2011 ini Rambutan Berbuah

Tahun lalu sebagian besar pohon rambutan di wilayah Pulau Jawa tidak berbuah. Kang Kombor yang saat itu masih di Tangerang melihat banyak pohon rambutan di kampung-kampung sekitar tempat tinggal Kang Kombor tidak berbuah pada musimnya. Apabila kita mau mengamati, pohon rambutan mulai berbunga pada akhir musim kemarau. Buah rambutan matang pada musim penghujan. Biasanya bulan November sudah mulai ada rambutan yang matang. Bulan Desember, Januari dan Februari juga masih ada rambutan yang baru matang.

Pohon Rambutan Berbunga
Nah, apabila Kawan-Kawan semua ingat, pada 2010 yang lalu tidak ada musim kemarau di Pulau Jawa dan mungkin juga di seluruh Indonesia. Akibatnya, pohon rambutan tidak berbunga. Pohon-pohon rambutan hanya memproduksi daun saja sepanjang tahun dan tidak menghasilkan bunga yang merupakan bakalan buah rambutan.

Kita wajib bergembira karena mulai pertengahan Agustus 2011 yang lalu pohon-pohon rambutan sudah mulai berbunga. Pohon rambutan di pekarangan rumah Kang Kombor pun demikian. Pohon rambutan di pekarangan rumah Kang Kombor selalu berbunga lebih lambat daripada pohon-pohon rambutan yang lain. Apabila bulan Januari atau Februari sudah banyak pohon rambutan yang habis buahnya karena dipanen, pohon rambutan di pekarangan rumah Kang Kombor sampai bulan Maret setiap tahunnya masih ada buah yang belum dipetik.

Apakah pohon rambutan di pekarangan Kawan-Kawan sudah berbunga saat ini?

Komentar

  1. bener banget tw tahun kemarin phn rambutan ga ada yang berbuah tapi tahun ni dan bulan ini udah mulai berbuah meskipun baru pada kecil2

    BalasHapus
  2. @Rumah Dijual: Puji syukur kepada Yang Maha Kuasa

    @Marsudiyanto: Matursuwun, Pak Dhae. Njenengan panen apa?

    BalasHapus

Posting Komentar