Budi Gunawan Tersangka, Peringatan Bagi Jokowi


Membaca Kompas.com tadi siang saya terkejut senang KPK menetapkan Budi Gunawan sebagai tersangka tipikor. Ya sebenarnya terkrjut juga sih. Terkejut kok KPK menetapkan Budi Gunawan sebagai tersangka setelah Presiden Jokowi mengajukan namanya sebagai Calon Kapolri.

Saya masih ingat waktu isu rekening gendut Polri mencuat, nama Budi Gunawan disebut-sebut sebagai pemilik rekening gendut Polri tersebut. Waktu itu sudah ada desakan agar KPK mengusut Budi Gunawan tetapi Presiden SBY menyerahkan kepada Kapolri untuk menyelesaikan laporan mengenai rekening gendut tersebut.

Pasca penetapan Budi Gunawan sebagai Calon Kapolri sebenarnya mantan Ketua PPATK Yunus Husein melalui kicauan di akun twitternya sudah menginformasikan bahwa Budi Gunawan tidak lulus rekomendasi KPK dan PPATK waktu dicalonkan menjadi menteri. Lah... Kok Presiden Jokowi tetap nekad mencalonkan Budi Gunawan sebagai Calon Kapolri?

Penetapan Budi Gunawan sebagai tersangka oleh KPK menjadi peringatan bagi Presiden Jokowi agar memilih orang dengan rekam jejak yang baik. Jangan mengambil risiko mencalonkan orang yang integritasnya dipertanyakan.

Semoga KPK memproses Budi Gunawan dan juga tersangka korupsi lainnya dengan cepat untuk segera memberikan kepastian hukum baik kepada para tersangka maupun masyarakat.

Bravo KPK!

Komentar

Posting Komentar