Verifikasi Kata Komentar Blogspot Sama Sekali Tak Nyaman

spam

Jujur saja, Kang Kombor tidak nyaman dengan blog di blogspot yang menggunakan formulir komentar disematkan di bawah tulisan dengan verifikasi kata diaktifkan. Tidak nyaman sama sekali karena verifikasi kata itu baru muncul setelah pemberi komentar mengklik tombol submit atau kirim. Akibatnya, pemberi komentar harus menekan tombol submit atau kirim sebanyak dua kali.

Itu belum seberapa. Lebih rugi lagi apabila ada pemilik blogspot yang mengganti template blognya dengan template gratisan dan tidak memeriksa apakah formulir komentarnya ada fitur scroll (gulung) ke bawah pada iframe komentar atau tidak. Menghidupkan verifikasi kata pada template yang formulir komentarnya ditampilkan dengan iframe dan tidak ada fitur gulung bingkai ke bawah hanya membuat blog yang bersangkutan tidak dapat dikomentari karena setelah mengisi verifikasi kata tidak ada lagi tombol submit atau kirim komentar untuk diklik.

Sejujurnya, Blogger telah menyediakan fasilitas penyaring spam untuk dipergunakan. Kang Kombor mempercayakan pengamanan blog ini dari komentar spam pada penyaring spam yang diberikan oleh Blogger itu. Alhamdulillaah, selama ini penyaring spam itu cukup ampuh untuk menyaring spam.

Ada kalanya komentar bukan spam juga tersaring. Mungkin blognya dicurigai memiliki malware atau semata karena kesalahan penyaring spamnya. Kita harus sering-sering memeriksa isi spam pada tab Komentar. Siapa tahu ada komentar bukan spam yang muncul di sana.

Usul untuk blogpot yang mengaktifkan verifikasi kata:

  1. Apabila verifikasi kata diaktifkan, sebaiknya formulir komentar tidak usah disematkan di bawah tulisan. Kasihan pemberi komentar harus mengisi verifikasi kata setelah klik tombol kirim komentar dan mengklik tombol kirim komentar sekali lagi. Tempatkan diri Anda sebagai pemberi komentar apakah hal seperti itu nyaman atau tidak. Dengan formulir komentar yang dibuat sebagai jendela munculan (pop up), verifikasi kata langsung muncul pada formulir komentar sehingga cukup sekali klik tombol kirim komentar.
  2. Apabila menggunakan template gratis dari situs penyedia template, silakan periksa formulir komentar ada fitur gulung bingkainya ke bawah atau tidak. Template seperti itu biasanya menampilkan komentar di bawah tulisan dengan iframe. Apabila ada, verifikasi kata bisa diaktifkan tetapi sebaiknya tetap lihat usul No.1 di atas.
  3. Blog yang menerapkan moderasi komentar sebaiknya tidak usah mengaktifkan verifikasi kata karena setiap komentar yang masuk tetap akan Anda moderasi.

Kang Kombor menonaktifkan verifikasi kata pada formulir komentar di blog ini karena Kang Kombor ingin memberikan kenyamanan seluas-luasnya pada pembaca yang ingin berkomentar. Bagi Kang Kombor, kenyamanan pemberi komentar harus Kang Kombor nomor satukan karena yang bersangkutan telah bersedia meluangkan waktu untuk memberikan tanggapannya di blog Kang Kombor.

Komentar

  1. Sepertinya tulisan Kang Kombor kali ini mewakili suara hati saya juga. Sering saya dibuat bete karena verifikasi komentar muncul setelah klik publish, padahal efektifnya kan muncul bareng di bawah kotak komentar.

    Parah lagi seperti yg Kang Kombor tulis, ga ada scroll ke bawahnya. Jadi saya kudu mencet tombol 'tab' berulang-ulang agar kursor mendarat di verifikasi kata.

    Yah, semoga pihak blogspot mendengarnya ya Kang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang tidak ada scroll ke bawah itu biasanya pakai template dari situs penyedia template, Mas Dendy. Sayang sekali ada yang mau komentar tetapi gara-gara tombol kirim komentar tidak kelihatan jadi nggak bisa komentar.

      Sebaiknya blogger lebih menomorsatukan kenyamanan pemberi komentar daripada keamanan dari spam karena Blogger sudah memberi penyaring spam.

      Hapus
    2. Iya kang, setuju, saya juga pernah mengalami yang begini, jadinya batal komen. Blog saya sendiri yang pakai WP, komennya gampang aja masih sepi komen, apalagi yang kayak gini :)

      Hapus
  2. Fitur gulung otomatis itu apa, Kang?

    Hmmm, iya, saya juga tak berkenan kalau komentar ada verivikasi :( kesane gimana gitu... Apalagi yang jaringan lemot piye?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya, tool untuk menggulung halaman ke bawah untuk komentar yang ditampilkan pakai iframe. Contohnya di sidebar blog ini pada bagian Arsip.

      Itu dia, sebaiknya pemilik blog juga mempertimbangkan pemberi komentar yang memiliki bandwidth tidak bagus. Kasihan mereka apabila harus mengisi verifikasi kata setelah klik kirim komentar.

      Hapus
  3. wah kok sama ya om saya juga mikir gitu, kayaknya gak perlu ada verifikasi lagi soalnya penyaring spam di blogspot itu cukup ampuh (pengen posting udah keduluan wahahaha XD)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku sudah lama ingin menulis hal di atas karen banyak blog yang tidak bisa aku komentari gara-gara formulir komentarnya ditampilkan dengan iframe dan tidak ada fasilitas gulung ke bawah di bingkainya.

      Kamu masih bisa nulis dengan versimu kok, Ram. Pasti beda tulisan kita nanti.

      Hapus
  4. *sungkem sama kang kombor*

    sepakat banget kang, kurang nyaman dg verifikasi. apalagi sy seringan online via mobile, musti submit berkali-kali. belum lagi kalo salah input kode #haddeh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya rasa, saya menyampaikan suara hati banyak orang dengan menulis hal di atas ya?

      Hapus
  5. ups, untung udah gak pake lagi tuh code davinci nya etelah si akang ngomong kemaren kl gak, duuhhh .. bisa kena semrot kang kombor nih ... :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, iya. di stupidmonkey sudah nyaman komentarnya :D

      Hapus
    2. iya dong .. demi kenyamanan ya kan ... sambil ngopi lebih nyaman kang .. hehe :p

      Hapus
  6. Betul itu kang, saya paling males komentar kalo pake acara da vinci code seperti kata si stumon... :)

    Mending kalo gampang kebaca, kalo ga gampang kebaca, ampun dah...mesti melototin gitu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali. verifikasi kata di blogger sekarang semakin rumit saja sepertinya. jadi malas kalau disuruh mengisi.

      Hapus
  7. saya suka koment di blogspot tp pas di klik ga ke koment2 (-_-)
    di wordpress saya jg kadang2 ada koment yg menurut saya itu bukan spam tp masuknya ke spam

    BalasHapus
    Balasan
    1. filter spam kan buatan manusia jadi ada saja kekurangsempurnaannya, gam :)

      Hapus
  8. Saya juga suka heran pada cara verifikasi ini, emang blogspot gak punya ahli penangkal semacam askimet yg dipunyai wp? Tapi karena banyak teman2 blogger ngeblognya disana, yah, terpaksa dengan rajin mengisi verifikasi. Yang paling nyebelin kalau kebetulan dapat verifikasi yg susah dibaca..

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sudah tulis di atas mengenai penyaring spam. ini di bawah saya kutipkan lagi:

      "Sejujurnya, Blogger telah menyediakan fasilitas penyaring spam untuk dipergunakan. Kang Kombor mempercayakan pengamanan blog ini dari komentar spam pada penyaring spam yang diberikan oleh Blogger itu. Alhamdulillaah, selama ini penyaring spam itu cukup ampuh untuk menyaring spam."

      Blogger sudah menyediakan tapi pengguna Blogger saja yang tidak tahu atau tidak percaya pada penyaring spam itu.

      Hapus
  9. iya..
    bener ini..

    nyebelinnya kalo uda neken publish..
    tp komen kita gak muncul..

    hhuhhu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu biasanya dimoderasi kalau di blogspot. kalau di wordpress karena ketangkap aki si memet. di blog wordpress saya nggak pernah ngisi kombor.com untuk alamat web karena pasti akan ditangkap aki si memet. selalu pakai kombor.blogspot.com.

      Hapus
  10. langsung aja om... publik gtu punya w juga...

    BalasHapus
  11. marai males delok capcai ne kuwi loh kang...
    aku nek capcai ne angel biasane malah ra sido koment :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku sih tetep ngisi ning njontong nek njur bar kuwi ora ketemu tombol publish meneh. kapok komentar neng kana meneh.

      Hapus
  12. Aku juga luwih milih tak non aktifke.
    Soalnya aku sendiri juga gaks eneng nemuin verif :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama dong kita. memang capcainya itu menyebalkan jee...

      Hapus
  13. Iya nih, cm mau koment aja kok lama bngt...

    BalasHapus
  14. setuju kang, saya juga menonaktifkan semua fitur verifikasi kata di setiap blogku. jaya selalu #mdrcct

    BalasHapus
  15. hmmm iya itu bener banget... keren deh artikelnya ini sangat bermanfaat makasih kak ^^

    BalasHapus
  16. makasih gan buat infonya dan semoga bermanfaat

    BalasHapus
  17. keren bos buat infonya dan salam kenal

    BalasHapus
  18. ok mantap sob buat infonya dan salam sukses

    BalasHapus

Posting Komentar