Pak Irwan Karamba

Nama panjangnya Kang Kombor tidak tahu. Kang Kombor menyimpan nomor hp Pak Irwan dengan Irwan Karamba. Sebabnya adalah Pak Irwan membudidayakan ikan air tawar dengan karamba jaring apun di "danau" bekas galian pasir di Desa Ciakar, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang.

Pak Irwan ini lulusan Perikanan sehingga ia ahli dalam budidaya ikan air tawar. Pernah karamba jaring apungnya ditanami ikan patin. Akan tetapi, saat ini Pak Irwan sedang tidak membudidayakan ikan patin melainkan lele dan gurami. Khusus lele, Pak Irwan melakukan pembenihan sekaligus pembesaran. Sekeliling rumahnya penuh dengan kolam terpal untuk pembenihan lele dan kolam gali untuk pembesaran lele dan gurame.

Hari Sabtu (20/11/2010) Kang Kombor dan Andi Sakab berkunjung ke tempat Pak Irwan. Rencananya kami berdua ingin survei lokasi guna kuliah kewirausahaan Bunda Sulis (penulis Bunda Luar Biasa, 101 Ide Bisnis di Rumah Tanpa Kantor untuk Wanita, pemilik waralaba Lucky Crepes dan Ulir Kriuk) kepada KBBC. Eh, ternyata saung di pinggir danau sudah dibongkar oleh Pak Irwan karena sering disalahgunakan orang untuk berkhalwat. Jadinya, Kang Kombor dan Andi Sakab justru memohon kesediaan Pak Irwan untuk membagi ilmu soal budidaya lele kepada anggota KBBC karena ada anggota KBBC yang sangat berminat untuk belajar budidaya lele. Alhamdulillah Pak Irwan tidak keberatan.

Pak Irwan tidak pelit untuk berbagi pengetahuan dan keterampilan budidaya lele karena permintaan lele sangat jauh lebih besar daripada pasokan yang berhasil disediakan peternak lele. Permintaan yang sangat banyak itu pun selalu meningkat. Rejeki dari lele ibaratnya tidak akan habis walaupun yang membudidayakan lele bertambah banyak. Mantap sekali. Salut untuk Pak Irwan.

Untuk lokasi kuliah kewirausahaan, Andi Sakab akan menyurvey lokasi outbound di komplek Diklat Pemda di Curug. Alternatifnya, bisa di sekolah alam di Mekar Bakti atau di rumah Bunda Sulis sendiri.

Komentar

  1. TOKO ABADY CELL discount 50%
    BLACKBERRY LAPTOP DN LAIN2
    INFO Hub/SMS 085333333492
    Atau kunjungi situs kami
    www.abady-cell.blogspot.com

    BalasHapus

Posting Komentar