Membuat Email Domain Sendiri Sangat Mudah

Membuat email domain sendiri atau email google dengan domain sendiri sangatlah mudah. Yang kita perlukan hanyalah memiliki domain yang akan kita pergunakan untuk membuat email domain sendiri kemudian mendaftar untuk mendapatkan Google Apps acount.

Paket Google Apps yang gratis adalah paket standard. Dengan paket ini kita akan mendapatkan 25 Account email dengan kapasitas mailbox yang sama dengan Gmail. Selain itu, kita juga akan mendapatkan layanan Google Docs, Google Calendar dan Google Sites.

Google Apps memungkinkan semua pengguna dalam satu domain untuk melakukan kolaborasi dan saling berbagi layaknya berada dalam sebuah virtual private network. Hal tersebut tentu dapat meningkatkan produktivitas seluruh organisasi karena kolaborasi dapat dilakukan secara daring (online).

Email domain sendiri dari Google dapat diakses melalui web atau pun didownload menggunakan email client seperti MS Outlook, Outlook Express, Thunderbird, Opera, dan lain-lain, melalui POP3 maupun IMAP. Layanan yang tidak diberikan oleh Yahoo!Mail.

Cara membuat email domain sendiri dengan Google Apps sangatlah mudah. Pada saat mendaftar ke Google Apps kita diminta untuk melakukan verifikasi kepemilikan domain. Setelah berhasil, maka kita akan diarahkan ke dasbor Google Apps untuk domain tersebut. Di sana, kita dapat mengaktifkan layanan email. Agar email dapat diarahkan ke Google Apps, kita perlu mengarahkan MX records domain ke Google. Petunjuk praktis untuk membuat email domain sendiri dari Google Apps sudah disediakan dalam Tutorial membuat email domain sendiri dari Google Apps, silakan didownload apabila diperlukan.

Komentar

  1. info yang menarik untuk dicoba, selamat pagi

    BalasHapus
  2. benar pak, sangat mudah kok. saya pun menggunakan email dengan domain sendiri dengan google aps.. :)

    BalasHapus
  3. kang say amasih bingung nih

    verifikasinya kan upload file atau setting domain, nah kalau saya kan pakai blogger juga seperti akang, kan gak bisa?

    kan ada 1 cara lagi, setting domain, nah kalau beli domainnya di indonesia bisa di setting gitu ga kang?

    BalasHapus
  4. Aku dah bikin kang, bisa kirim tapi ga bisa terima, ada solusi kang , oya , pakai domain nya. Co.cc

    BalasHapus
  5. wah...domainku mbelinya dari dalam negeri. jadi kayanya ndak bisa deh. wong mau di arahin ke blogger aja ndak bisa...

    BalasHapus
  6. yup. hampir semua e-mail untuk domain yang saya miliki, pake google apps. pernah juga coba layanan sejenis dari live.com, ternyata gak senyaman google apps.

    BalasHapus

Posting Komentar