Panduan Adsense Untuk Idiot

Masih banyak bloger yang belum mengerti cara untuk melakukan monetasi (maaf, saya serap monetize jadi monetasi) blog menggunakan adsense. Kang kombor beberapa kali mendapat email yang isinya seputar adsense. Selama ini, kalau ada yang bertanya, Kang Kombor selalu memberikan rujukan agar konsultasi kepada Dokter Cosa Aranda. Saya secara subyektif menilai Cosa Aranda yang konten panduan adsense-nya paling lengkap.

Namun, Kang Kombor belum menemukan blog yang berisi panduan adsense untuk idiot yang berisi bukan hanya pengetahuan umum tentang adsense melainkan juga berisi panduan langkah demi langkah yang harus dilakukan oleh pemula yang ingin melakukan monetasi blog/situs dengan adsense.

Buku-buku yang sudah beredar di toko buku juga tidak membuat pemula bisa langsung praktek. Kadang-kadang Kang Kombor suka ngeluh pada teman, "Orang Indonesia itu kalau bikin sesuatu kok selalu nanggung ya? Bikin panduan meraup dolar di internet nanggung. Yang baca tidak bisa langsung praktek. Eh, belakangan malah ketahuan kalau isi bukunya contekan dari blog." Kang Kombor membandingkan dengan orang luar sono yang bisa membuat complete idiots guide atau bla-bla-bla for dummies. Isinya lengkap, nggak nanggung.

Nah, kalau ada yang bisa menunjukkan blog atau buku yang berisi panduan langkah-langkah monetasi blog dengan google adsense secara lengkap, termasuk panduan menyiapkan blog Boso Inggris untuk daftar Google Adsense, cara menyisipkan adsense ke blog/situs, termasuk cara promosi blog/situs, Kang Kombor akan sangat berterimakasih. Kang Kombor akan memberi rujukan kepada para pemula agar belajar di blog atau membeli buku yang diinformasikan. Tentunya setelah Kang Kombor verifikasi kebenarannya, hehehe.

Kang Kombor sendiri, dengan segala keterbatasan ilmu ingin membuat panduan adsense untuk pemula. Belajar dari para master mungkin pusing tetapi belajar dari newbie bodoh seperti Kang Kombor mungkin jadi lebih mengerti. Kang kombor ingat dulu ada teman kuliah yang nggak paham-paham diberi penjelasan oleh dosen yang titelnya serenteng. Begitu istirahat Kang Kombor diminta memberi penjelasan. Kang Kombor maju ke papan tulis dan menerangkan, "Ngapain pusing? Ini kan hanya begini dan begini." Nggak sampai lima menit Kang Kombor terangkan dengan pendekatan bodoh Kang Kombor. Eh... Teman-teman malah paham. "Ooohhh, jadi hanya begitu saja? Kok Pak Dosen neranginnya belibet ya?" Kata teman-teman. Kang kombor bilang, "Itu karena mereka sudah sangat pintar. Penjelasan mereka hanya bisa dimengerti oleh yang pintar."

Eh... Jadi, Kang Kombor pintar dong? Yang lain mengerti kok Kang Kombor mengerti.... Ah, bukan begitu. Kang kombor ngerti karena baca buku, bukan karena penjelasan Pak Dosen.

So, tolong infokan ya, kalau ada blog atau buku panduan adsense untuk idiot. Yang berbahasa Indonesia tentunya.

Komentar

  1. sampai sekarang ndak mudheng2 cara pasang adsense yang bisa menghasilkan duit, kang kombor, hehehehe :lol: idiot banget sih soalnya. sudah hampir 3 bulan ini saya ndak ke toko buku. jadi, buku panduan pasang adsense sehalaman pun aku ndak punya. haks, jadi malu nih!

    BalasHapus
  2. nah ini juga kang kombor ngepost tengah malem juga. ah tapi dasar seleb, udah ngepost tengah malem, masih ngga pertamax juga :)

    ng: ntar kalo udah nemu buku panduan adsense buat idiot, kasih tau kita ya mas hehe

    BalasHapus
  3. Kalo ketemu saya pasti kasih tau kang :) atau kalo kang kombor yang ketemu kita2 juga dikasih tau ya *idiot mode on* :D

    BalasHapus
  4. @Pak Sawali:
    Kalau soal di mana masang adsense yang paling menghasilkan harus banyak eksperimen, Pak. Teks 160x600 di sini paling bagus. Di tempat lain belum tentu.

    Blog Pak Sawali itu saya kira pengunjungnya lebih banyak yang merupakan repeat visitors. Tipe pengunjung loyal yang selalu berkunjung setiap ada tulisan baru. Pengunjung seperti itu kecil sekali kemungkinannya untuk klik iklan karena tujuan mereka adalah membaca dan meninggalkan komentar. Berbeda dengan yang datang dari mesin pencari. Apabila tidak menemukan yang dicari, ada kemungkinan mereka akan klik iklan. Ini menurut saya loh...

    Tidak usah beli buku panduan adsense, Pak, nanti kecewa.

    @Jacky:
    Pak Sawali memang sering paling cepat di kombor.com. Mungkin karena setiap ada tulisan baru di sini, alert dari Google Reader bunyinya nyaring.

    Hehehe, kebetulan saja Pak Sawali masih terjaga. Saya sendiri setelah posting langsung meluruskan badan di kasur.

    @o-om:
    Kira-kira ada nggak sih, Om, panduan idiot seperti itu?

    BalasHapus
  5. Ada, dan jawabannya ada di blog ini? Ternyata panduan GA untuk editoy sudah sangat lengkap disini hehehe sukses selalu kombor.

    BalasHapus
  6. Kirain tadi Kang Kombor lagi berbagi tips untuk idiot adsenser seperti aku, lha kok ternyata juga lagi nyari panduannya....

    Btw, thanks...

    BalasHapus
  7. hmmm..... ta kirain ad tips2 idiot..... yah sapa tau bs dipraktekin...... :D :D :D
    tp klo mo idiot2an..... pasang aja satu halaman penuh adsense..... dari iklan A-Z dari page 1-...terserah.... :D :D

    BalasHapus
  8. hahaha adsense for dummies. ya nih aku kayaknya butuh, masa impresi udah hampir 5000 dapatnya gk sampe 5 dolar, maksutlo ape ?? :D

    BalasHapus
  9. panduan ideot kayaknya ga d gratiskan deh, coz susah nuntun orang ideot jadi pinter, apa lg bwat orang ideot yang kaya hehehe

    BalasHapus
  10. yee kirain ada tutor untuk idot spt sayah :)
    ah ketipu sayah hahahahaha
    eniwe nice post kang

    BalasHapus
  11. hehe sama...kirain Kang Kombor dah bikin ebook Adsense for Idiot..btw kalo gak salah kang yah, sekali lagi bung jacky dulu pernah cerita di Jackbook.com bagaimana ia mengkonfigurasi adsense dan hasilnya hebat, mungkin harus dibagi juga ilmunya itu....yah pake bahasa idiot juga biar orang idiot kayak saya juga bisa gitu kira2....

    Cocok tak....????

    BalasHapus
  12. Yang ngeklik berapa tuh?

    Mending pasang Adbrite seperti bocah kali ya, kalau hitnya segitu.

    BalasHapus
  13. Siap. jacky Supit sudah dikirimi pertanyaan. Mari kita berdoa supaya beliau bersedia memberi jawaban.

    BalasHapus
  14. bagaimana kalo idiot2nya disuruh ngeclick iklan di kombor.com hehehe..

    BalasHapus
  15. klo ebook terbitan luar, saya punya tuh kang. namanya blogger adsense guide. emang buat pemula. dari awal daftar sampe SEOnya. Cuma ya itu, pake bahasa planet (inggris). :P

    Klo ada yg mau nerjemahin boleh ambil di blog saya. malam ini saya upload deh. Yang mau download juga silakan aja.

    BalasHapus
  16. Wah boleh tuh. Besok saya unduh deh. Pakai hp gini nggak bisa ngunduh.

    BalasHapus
  17. wah..bagus webnya tukeran banner dan link
    www.adsense-program.net
    www.emo-egold.com

    BalasHapus
  18. bro, boleh gak daftar di google adsensen dgn kontent berbahasa inggris dan setelah kita di terima kita ganti ke konten bahasa indonesia.tx

    BalasHapus
  19. Mestinya nggak boleh ya. Tapi saya pasang juga. Banyak yang begitu kok.

    BalasHapus
  20. Sudah ditambahkan ke Blogroll, Mas. Silakan dilihat di halaman Blogroll.

    BalasHapus
  21. yep, setuju! harus berakit-rakit ke hulu, berenang2 ke blog juga. As if maksud sya gak segampang itu untuk bikin duit, tul gak boss Kombor! ;)

    BalasHapus
  22. Kayaknya belum ada, buku yg "selengkap" itu...

    BalasHapus

Posting Komentar