap bulan belum tercapai pada bulan Januari yang baru lewat. Pendapatan dari adsense saya Januari 2008 baru mencapai 94,6 dolar. Artinya, kurang 5,4 dolar lagi untuk mencapai 100 dolar.

Target yang saya canangkan Januari lalu itu memang belum tercapai. Mungkin saya masih kurang cerdas dalam memasarkan blog yang saya gunakan untuk mendulang dolar dari adsense. Selama ini saya memang tidak memasarkan blog-blog tersebut melalui email atau signature di forum-forum. Saya tidak memiliki banyak waktu untuk berforum-ria. Bahkan ngeblog pun saya lakukan pada sela-sela waktu yang saya miliki. Dengan mengelola semakin banyak blog tentu makin banyak pula waktu yang saya butuhkan untuk mengisi blog-blog tersebut dengan tulisan-tulisan yang bernas. Jangankan untuk membuka forum. Ngablogburit alias Blogwalking saja saya hampir tidak sempat. Saya hanya secara acak membaca blog teman-teman sebanyak 5 - 10 blog setiap malam. Kalau harus nurutin membaca 100 blog, saya yakin seorang bloger akan lebih banyak gentayangan memnaca blog daripada mengisi blognya dengan tulisan.

Yayaya... saya tidak sepenuhnya berhenti blogwaking untuk bisa tetap mengisi beberapa blog saya. Untuk beberapa blog bertema yang saya kelola saya membuat tulisan berdasarkan berita-berita atau artikel-artikel dari website berbahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia. Kunci suksesnya hanya kecepatan. Siapa yang lebih cepat memberitakan tentu akan lebih cepat terindeks oleh mesin pencari.
Kang Luthfi pernah menanyakan tentang ceruk bernilai kata kunci tinggi. Saya tidak tahu persis. Akan tetapi, cara paling gampang untuk mencari ceruk adalah dengan mengamati majalah-majalah atau tabloid-tabloid cetak yang beredar. Eksisnya majalah-majalah dan tabloid-tabloid itu menunjukkan bahwa masing-masing majalah dan tabloid memiliki ceruk pembaca tersendiri. Penguasaan pasar sebuah ceruk memang tidak tinggi. Namun, pasar di ceruk tersebut cenderung loyal pada produk yang ditawarkan. Melayani sebuah ceruk akan menghasilkan pendapatan yang tidak terlalu berfluktuasi dan berjangkan panjang.

Oleh karena itu, kecuali Sampeyan memiliki sumberdaya yang hebat dan mampu menjadi pemimpin pasar (market leader) atau perintis tren (trend setter) sebaiknya Sampeyan mencari sebuah ceruk saja untuk dijadikan pembangkit pendapatan.

Kombor.Com ini tidak saya desain untuk melayani ceruk tertentu. Isi blog ini cenderung seperti gado-gado atau bahkan karedok. Apa yang saya tulis di sini bergantung pada ide apa yang terlintas di benak saya. Kalau akhir-akhir ini tema bikin duit lebih banyak muncul, hal tersebut terjadi karena saya memang sedang belajar sedikit lebih dalam sambil berpraktek di bidang tersebut. Ya, seperti yang saya wartakan sekarang ini, bahwa saya masih kurang 5,4 dolar untuk mendapatkan cek dari Google Adsense untuk bulan yang ditutup pada tanggal 31 Januari 2008.

Komentar

  1. Pertamaxxx.. :p kalo peningkatan melonjak tajam bukannya malah membuat google curiga? mending naik perlahan2 saja.. thx atas triknya, blog saya pendapatannya naik dari $9 jadi $15 untuk bulan januari.. mudah2an bulan feb ini naik jadi $25

    BalasHapus
  2. Selamat Kang MK. Nggak tertarik untuk bikin blog lain? Pake yang gratisan saja, Blogger dan hosting di Blogspot.

    Peningkatan tajam itu kalau wajar, artinya impressions-nya juga naik tentu tidak akan menuai kecurigaan. Apalagi meningkatnya pendapatan juga didukung oleh semakin banyaknya blog yang dijadikan sumber pendapatan adsense. Iya nggak, Kang?

    BalasHapus
  3. TAk bantu ngeklik kang, biar cepet nembus batas psikologis 100 (kayak IHSG atau kurs rupiah saja, ada batas psikologisnya)

    BalasHapus
  4. Mantaps Kang. 100 dollar per bulan. :)

    BalasHapus
  5. Wah selamat kang.
    Walau nda memenuhi target $100, but lumayan loh.
    Doakan sy juga bisa mengikuti jejak akang ya ?

    BalasHapus
  6. kirimnya pake DHL aja mas. walopun kena fee 24 dolar tapi 3 hari udah nyampe. :D

    semangat dan selamat ya :D

    BalasHapus
  7. walah, aku punya adsense malah gak tak pasang, jangan2 udah kena ban sama paman gugle :)

    BalasHapus
  8. Hehehehe... sudah sih, biar link yang masuk ke situs lain itu berasal dari search engine saja.. ada 2 blog yang saya pasangi iklan, trafiknya masih sedikit di bawah 100 per hari.. mudah-mudahan bisa melonjak tinggi.. Ceknya sudah dikirim oleh google belum?

    BalasHapus
  9. @Pak Dee:
    Haku hora hakon loh...

    @IMCW:
    Terimakasih. Belum terwujud nih.

    @Indrio:
    Saya doakan segera melampaui.

    @Kang Caplang:
    Cek belum diterima.

    @Baladika:
    Saya pake reguler saja. Walaupun sebulan nyampenya tapi tidak dipotong $24. Kan ceknya berlaku 6 bulan. Nggak usah kesusu supaya nggak didengkul.

    @Harry:
    Pasang dong. Pasang...

    BalasHapus
  10. wah mantap kang 100 dollar
    lha saya belum pernah tuh pegang pegang duit dollar :(

    BalasHapus
  11. Wah dikit lagi, asal jangan click fraud aja lah.. pokoknya didoakeun sukses..

    Cerita saya.. ngumpulin 100 dollar dalam 6 bulan, melonjak pendapatan pada bulan ke 5 dan 6 (average 2 bulan terakhir 30 dollar). Kalo dari pendapatan ga puas (100 in 6 months gitu lho), tapi kenangan mencapai 100 dollar itu cukup puas, bener kate Dee, batas psikologis dah terlewati

    BalasHapus
  12. semoga tambah kenceng earningnya

    BalasHapus
  13. kang, blognya luthfi & almacastie yang skarang alamatnya apa kang? pengen di tag ulang temen2 blogger wp dulu, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk almas blognya di http://almascatie.com. luthfi masih di http://luthfi.wordpress.com

      Hapus

Posting Komentar