Komunitas Blogger Jogja

Dulu. Dulu sekali. Di Jogja ada dua komunitas yang Kang Kombor ketahui keberadaannya, yaitu Angkringan dan Cahandong. Dengan Angkringan, Kang Kombor belum pernah berinteraksi. Dengan Cahandong, Kang Kombor pernah kopdar di Kafe Djambur. Website Angkringan update terakhir saat Kang Kombor nulis ini adalah 15 September 2011 dengan kiriman berjudul Kapok Lombok Riyayan Nyang Jogja. Cahandong lebih parah lagi, kiriman terakhir berjudul Mbak Susan Kembali Beraksi tertanggal 28 Oktober 2010. Artinya, website Cahandong sudah tidak dielus-elus lebih dari setahun. Merana sekali website Cahandong. Untung saat ini ada Komunitas Blogger Jogja yang websitenya masih updated.

Well, mudah-mudahan bukan karena Komunitas Blogger Jogja itu masih baru.

"Kok bisa begitu, Kang?"
KBJ resmi didirikan pada 25 Juni 2011. Saat ini umurnya baru menginjak 4 bulan. Masih kinyis-kinyis. Anggota tentu masih pada semangat. Mudah-mudahan semangat itu dapat terus terjaga.

Kang Kombor tidak sombong. Komunitas Bloger Benteng Cisadane (KBBC) atau Komunitas Bloger Tangerang yang berdiri pada 2 Maret 2008 sampai saat ini masih aktif dielus-elus websitenya. Bukan sombong pula apabila sejak 6 April 2008, KBBC sudah melaksanakan donor darah rutin. Kegiatan donor darah rutin KBBC itu telah diadakan sebelum ada Blood4Life Indonesia baik yang di wordpress maupun web.id. Bloodforlife dimulai blognya per 22 Maret 2009 sedangkan blood4life.web.id diakuisisi domainnya per 23 maret 2010. Sampai saat ini, kegiatan donor darah rutin KBBC masih berlangsung. Donor darah terakhir KBBC pada saat kiriman ini Kang Kombor tulis adalah Donor Darah ke-13 pada 30 Oktober 2011.

Kegiatan donor darah KBBC itu Kang Kombor yang mengusulkan pada awalnya. Alasan Kang Kombor mengusulkan kegiatan itu adalah agar blogger dekat dengan kegiatan kemanusiaan, tidak hanya kenal dunia internet atau kopdar di mal-mal dengan acara makan dan makan selain, tentunya, kegiatan pelatihan blog. Alhamdulillah kawan-kawan pendiri KBBC saat itu menyetujui KBBC memiliki agenda rutin donor darah.

Karena sejak 27 Juni 2011 Kang Kombor sudah pindah dari Kabupaten Tangerang ke Kabupaten Sleman, Kang Kombor mencari komunitas blogger yang ada di sekitar DIY. Dedengkot Cahandong sudah beberapa yang hijrah ke Jakarta. Websitenya pun sudah lebih dari setahun tidak tersentuh. Kang Kombor tentu mencoba mencari yang lain. Alhamdulillaah ketemu KBJ. Kang Kombor tentu saja harus bergabung.

Jujur saja, selain dengan kawan-kawan Cahandong, Kang Kombor belum pernah bertemu dengan para anggota KBJ. Akan tetapi, Kang Kombor sedikit lega karena paling tidak ada nama yang tidak asing lagi bagi Kang Kombor, yaitu Suryaden yang mbahurekso JogloAbang. Di sana nampaknya ada juga Maztrie yang namanya juga sudah lama Kang Kombor kenal walaupun sepertinya Kang Kombor juga belum pernah bertemu. Eh, tapi Kang Kombor yakin kok bahwa blogger di mana-mana cepat akrab. Kang Kombor membuktikan hal itu beberapa kali dalam kegiatan kopdar dengan banyak blogger. Dus, Kang Kombor tidak akan merasa asing di DIY ini karena ada KBJ. Bodo amat ya, mereka kan blogger juga seperti Kang Kombor, hahaha...

Kang Kombor berharap KBJ bisa terus eksis dan menjadi wadah bagi para blogger di DIY. Jangan sampai kalah dari Pendekar Tidar yang diawaki Sang Nanang. Kang Kombor tidak muluk-muluk bicara Asean Blogger daripada nanti Kang Kombor bingung kalau mau kopdar ke negara jiran. Poya muthe nuthig.

Eh, Kang Kombor tidak #antiaseanblogger ya? Gara-gara nulis kalimat di atas itu nanti Kang Kombor dikira anti... Gawat.

Komentar

  1. Sleman tinggal di mana Kang Kombor? siapa tahu deket sama saya

    BalasHapus
  2. Kang, tadi saya nulis mau ajak buka bersama KBJ yang puasa, ternyata jarang yang puasa jadinya malah ngobrol dengan 3 member yang tidak puasa

    BalasHapus
  3. @akhnurhadi: Njenengan di Pakem. Saya di Medari.

    @Ami: Kopdar enaknya memang pas nggak puasa, Mbak. Hihihi...

    BalasHapus
  4. Aku nek mulih gabung sama KBBC, ah. Lho hehehe

    Salam kenal, Kang :)

    BalasHapus
  5. Saya juga member baru KBJ Kang...
    Saya juga tinggal di Sleman... :D
    Tepatnya di Condong Catur. Kang Kombor tinggal Sleman dimana?

    #Salam kenal dan jgn sungkan untuk kunjungan balik ya Kang :)

    BalasHapus
  6. @anazkia:
    monggo silakan gabung kbbc. bentengers pada oke kok.

    Salam kenal kembali.

    @Miftahur:
    Aku di Medari, Mas.

    BalasHapus
  7. haiyah...
    bul dijournal nangkene ta kangg.... hihiii....

    sip sip, nuwun kang...
    Mangap ku nangkene malah jarang join KBBC yaa, abis Cikupa ki aduwoh jee, dadine merapate karo kanca2 MPID. Eh tapi waktu tahun lalu acara PB nang Kuningan tak sempetin nongkrong n tuku souvenire owkk....

    Eh iya, ngomongke pendekartidar kok aku njuk dadi kelingan si Emi yaaa, kelingan kang Denden-Dobelden juga...

    Ah satu saat pasti kita bisa ngumpul2 lagi wis kang, mari bersinergi... #halah :P

    BalasHapus
  8. http://www.xxxdna.blogspot.com
    http://www.xtoyol.blogspot.com
    http://www.xhijau.blogspot.com
    https://www.youtube.com/channel/UCsWKl4Q1ZhfDLYMv3SRs6jQ
    https://www.youtube.com/channel/UCusvElQcTWQISHn7SKOGBTg
    https://www.youtube.com/channel/UCP3vNez-M0zc523GkPCdAlw

    kami cuma hanya sekedar bertanya saja tidak ada maksud apapun yang bisa merugikan fihak penulis penerbit pengiklan ,kami mendapat hasil lelang website yang terbengkalai tidak terawat sehingga berpotensi terkena karat virus hilang dari peredaran oleh sebab itu sebaiknya website semacam ini perlu ditangani oleh yang ahli bagaimana cara mendidik membesarkan meningkatkan potensi website ini

    BalasHapus

Posting Komentar