Algoritma Google Akan Berubah Lagi dengan Penerapan Teknologi Pencarian Semantik

google

Dalam beberapa bulan ke depan, hasil pencarian Google akan kembali berubah. Google sedang mengembangkan algoritma pencarian yang baru yang oleh Google disebut teknologi pencarian semantik.

Selama ini kita melihat hasil pencarian Google berupa pranala (taut) ke halaman-halaman yang mengandung kata kunci yang dicari. Pengurutan hasil pencarian itu, dilakukan oleh Google berdasarkan perankingan yang dilakukan oleh raja mesin pencari itu, atau dengan apa yang selama ini dikenal sebagai pagerank.

Ke depan, Google akan memberikan hasil pencarian yang lebih berarti. Pada 2010, Google telah membeli Freebase, sebuah perusahaan basis pengetahuan (knowledge base) yang memiliki konten kanonikal sebanyak 12 juta isian. Google melihat angka 12 juta itu lumayan dan setelah membeli Freebase, Google membuat lebih banyak lagi konten kanonikal. Konten-konten itu dikumpulkan dalam Google Knowledge Graph.

Selama ini Google diejek oleh Bing sebagai mesin pencari yang memberikan hasil pencarian yang tidak berarti (meaningless). Ternyata Google diam-diam bekerja untuk memperbaiki hasil pencariannya dengan teknologi pencarian semantik. Nantinya, Google akan memberikan hasil pencarian berupa konten yang berisi hal-hal yang diketahui oleh Google tentang sesuatu hal. Misalnya, saat ini yang sudah muncul adalah apabila kita mengetik kata monet di Google.com, di bagian bawah halaman akan muncul “Artwork search for monet”. Hal itu menandakan bahwa Google sekarang sudah paham bahwa Monet adalah seorang pelukis dan memberikan hasil berupa lukisan-lukisan hasil karya Monet yang diketahui oleh Google.

monet

Yang sampai saat ini belum diketahui apakah hasil pencarian Google dengan teknologi pencarian semantik itu akan menempatkan hasil pencarian berdasarkan “apa yang diketahui oleh Google” itu di bagian atas hasil pencarian atau di bagian bawah dan apakah hasil pencarian seperti yang selama ini kita kenal, yaitu berupa pranala indeks ke konten-konten yang mengandung kata kunci yang dicari akan dihilangkan atau tidak. Perubahan hasil pencarian Google itu tentunya akan mempengaruhi pula teknik-teknik SEO yang dipraktekkan oleh para pemangku kepentingan SEO. Google Panda dan lokalisasi hasil pencaran saja sudah cukup membuat repot, apalagi nanti apabila teknologi pencarian semantik itu sudah diberlakukan.

Hehehe, repot untuk penembak kata kunci sih. Untuk si pencari sendiri, tentu hasil pencarian yang berarti dan bermanfaat akan lebih baik buat dia daripada seperti saat ini di mana banyak sampah di hasil pencarian Google. Hasil pencarian yang tidak berarti banyak berada di urutan atas dan di halaman pertama sedangkan konten yang lebih bermakna indeksnya tenggelam di halaman-halaman dalam SERP.

Kalau mau membaca soal ini lebih banyak, silakan ke Google Search: Change is Coming.

Komentar

  1. wah, kalau begitu kita tunggu nanti kabar baik nya ya kang, semoga saja sampahnya nanti bisa dibersihkan, hehey :p

    BalasHapus
  2. Semantik apaan si? Sering denger tapi ga paham.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semantik itu bagian dari ilmu bahasa (linguistik) yang mempelajari arti/makna kata.

      pencarian semantik, menurut pemahaman saya, adalah pencarian yang memberikan hasil berupa pengertian atau makna atas kata yang dicari.

      untuk web semantik, lain lagi, bisa dibaca di http://id.wikipedia.org/wiki/Web_semantik

      Hapus
  3. Bener banget om, sekarang banyak banget situs yang berada diposisi atas SERP tapi bukan karya orisinil dan kurang mengena isinya dengan apa yang kita cari... semoga akan lebih baik lagi google ke depannya.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga, bos. semoga google bisa memberikan hasil pencarian yang sesuai dengan yang kita inginkan.

      Hapus
  4. Dapat ilmu baru lagi di sini sahabat...Pakai ini jadi tambah sulit kalau cari keyword ya sob...?

    Oh ya mau tanya di fungsi script yang di bawah meta tag ini --- meta content='text/html; charset=UTF-8' http-equiv='Content-Type'/ --- buat apa ya sob....Sepertinya banyak teman blogger yang memakai,tetapi pas saya copy masukkan ke template kok tidak bisa yah...
    Mohon pencerahannya.Terima kasih sebelumnya dan maaf tidak nyambung sama postingannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama, bos.

      meta tag itu kalau tidak salah menjelaskan mengenai encoding dari teks yang ada di blog kita. kemungkinan itu sudah ada di dalam "all head contents" yang disediakan oleh blogger kalau di blogspot (cmiiw).

      Hapus
  5. kang saya lagi nunggu pencarian semantiknya kapan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan besar juli 2012 sudah akan diterapkan

      Hapus
  6. betewe.. kok iklan adsense 4 contentnya udah gak dinongolin lagi kang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kena banned. clickfraud katanyanya.

      ya udah diterima saja walaupun tidak pernah klik sendiri iklan yang muncul. kita nggak bisa protes kok.

      ini kali ketiga kena banned adsense.

      Hapus
  7. Wowww..
    cuma denger2 n belum membaca secara seksama, akhire dapet pencerahan disini...

    Yang jelas sebagai pengisi content kudu berbenah menentukan tehnik n langkah nih Kang... Ikuti terus ttg semantik ini yaa, trus ku nunggu pencerahan selanjutnya teteup dari panjeengan.
    hahaha..
    #ngareup

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang nanti jadi masalah itu kalau 'konten semantik' itu hanya didasarkan pada khazanah konten milik google, maz. kita kan jadi repot nanti.

      yang masih jadi pertanyaanku adalah apakah hasil pencarian seperti yang kita kenal selama ini, yaitu berupa indeks pranala akan dihapus atau tetap dimunculkan di bawah hasil pencarian semantik. harapanku sih masih dimunculkan.

      contohnya misalnya ada yang mencari 'gunung turgo'. apabila google sudah punya konten tentang gunung turgo, itu dimunculkan hasilnya di paling atas. di bawahnya adalah indeks pranala yang salah satunya menuju ke jurnalmu yang berisi perjalanan ke turgo. kalau hasil pencarian lama dihilangkan, bisa jadi google juga akan ditinggalkan orang. sedang bing saja, yang mengejek google juga masih menampilkan hasil pencarian berupa indeks pranala kok.

      Hapus
  8. wah.,. semantik itu blm banyak org yg tau nih.. dtunggu updatenya kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. web semantik itu web 3.0. saya pernah nulis juga di sini mengenai perbandingan beberapa situs berita online.

      Hapus
  9. semoga hasil pencarian google makin relevan, saya masih ingat keputus asaan saya ketika meminta bantuan google untuk mencari driver hardware, padahal driver itu jelas jelas ada di website official suatu pabriakan hardware :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mencari driver hardware sekarang memang harus jeli mengamati indeks hasil pencarian google. saya juga pernah mengalaminya. banyak muter-muter yang nggak karuan. banyak website yang hanya pasang kata kunci doang tanpa ada link donwloadnya.

      Hapus
  10. oalahh gt to kang.. aku malah lagi reti looh... soale indeks blog ku kok naik turun.. ternyata memang baru ada perubahan algoritma

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku malah nggak pernah ngecek indeks blogku. biarin aja, hehehe...

      Hapus
  11. Makin lama google makin tajam aja pencariannya.

    BalasHapus
  12. Semoga saja perubahan ini akan memberi dampak yang baik untuk blog kita, pengunjung akan lebih diarahkan pada keyword yang kita tembak
    nice share agan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau ke khazanah konten milik google sendiri bagaimana nanti?

      Hapus

Posting Komentar