10 Pertandingan Piala Dunia dengan Skor Terbesar

Piala Dunia 2010 baru saja usai. Spanyol akhirnya menjadi juara dunia setelah mengalahkan Belanda 1 – 0 pada pertandingan final yang melalui perpanjangan waktu 2 kali 15 menit. Pendukung Spanyol tentu masih dalam suasana pesta kemenangan.

Silakan! Silakan berpesta. Namun, sambil berpesta, simaklah informasi mengenai 10 pertandingan piala dunia dengan skor terbesar.

#1 Hungaria 10 – 1 El Salvador Tahun 1982

El Salvador menjadi negara Amerika Tengah pertama yang lolos ke Piala Dunia dua kali ketika mereka berhasil sampai ke Spanyol pada tahun 1982. Di babak penyisihan grup, La Selecta kehilangan seluruh tiga pertandingan, dan mendapat selisih gol terbesar Piala Dunia yang pernah terjadi ketika mereka dibantai 10-1 oleh Hungaria di Elche.

Laszlo Kiss mengantongi hat-trick, sementara Tibor Nyilasi, Gabor Poloskei, Laszlo Fazekas (2), Jozsef Toth, dan Lazar Szentes menyelesaikan pertandingan tersebut. Hungaria yang luar biasa gagal lolos dari penyisihan grup tahap pertama, karena mereka kemudian kalah dari Argentina dengan Diego Maradona dan seri dengan Belgia.



#2 Hungaria 9 – 0 Korea Selatan Tahun 1954

Pertandingan itu adalah pertandingan pertama Korea Selatan di final Piala Dunia dan medan itu adalah lautan api karena Korea Selatan harus menghadapi tim legendaris Magyar Magical di Zurich. Pencetak gol Hungaria adalah Ferenc Puskás (2), Sandor Kocsis (3), Zoltán Czibor, serta Peter Palotas (2) dan Lantos Mihaly.

 

#3 Yugoslavia 9 – 0 Zaire Tahun 1974

Yugoslavia menghasilkan beberapa pemain yang menarik di akhir 1960-an dan awal 1970-an, tidak lebih dari pemain sayap legendaris Dragan Dzajic yang berada di scoresheet bersama dengan Dusan Bajevic (3), Ivica Surjak, Josip Katalinski, Vladislav Bogicevic, Branko Oblak, dan Ilija Petković ketika The Blues itu membantai Zaire 9-0 di Grup 2.



#4 Swedia 8 – 0 Kuba Tahun 1938

Kuba hanya memiliki kualifikasi untuk Piala Dunia kali dalam sejarah mereka - yaitu 1938. Di Perancis, negara Karibia itu mengalahkan Rumania pada pertandingan ulangan di babak pertama sebelum dihancurkan 8-0 oleh Swedia di babak perempat final. Tore Keller dan Gustav Wetterstrom baik membantu diri mereka untuk hat-trik, dengan Arne Nyberg dan Harry Andersson penilaian yang lain.



#5 Uruguay 8 – 0 Bolivia Tahun 1950

Uruguay menghasilkan salah satu kejutan terbesar dalam sejarah sepak bola pada tahun 1950 saat mereka memenangkan Piala Dunia melalui kemenangan akhir yang menakjubkan atas tim merah favorit dan tuan rumah Brasil. Kebanyakan orang lupa, bahwa juara tahun 1930 itu membuat pasukan yang luar biasa dengan legenda seperti Juan Alberto Schiaffino. Bintang masa depan Milan mencetak dua gol hanya dalam permainan mereka Grup 4 sebagai sesama Amerika Selatan Bolivia dipermalukan. Oscar Miguez (3), Ernesto Vidal, Julio Perez dan Alcides Ghiggia dipecat rumah yang lain.



#6 Jerman 8 – 0 Arab Saudi Tahun 2002

Jerman mengejutkan berhasil sampai ke final Piala Dunia 2002 di Korea Selatan / Jepang meskipun dengan tim yang sangat sederhana. Dalam pertandingan perdana mereka melawan Arab Saudi Die Mannschaft meluluhlantakkan lawan mereka 8-0 di Sapporo Dome.

Miroslav Klose mencetak hattrick, dengan lima gol lainnya dibagi bersama antara Michael Ballack, Carsten Jancker, Thomas Linke, Oliver Bierhoff dan Bernd Schneider.



#7 Turki 7 – 0 Korea Selatan Tahun 1954

Penampilan pertama Korea Selatan di Piala Dunia pada tahun 1954 adalah merupakan nestapa karena mereka kehilangan dua permainan, tidak mencetak gol dan kebobolan 16 angka kekalahan. Ini termasuk penyerahan 7-0 di tangan Turki, lewat gol Burhan Sargun (3), Suat Mamat (2), Erol Keskin dan nama yang sulit untuk dilafalkan Lefter Küçükandonyadis.



#8 Uruguay 7 – 0 Skotlandia Tahun 1954

Pemegang kemenangan 8-0 atas Bolivia pada 1950, uruguay, melanjutkan dengan skor besar lagi empat tahun kemudian di Swiss. Skotlandia yang menjadi lawan kali ini di pertandingan kedua Grup 3 di Stadion St Jakob di Basel. Miguez (2), Carlos Borges (3) dan Julio Abbadie (2) adalah pencetak gol Uruguay yang kemudian maju ke semi final di mana mereka kalah 4-2 dari Hungaria setelah perpanjangan waktu.



#9 Polandia 7 – 0 Haiti Tahun 1974

Polandia memiliki pengalaman Piala Dunia 1974 yang fantastis, mengalahkankan Inggris di kualifikasi sebelum menggila sampai ke tempat ketiga dengan mengalahkan tim tangguh seperti Argentina, Italia dan Brasil. Pada tahap penyisihan grup pertama mereka juga memukul Haiti 7-0 berkat gol dari legenda Grzegorz Lato (2), Kazimierz Deyna, Andrzej Szarmach (3), serta Jerzy Gorgon.



#10 Portugal 7 – 0 Korea Utara Tahun 2010

Setelah seri pada pertandingan pertama Grup G 0-0 melawan Pantai Gading, Portugal meninggalkan jejak mereka di Afrika Selatan tahun 2010 dengan menang besar 7-0 dari Korea Utara di Cape Town. Raul Meireles, Simao, Hugo Almeida, Tiago Mendes (2), Liedson dan Cristiano Ronaldo menciptakan gol untuk Portugal tetapi lupa memesan tempat mereka untuk pertandingan 16 besar.

Komentar

Posting Komentar