PANDI yang Pandir

PANDI berhenti melayani pendaftaran nama domain .id

Pagi ini Kang Kombor kaget membaca sebuah surel di grup fb KBBC. Isinya adalah mengenai PANDI yang mulai 19 Oktober 2012 tidak lagi menerima pendaftaran nama domain dot id kecuali untuk go.id, mil.id dan net.id. Selanjutnya, pendaftaran nama domain dot id akan dilayani oleh 12 mitra PANDI yang menjadi registrar.

Kebijakan baru PANDI itu dapat dibaca di sini.

PANDI akan konsentrasi di bidang kebijakan sedangkan untuk fungsi pendaftaran diserahkan kepada mitra. Okelah, karena PANDI menginformasikan pada 15/10/12 bahwa 12 mitra PANDI sudah aktif, Kang Kombor cek ke halaman Registrar PANDI. Ternyata baru ada 9 mintra PANDI yang logonya ditampilkan di sana. Padahal, 15 Oktober 2012, PANDI menyatakan 12 mitra PANDI sudah aktif.

12 mitra pandi

Lihat saja pada gambar di atas yang Kang Kombor tangkap citranya per hari ini (2/11/12), sudah lewat setengah bulan sejak PANDI mengumumkan dihentikannya pendaftaran nama domain dot id kecuali 3 nama domain saja. Nyatanya, baru 9 mitra yang dicantumkan logonya di website PANDI.

pandi stop daftar domain

Pendaftaran registrar domain .id

Pada 1 Juni 2012, PANDI menginformasikan dibukanya pendaftaran registrar domain dot id. Sayang sekali Kang Kombor tidak pernah dengar atau baca berita itu sebelumnya. Kang Kombor baru cecari di website PANDI hari ini. Padahal, Kang Kombor cukup rajin mengunjungi website PANDI untuk cek domain… Sad smile

dicari registrar domain id

Sebagai pengguna nama domain dot id, Kang Kombor berharap ini adalah kebijakan final dari PANDI. Jangan sampai PANDI menjadi pandir, membuat kebijakan yang selalu berubah-ubah.

Nama domain .id yang dapat didaftarkan di registrar

Kang Kombor cek nama domain .id yang dapat didaftarkan di registrar. Ternyata kebanyakan menawarkan nama domain yang memang diserahkan kepada registrar walaupun ada yang masih menawarkan pendaftaran nama domain yang masih menjadi wewenang PANDI.

Nama domain yang dapat didaftarkan oleh registrar adalah:

  • .web.id
  • .sch.id
  • .co.id
  • .ac.id
  • .my.id
  • .biz.id

Nama domain .my.id dan .biz.id adalah nama domain baru yang baru akan aktif awal tahun depan.

Berikut nama domain yang dapat didaftarkan pada beberapa registrar (registrar tidak Kang Kombor beri taut).

nama domain dot id yang bisa didaftarkan via registrar

nama domain dot id yang bisa didaftarkan via registrar -

nama domain dot id yang bisa didaftarkan via registrar --

nama domain dot id yang bisa didaftarkan via registrar ---

HARGA DOMAIN .ID JADI MAHAL!

Satu yang pasti dari perubahan kebijakan PANDI ini adalah harga domain.id jadi mahal. Misalnya, pada saat pendaftaran nama domain masih dipegang PANDI, pendaftaran nama domain .web.id hanya membayar Rp25000,-. Sekarang, setelah pendaftaran dilepas ke registrar, harga jadi di atas Rp50000,-.

Ini Kang Kombor tidak tahu, hanya menduga-duga, jangan-jangan registrar tetap membayar Rp25000,- ke PANDI dan kemudian bebas untuk menjual berapa pun. Maaf yah ini, PANDI bilang bahwa PANDI akan menuju organisasi yang transparan, akuntabel! Jadi, tolong struktur biaya registrar itu diumumkan agar pengguna jelas mengenai hal tersebut.

harga domain .id

harga domain .id -

CATATAN KANG KOMBOR

PANDI kampanye bangga pakai domain .ID. Sayangnya, apabila harga domain .id jadi mahal seperti itu, siapa yang mau pakai?

Kang Kombor sendiri sudah punya beberapa domain .web.id dan akan mengakuisisi beberapa domain lagi. Akan tetapi, apabila harga domain .id semahal seperti yang tertera pada dua gambar contoh di atas, Kang Kombor jadi berpikir lagi untuk membeli nama domain .id. Bagaimana tidak, untuk domain .web.id Kang Kombor harus merogoh kocek Rp58000 atau Rp75000. Nah, harga segitu kalau kita pandai memilih registrar sudah dapat banyak domain internic!

Indonesia ini aneh. Semua memakai pedoman, kalau bisa dijual mahal, kenapa harus dijual murah?

Selamat untuk PANDI yang membuat harga domain .id menjadi mahal!

Komentar

  1. Kapanye "Bangga menggunakan domain .id " mungkin akan sedikit terhenti dengan harga2 domain .id yang semakin mahal. Selain proses ribet, namun dari segi keamanan terhadap penipuan atau situs2 palsu memang lebih baik dibandingkan dengan domain TLD seperti .com, .net, atau yang lainnya.

    Kebiasaan orang indonesia yang lebih hafal menggunakan domain TLD dibandingkan domain .id, menjadi kendala tersendiri. Dengan posisi Second Level domain, serta pola pikir masyarakat yang nyaman dengan domain TLD, ditambah proses pemesanan domain yang lebih ribet, membuat domain .id kurang diminati. Dengan harga yang hampir sama, misal Rp. 100.000,- , masyarakat lebih memilih domain TLD karna lebih mudah prosesnya.

    "waduh, komen koq malah koyo postingan... Ngapurane Kang... :D '

    BalasHapus
    Balasan
    1. komennya baru 3 alinea kok... belum dihitung posting, hahaha...

      nah, itu dia, domain .id yang ditawarkan di indonesia bukan tld melainkan second level domain. yang saya tunggu sebenarnya .id yang tld.

      Hapus
  2. hokya,nduwe 1 co.id dadi 150 ewu :(

    bakal ono kupone ora yo, dadi renewal $7.99 #eh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. tahun ngarep ganti .biz.id wae... eh, .biz pa .com wae mung 90 ewu.

      Hapus
  3. wedeww... lha koq mending *.com utowo *.info kie

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju. janeh meh bangga ning kok larang... wis ngono dudu tld...

      Hapus
  4. saya sendiri juga bangga menggunakan domain .id tapi masih menggunakan TLD jidatbaok.com karena dulu proses registernya mudah. la sekarang pandi menyerahkan ke mitranya dan lebih mahal. ternyata bangga itu mahal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya ada beberapa domain .web.id loh... tapi kombor.com ini sudah bertahun-tahun dan harus tetap dipertahankan, hehehe... bangga pake domain .id tapi lebih bangga pake .com dong!

      Hapus
  5. untuk restore domain yg telat perpanjang aja kena denda 3x lipet skarang ... punya saya yg .co.id harus bayar hampir 500rb untuk restore domain ... bagaimana mo bangga pake .id coba kalo restore aja kaya pemerasan #doh

    BalasHapus
    Balasan
    1. .com kalau lewat grace period juga bisa jadi mahal banget kan? apalagi kalau udah kebeli spekulan domain... nggak kuat harganya.

      eh, tapi daftar .co.id kan gak semudah daftar .com, mestinya ya nggak perlu semahal itu lah...

      Hapus
    2. masi mending mas 500... sy 900rb untuk restore domain yg terlambat direnewal...ediann....

      Hapus
  6. Tak mengenakkan memang, saya mencoba mendaftarkan sebuah domain web.id pada salah satu tempat diatas, tertera di harga domain "hanya" 55.000, tapi ternyata di tagihannya ada pajak 10%, maka tagihan berikutnya 60.500. Berhubung saya hanya dapat gratisan, maka saya lanjutkan mendaftarkan, entah satu tahun kedepan nasib domain tersebut bagaimana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rp60500 tambah sedikit lagi sudah dapat .com, .org, .net ya, Pak...

      Hapus
  7. Promo INDOREG (Indonesia Domain Registrar)
    Masukkan Voucher Code : WA0208
    untuk mendapatkan discount special untuk pembelian domain

    akses di https://indoreg.co.id/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayang ketika saya akses url indoreg di atas nggak bisa dg pesan kemungkinan lagi down... kenapa ya?

      Hapus
  8. Saya cek ke cbn-registrar, udah masuk ke pendaftarannya harus klik beberapa kali, begitu lihat harga langsung geleng-geleng kepala.
    pendaftaran web.id dikenakan 250.000 + pajak lagi.
    annual nya 50.000, tapi ada activation 200.000.
    halah... kalau saya beli .com di godaddy pakai kupon bisa cuman 2 dolaran.. lha mending pakai .com dong walaupun di tahun kedua dst kena harga normal. paling tidak di awal tidak 'ditonjok' gitu suruh bayarnya, plus harapan di tahun depan bisa dapat kupon lagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. itulah... kalau subdomain aja mahal gitu mending pakai top level domain aja kan...

      Hapus
  9. PANDI ta*e kuc*ing telat bayar 14hari domain co.id jadi 500rb benar-benar lintah! bukannya memajukan negara malah cari kesempatan dalam kesempitan. PANDI GA BERES boikot aja domain .id biar semua tau yg buat kebijakan ga becus

    BalasHapus
  10. đồng tâm
    game mu
    cho thuê nhà trọ
    cho thuê phòng trọ
    nhac san cuc manh
    số điện thoại tư vấn pháp luật miễn phí
    văn phòng luật
    tổng đài tư vấn pháp luật
    dịch vụ thành lập công ty trọn gói
    marketing xanh
    kinh dịch ngô tất tố
    contingency plan là gì
    búp sen xanh ebook
    lý thuyết thương mại mới
    thuyết công bằng
    thuyết nhu cầu của mcclelland
    mô hình aida trong marketing
    chuỗi giá trị là gì
    atl là gì

    Khổng Nguyệt nhắm mắt ngẩng đầu lên đầy xấu hổ làm Triệu Quốc Đống không nhịn được cúi xuống hôn lên đôi môi đỏ hồng của cô.

    Khổng Nguyệt chỉ thấy đầu mình ông ông lên như bị sét đánh, cả người cứng đờ lại. Đây là nụ hôn đầu tiên của cô, cô thậm chí còn chưa chính thức cầm tay một người đàn ông. Bình thường khi nữ đồng nghiệp trêu nhau thì cô đều đỏ mặt tránh đi, lúc này lại bị Triệu Quốc Đống cướp lấy nụ hôn đầu.

    Triệu Quốc Đống cũng nhạy cảm nhìn ra việc này. Ánh mắt mờ mịt và động tác ngây ngô của Khổng Nguyệt làm hắn biết đây là nụ hôn đầu của cô. Triệu Quốc Đống không khỏi vui mừng.

    Nụ hôn đầu của phụ nữ cũng có ý nghĩa quý giá với người đàn ông như đêm đầu của người phụ nữ. Có thể chiếm hữu nụ hôn đầu của cô gái chính là sự tự hào không nói thành lời của người đàn ông. Triệu Quốc Đống cũng vậy.

    Đường Cẩn khi yêu hắn thì cũng chưa có bạn trai, đây cũng là lý do mà Triệu Quốc Đống biết tại sao Đường Cẩn mãi vẫn không chịu chia tay hắn.

    Lưỡi nhẹ nhàng tách môi Khổng Nguyệt ra, Triệu Quốc Đống nhẹ nhàng quấn lấy lưỡi thơm của cô. Hắn nâng mặt cô lên rồi tham lam mút lấy hương thơm ngọt ngào trong miệng cô.

    Khổng Nguyệt đã mất đi lý trí, cô không còn nghĩ gì được nữa, chỉ vô thức ôm lấy eo Triệu Quốc Đống, điều này càng làm cho Triệu Quốc Đống thoải mái hưởng thụ tất cả.

    Triệu Quốc Đống rất nhanh cảm thấy hôn là không đủ, bàn tay bắt đầu giựt lấy chiếc dây lưng kết hình con bướm sau váy Khổng Nguyệt, sau đó nhấc váy cô lên, tay bắt đầu sờ lên lưng ngọc trơn bóng của cô.

    BalasHapus

Posting Komentar