PC Mini yang Beredar di Indonesia

Dibandingkan saat ditemukan pertama kali, ukuran komputer selalu bertambah kecil dengan kemampuan dan kapasitas yang semakin tinggi. Pada awalnya, komputer berukuran besar. Kemudian terjadi revolusi komputer personal yang diilhami dari impian Bill Gates agar setiap rumah bisa memiliki komputer. Setelah itu hadir laptop. Untuk PC sendiri ukurannya juga semakin mengecil. Lalu hadir komputer all in one. Di era mutakhir ini kita sudah tidak asing lagi dengan Mini PC atau PC Mini.

Mini PC hadir untuk mengatasi permasalahan ketersediaan ruang (space) yang semakin sempit. Untuk PC dengan ukuran normal kadang-kadang meja kerja di perkantoran sudah tidak memiliki ruang lagi. Bagi pekerja yang mobil, perusahaan tinggal memfasilitasi dengan laptop. Nah, untuk pekerja yang dalam menyelesaikan tugas hariannya di kantor, tentu harus ada solusi lain. Saya melihat hadirnya PC Mini karena melihat kebutuhan akan komputer yang kecil sebagai solusi atas ketidaktersediaan ruang untuk PC dengan ukuran umum.

aneka merek dan tipe mini pc

Brand Mini PC yang Sudah Beredar di Indonesia


Sudah ada beberapa pabrikan komputer yang menjual brand PC Mini di Indonesia, di antaranya:
  • Asus
  • Foxconn
  • Fujitech
  • HP
  • Intel
  • Lenovo
  • Zotac
Asus

Mini PC Asus diantaranya Asus VivoPC dan Asus Desktop Mini Eeebox. Asus Mini Desktop Eeebox menggunakan prosesor Intel Celeron sedang Asus VivoPC menggunakan prosesor yang berbeda di beberapa varian produknya mulai dari Intel Celeron, Intel Core i3 sampai Intel Core i5.

Foxconn

PC Mini Foxconn yang beredar di Indonesia yaitu Foxconn BT 1804-H500. PC Mini ini menggunakan prosesor Intel Dual Core Bay Trail J1800.

Fujitech

Mini PC Fujitech yang beredar di Indonesia di antaranya seri B, C dan MPX. Prosesor yang dipakai bervariasi mulai dari Intel Dual Core, Intel Celeron, Intel Core i3, Intel Core i5 sampai Intel Core i7.

HP

Mini PC HP yang beredar di Indonesia adalah HP Pavilion 300-012D yang menggunakan prosesor Intel Core i3.

Intel

Produsen prosesor ini sepertinya tidak mau ketinggalan dalam memproduksi PC mini. Untuk memenuhi kebutuhan Mini PC, Intel mengeluarkan Intel NUC yang menggunakan prosesor Intel Celeron, Intel Core i3 maupun Intel Core i5 tergantung varian produknya.

Lenovo

Mini PC Lenovo yang beredar di Indonesia adalah Lenovo Q190. Prosesor yang digunakan oleh PC Mini Lenovo Q190 bervariasi tergantung pada serinya. Di antara prosesor yang dipakai adalah Intel Celeron dan Intel Core i3.

Zotac

Brand komputer ini agak asing di telinga kita tetapi nyatanya ada juga PC Mini produksi Zotac yang beredar di Indonesia yaitu Zotac Zbox ID8. PC Mini Zotac ini menggunakan prosesor Intel Atom Dual Core D2700.

\-*(0)*-/

Mungkin masih ada merek dan seri PC mini yang lain yang beredar di Indonesia yang belum terdeteksi oleh saya karena keterbatasan dalam melakukan riset.

Komentar

Posting Komentar