Punishment for Dofollow Links

Salam dari Sleman.

Pukul 1:30 dini hari tadi Kang Kombor bersama keluarga tiba di rumah di Sleman dengan selamat. Alhamdulillah, setelah menemui kemacetan begitu keluar dari gerbang tol Cikampek, titik macet di Indramayu, kemacetan di Palimanan menjelang gerbang tol Plumbon lalu kemacetan sepanjang tol Plumbon - Kanci, di Jawa Tengah tidak ada lagi kemacetan. Luar biasa! Inilah seninya mudik. Tanpa kemacetan, mudik tidak akan berarti.

Loh, kok Kang Kombor malah membahas soal mudik?


Nggak apa-apa. Mudik memmang perlu dibahas. Hajat terbesar tahunan bangsa Indonesia setelah 17-an yang dirasakan seluruh WNI adalah Idul Fitri yang dirayakan lebih kurang 80 persen penduduk Indonesia (kalau prosentasenya belum turun lagi). Setiap tahun, dalam kegiatan berlebaran pasti ada mudik. Drama kembalinya para "boro" alias perantau ke kampung halaman mereka untuk merayakan Idul Fitri bersama keluarga besar mereka. Tahun ini diperkirakan sekitar 15 juta orang di seluruh Indonesia melakukan kegiatan mudik. Dari 15 juta orang itu, 2,5 juta akan melewati jalur pantura Pulau Jawa! Mudik sangat penting. Karena pentingnya, seluruh stasiun televisi nasional pasti meliput kegiatan itu.

Karena mudik, Kang Kombor sudah berada di rumah Kang Kombor di Sleman saat ngetik posting ini menggunakan Blackberry tua kesayangan Kang Kombor. Eh, Kang Kombor katakan rumah Kang Kombor ya, karena tahun 2002 yang lalu, setelah mendapat pesangon dari perusahaan, Kang Kombor membangun rumah di Sleman. Rumah yang nggak jadi-jadi karena dananya nanggung dan hasil ngadsense digunakan untuk nutupi cicilan KPR rumah di Tangerang.

Pagi ini Kang Kombor mendapati tanggapan Danu pada artikel ini bahwa pagerank sudah update lagi. Dari Pandu Kang Kombor mendapatkan informasi bahwa pagerank Kombor.com ditampar jadi PR2. Terus-terang Kang Kombor belum ngecek tetapi Kang Kombor percaya kabar itu.

Kang Kombor kira, ada dua hal yang kemungkinan dapat menyebabkan pagerank blog ini turun dua angka dari PR4 ke PR2 dalam dua kali update terakhir. Yang pertama pemakaian dofollow pada komentar dan yang kedua karena text link ads (TLA).

Dofollow

Sudah banyak informasi bahwa Google tidak menyukai hal ini. Menurut Kang Kombor, alasan utama dari ketidaksukaan Google pada relasi dofollow ini adalah karena Google mendapat protes dari para bot spyder yang ditugasi untuk meng-crawl internet. SPK atau surat perintah kerja para laba-laba itu adalah mengindeks halaman kita, bukan mengikuti semua taut (link) yang ada di halaman kita. Apalagi kalau taut itu ternyata sama sekali tidak berkaitan. Laba-laba itu marah besar pada Google.

Logikanya begini. Ada seekor bot spyder yang sedang meng-crawl halaman ini. Di dalamnya ada tiga taut. Ke tempat Danu, Pandu dan sebuah posting blog ini. Eh, tapi... Ternyata masih di halaman yang sama ada belasan komentar dengan taut dofollow ke blog/halaman masing-masing pemberi komentar. Otomatis bot spyder ngambek karena umumnya, taut di komentar tidak berhubungan dengan isi artikel. Apalagi kalau taut pemberi komentar bukan ke halaman indeks blognya melainkan ke postingnya di mana di dalam posting itu ada taut lagi. Lalu ada taut dofollow pemberi komentar. Para bot spyder makin ngambek aja. Bayangkan apabila di antara taut dofollow yang diikuti bot spyder ada lagi dofollow dan dofollow yang lain. Nggak akan kelar kerjaan si laba-laba malang itu.

Jadi begitu teman-teman, mengapa Google tidak suka dofollow. Laba-laba mereka pada protes!

Text Link Ads

Kalau yang ini alasannya sih jelas banget. Google tidak suka karena taut yang diikuti bot spydernya ternyata taut berbayar. Taut pesanan sponsor yang pasti tidak alami adanya.

Maksudnya alami adalah taut yang sejak awal kita sertakan dalam artikel sebagai referensi atau karena keterkaitan topik. Nah, TLA kan membeli link dari halaman yang sudah ada. Bisa jadi taut dari teks yang dibeli sponsor melalui TLA di posting kota, tidak sesuai dengan isi artikelnya.

Begitu kira-kira yang membuat Google membenci taut berbayar.

--*#*--

Hehehe, maaf kalau isinya nampak seperti bercanda. Insya' Allah bercandanya nggak jauh-jauh dari substansi. Apabila melenceng terlalu jauh mohon diberi koreksi.

Tambahan dikit. Sejak rel nofollow dibuang blog ini memang mendapatkan tanggapan lebih banyak. Sedangkan, Kang Kombor tidak bisa memberikan kunjungan balik ke semua komentator. Akibatnya, outgoing links blog ini sangat lebih banyak daripada inbound linksnya. Pantas kan apabila pageranknya turun terus...

Komentar

  1. ouh jadi getu ya mas.. wah masa seh saya harus kembali ke nofollow, padahal saya sudah kampanyekan pemakaina dofollow :D tapi syukurlah PR malah NAek..

    BalasHapus
  2. ya bagusan no folow aja..... tapi do folow tetep masih membuat banyak orang tertarik.... ya begitulah resikonya..

    BalasHapus
  3. xixixi laba-laba google bisa ngambek xixixi bener juga tuhh kang?

    BalasHapus
  4. Nggak harus kembali ke nofollow, Mas. Yang penting jangan sampai incoming links < outgoing links. Berarti harus selalu tebar komentar di dofollow blogs untuk mengimbangi outgoing links dari komentar di blog kita.

    Kombor.com saat ini situasinya outgoing links > incoming links. Makanya PR turun terus. Namun, Kang Kombor belum akan kembali ke nofollow. Biarin aja.

    BalasHapus
  5. Lah, sudah terlanjur dibikin jadi dofollow terus balikin ke nofollow gimana cara nya Bang?

    BalasHapus
  6. Duhhh...aku kok gak dong ya. Yang penting pr saya naik dari 1 menjadi 2, lumayan ada peningkatan, trus alexanya juga semakin meningkat saja.

    Btw, buat kang kombor, selamat mudik di Sleman, ditunggu kopdarnya. Saya juga ada di Sleman.

    BalasHapus
  7. [...] Alhamdulilah, pr saya naik dari 1 menjadi 2. Lumayan. Namun, ditengah kenaikan pr saya, ternyata pr kombor turun dari 4 menjadi 2. Berari pr saya sekarang sama dengan kombor. He2x. [...]

    BalasHapus
  8. pertama, saya mau mengucapkan syukur alhamdulillah karena kang kombor dan keluarga tiba di sleman dengan selamat.
    kedua, mau mengucapkan selamat hari raya iduk fitri, mohon maaf lahir dan batin atas semua kesalahan saya selama berinteraksi, baik di dunia masya maupun dunia nyata.
    ketiga, saya jadi bertanya-tanya juga nih, sedemikian bencinya google sama blog yang dofollow sehingga pr-nya langsung difonis sedrastis itu. jadi kepikiran juga, padahal blog saya baru saja saya dofollow-kan, tapi mungkin karena baru, blog saya masih bertengger di pr 4.

    BalasHapus
  9. bagus bngt situsnya.. btw met idul fitri ya om.. btw lagi, bagi yg terlalu sibuk aktivitasnya sampai2 gak ngikutin lagu2 yg enak, maka solusinya silakan masuk ke situs www.kumpulanlagu.co.cc.
    Di situs itu terdapat kumpulan lagu - lagu yg enak.. Jika berkenan silakan berkunjung ya, thx... ^^

    BalasHapus
  10. selamat mudik kang
    dan mohon maaf lahir batin

    BalasHapus
  11. Hmm..jadi bingung deh gimana google nentuin prnya..

    BalasHapus
  12. Jadi seharusnya kita akrab-in aja bot spyder itu, halah... :D
    Btw, Saya mengucapkan Selamat Idul Fitri bagi Bang Arif sekeluarga, semoga amal ibadah kita diterima dan dosa2 kita yg telah lampau diampuni oleh Alloh SWT, Amien....

    BalasHapus
  13. Ada dofollow blog yang melangkah maju dari PR 0 ke PR 5 tengok blog temen saya.. www.gareng.net saya ampe geleng2 kepala.. Speechless....

    BalasHapus
  14. Wah, mantap itu. Pasti backlinks-nya banyak.

    BalasHapus
  15. wah met lebaran dikampung yah...mav2 nieh..jangan lupa pulang bawa oleh2 yah...hehehe

    BalasHapus
  16. Met lebaran di kampung Kang, mohon maaf lahir dan batin

    BalasHapus
  17. emank kaciyan si laba2, kok gak untung2 ya en rugi2

    BalasHapus
  18. wah dari Jogja juga ya pak ... tahun ini saya juga nemenin istri ke jogja. Lebaran ke dua. Rumah di Jalan Raya Janti, Karang Jambe.. oh ya pak sekalian sayanya Mampir Silaturahmi untuk mengucapkan ...Minal Aidzin Wal Faidzin..Selamat Hari Raya Idul Fitri 1429H, Mohon Maaf Lahir dan Batin.

    BalasHapus
  19. Betul Kang..milikku juga di pukul ma google jadi 3, tapi ada keheranan pada blognya istriku..baru kubuat bulan puasa ini tidak ada isinya...di beri PR 2...

    BalasHapus
  20. Semoga semua yg pada mudik lebaran selamat sampai tujuan.

    BalasHapus
  21. Kang kombor, mau tanya donk soal Blackberry..
    Ga nyambung sih, tp krn ngepost pk blackberry pengen nanya:
    1. Blogging pk blackberry enak ga?
    2. Klo browsing, kenanya pk pulsa tambahan ato udah termasuk biaya berlangganan blakberry itu?
    3. Kelebihan lain blackberry terutama bwt blogger apa ya?

    Makasih kang kombor, kalau bisa dibalas yaaa.. makasih,.. :)

    BalasHapus
  22. mudik tetep ngeblog ya...kang? salam lebaran

    BalasHapus
  23. [...] Kombor mendapatkan pertanyaan dari Mbak Dita Nadia pada posting ini. Pertanyaan yang OOT sehingga Kang Kombor bukakan posting baru untuk [...]

    BalasHapus
  24. Wah sudah dijawab di posting berikutnya tuh

    BalasHapus
  25. Coba tengok http://eddie.web.id itu blog teman saya. Lagi under construction aja dapet PR 3. Google sungguh aneh

    BalasHapus
  26. sama kang.. blog saya juga ditampar jadi 0 tapi sekarang udah naek ke 2 lagi, mungkin dofollow ikut berperan di sini ya?

    BalasHapus
  27. Kang Kombor, saya ikutan prihatin nih karena banyak dari kawan2 blogger yang downgrade. Memang sih kalau saya dengar bahwa Google tidak terlalu suka dengan do follow. Tapi untuk saya pribadi paling tidak sampai dengan PR update yang akan datang blog saya masih akan tetap do follow. Tentang kondisi dimana kita tidak bisa blogwalking saya rasa sama dengan saya.

    BalasHapus
  28. Saya juga tetap akan pasang dofollow kok, Pak Jimmy. Entah sampai kapan. Mungkin sampai saat PR jatuh ke titik nadhir, hehehe...

    BalasHapus
  29. 'Met lebaran, kang...
    aku malah bingung, post ku yg pake dofollow dan paling most commented, malah dapat PR=2. Gimana itu,kang..?

    BalasHapus
  30. jadi link komentar blog yang dofollow bakal ketauan ya?? percuma dong.. tp aku lihat ada blog luar yg dofollow pr-nya 7 tuh mas..

    BalasHapus
  31. saja juga pake dofollow kang dan sampe sekarang gak pernah naek PRnya tetep PR1, kang met idul fitri ya :)

    BalasHapus
  32. ngasih tautan dan nyebarin link biar pagerank ndak turun gitu ya

    BalasHapus
  33. thanks kang sharingnya
    kebetulan saya lagi cari info ttg dofollow and nofollow blog

    BalasHapus
  34. Jadi gitu to.
    huhuu..laba-laba google ngambek nih.

    BalasHapus
  35. kalo buat web iklan gimana mas, kan banyak link keluar didalemnya, ngaruh ndak ? apa cuman yang do follow aja?

    BalasHapus
  36. wah baru nyadar kalo dofollow bisa bikin laba2 ngambek kecapekan :D

    BalasHapus
  37. ooo gitu toh mas...tapi saya kok tambah bingung mas yach. bagaimana sih sebenranya cara kerga mbah google? apa banyak komentar itu bagus ..?

    BalasHapus
  38. mas bagaimana kalau kita ngasih comment di blog yang gak ada hungannya dengan blog kita?

    BalasHapus

Posting Komentar