Google AdSense Diintegrasikan Dengan Google Analytics

Mungkin sudah pada baca. Mungkin sudah pada denger. Biarin aja. Yang penting Kang Kombor tulis lagi mengenai hal ini. Itung-itung buat menambahkan informasi ini dengan versi komboriyah.

Kang Kombor mengetahui informasi ini dari blog Google AdSense yang memberitakan informasi integrasi kedua layanan Google tersebut melalui posting berjudul kencan dengan data di Google Analytics, eh make a date with data in Google Analytics.

AdSense bilang bahwa dengan mengintegrasikan akun AdSense dengan sebuah akun Google Analytics (baru atau yang sudah ada) maka kita dapat mengakses laporan mendalam mengenai aktivitas user di website kita. Sebagai tambahan atas metrik pengukuran yang sudah tersedia di Analytics seperti unique visitor dan unique language, kita juga akan dapat mengakses laporan granular yang mem-breakdown kinerja AdSense baik melalui halaman atau situs perujuk (referring site). Dengan dilengkapi amunisi berupa data mengenai perilaku user, akan memungkinkan kita untuk membuat keputusan yang lebih baik mengenai cara untuk meningkatkan user experience di situs kita dan melakukan optimasi AdSense unit untuk meningkatkan potensi penghasilan kita.

Bagaimana cara mengintegrasikan?


AdSense akan secara bertahap menggilir undangan untuk mengintegrasikan akun AdSense dan Analytics kepada para penerbit AdSense. Kita akan dapat melihat link undangan pada bagian atas halaman Overview atau Advanced Report apabila integrasi tersebut sudah di-enabled pada akun kita.


Di dasbor Kang Kombor sendiri belum ada. Akan tetapi, Kang Kombor sendiri berpendapat integrasi layanan ini akan sangat bermanfaat bagi para penerbit AdSense. Kita akan dapat menggunakan data yang terintegrasi. Apabila saat ini data dari kedua layanan masih berdiri sendiri-sendiri sehingga kita harus melakukan interpretasi sendiri. Dengan terintegrasinya data, analisis mengenai perilaku user di website kita tentu akan lebih mudah dan lebih mendekati akurat.

Great job, Google!

Komentar

  1. Boleh nih.., nice info mas.., anyway.., thx buat linknya.. :D

    BalasHapus
  2. hmmm info baru yah makasih infonya kang :)

    BalasHapus
  3. wah google makin memanjakan publishernya.. keren!

    BalasHapus
  4. ide yang bagus tuh, sayang saya belum dapat undangannya.

    BalasHapus
  5. wah info yang bagus nih mas thank's ya

    BalasHapus
  6. Lha? Berarti masih hanya orang-orang terpilih aja yang dapat menggunakannya? :(

    BalasHapus
  7. Kang kombor memang Guru Adsense saya, dan selalu rajin menulis.
    Apa nanti kalau udah jadi DPR masih ingat sama kita kita ini. Tolong....

    BalasHapus
  8. wih mantep tenan ,.. thx inponya kang :D

    BalasHapus
  9. ilmu2 yg ginian yg paling gw demenin, bisa langsvng di kerjakan. tq mas

    BalasHapus
  10. hebat, kesenangannya berbagi ilmu saya salut Kang :)
    berbagi memang membuat kita Bahagia...
    berbagi pengetahuan mengenai adsense itu sangat berguna bagi banyak blogger yang sedang belajar mengoptimalkan pendapatan melalui adsense...

    Ilmu2 yang praktis dan tips2 berguna seperti ini akan membantu mengupgrade pengetahuan para blogger...
    Selalu berbagi Kang... Selamat berjuang ;)

    BalasHapus
  11. Wadoh ketinggalan jaman aku. Soalnya belum jadi publisher adsense. Kang kombor emang yahud, rajin menabung, suka membantu orangtua, kayak saya :mrgreen:

    BalasHapus
  12. Saya belum begitu ngeh yg kaya beginian, Kang. Sampe sekarang amsih usaha ningkatin earning yg mentok terus di angka $20 dolar. Padahal dah hampir setahun lho.... :(

    BalasHapus
  13. Google analytik nya harus beli atau ada versi gratisannya Kang?

    BalasHapus
  14. Google Analytics gratis.

    BalasHapus
  15. Wah baru ngerti lihat artikelnya kang kombor....tq banget kang..kapan dapat giliran undagan ya ...ck..ckk.ck

    BalasHapus
  16. wahhh kang kombor emang edun lah alias hebattt...

    BalasHapus
  17. sip infonya kang..langsung ke TPK aja.

    BalasHapus
  18. kang,kalau memang google analytics gratis,maksudnya pernyataan di bawah ini (di bagian definisi account) apa ya ?


    PERSYARATAN LAYANAN GOOGLE ANALYTICS

    Berikut adalah persyaratan dan ketentuan untuk menggunakan layanan Google Analytics yang dijelaskan dalam dokumen ini ("Layanan") antara Google Inc. dan Anda (baik secara perorangan maupun badan hukum yang Anda wakili sebagai karyawan atau agen resmi) ("Anda"). Baca dengan cermat. DENGAN MENGKLIK TOMBOL "SAYA SETUJU", MENYELESAIKAN PROSES PENDAFTARAN DAN/ATAU MENGGUNAKAN LAYANAN, ANDA MENYATAKAN BAHWA ANDA MEMENUHI SYARAT UNTUK MENDAPATKAN ACCOUNT DAN ANDA SETUJU UNTUK TERIKAT OLEH SEMUA PERSYARATAN DAN KETENTUAN DALAM LAYANAN INI ("PERJANJIAN"). Layanan yang ditawarkan kepada Anda berdasarkan persetujuan Anda, tanpa memodifikasi persyaratan, ketentuan, dan pemberitahuan yang terdapat dalam dokumen ini.

    1. DEFINISI

    "Account" adalah account penagihan untuk Layanan. Semua Tampilan Halaman Profil yang terhubung dengan satu Situs akan dikumpulkan sebelum menentukan tagihan Layanan untuk situs tersebut.

    BalasHapus
  19. [...] Kombor pernah menyampaikan bahwa Google AdSense diintegrasikan dengan Google Analytics. Pada saat itu, hanya penerbit AdSense tertentu saja yang akan diundang untuk menjajal layanan [...]

    BalasHapus

Posting Komentar