Masya Alloh, Inilah 13 Manfaat Daun Delima Untuk Kesehatan

Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Delima merupakan tumbuhan yang banyak ditemukan di lembah-lembah dan bukit-bukit yang hangat di pegunungan Himalaya atau pada ketinggian antara 900m hingga 1800 mdpl. Tanaman yang memiliki nama latin Punica granatum ini termasuk dalam keluarga Punicaceae. Selain dalam buahnya, manfaat dari tanaman  ini bisa kita dapatkan dari kulit buah, kulit cabang, biji, akar, bunga, serta daunnya.

Sama seperti buah dan bagian lainnya, daun delima juga memiliki berbagai manfaat kesehatan yang potensial. Hal ini telah terbukti dapat membantu proses pencernaan dan membantu mengobati infeksi dan penyakit tertentu. Baru-baru ini telah dipelajari bahwa dau delima juga berkhasiat sebagai penekan nafsu makan dan membantu penurunan berat badan.

Manfaat daun delima ini, dapat dikombinasikan dengan buah maupun bunga dari tanaman yang sama atau juga dapat dimanfaatkan sendiri, misalnya sebagai teh, pasta, maupun jus.

Berikut manfaat daun delima untuk kesehatan:

1. Dipakai untuk mengatasi susah tidur (insomnia).

Meminum ramuan yang berasal dari tumbukan daun delima sebanyak 3 gr yang direbus dengan 200 ml air bersih hingga tinggal ¼ nya saja. Minum ramuan tersebut sesaat sebelum tidur.

2. Dipakai untuk mengobati sakit perut.

Salah satu manfaat daun delima adalah untuk membantu proses pencernaan. Caranya adalah dengan mengkonsumsi manfaat teh daun delima untuk mengobati sakit perut dan gejala yang terkait, atau dapat diambil sebagai kapsul suplemen. Ini dapat digunakan dalam kasus ketidaknyamanan perut ringan.

3. Dipakai untuk mengobati disentri.

Dengan mengkonsumsi jus diambil dari daun delima yang dikombinasikan dengan dengan buahnya dapat membantu mengobati disentri maupun infeksi pencernaan yang menyebabkan rasa sakit dan diare berat. Hal ini terjadi  karena sifat anti bakteri dalam kandungan tanaman ini.

4. Dipakai untuk mengobati penyakit kuning.

Manfaat daun delima bubuk bisa meringankan gejala penyakit kuning. Caranya :

Siapkan kurang lebih 3 gram bubuk dari tumbukan daun delima,

rebus daunnya hingga tersisa airnya,

Minum rebusan dua kali sehari,Perlu diketahui, penyakit kuning adalah sejenis penyakit yang terjadi akibat adanya penumpukan bilirubin di dalam darah maupun jaringan tubuh lainnya.

5. Dipakai untuk mengobati eksim.

Eksim atau biasa disebut eksema merupakan peradangan yang menyebabkan lepuh atau gelembung kecil pada kulit. Cara alami mengobati gangguan ini adalah dengan menerapkan hasil tumbukan daun delima pada daerah yang melepuh. Khasiat ini juga ditemui pada :

6. Dipakai untuk mengobati batuk.

Khasiat lain dari daun delima adalah untuk mengobati batuk.Caranya dengan meminum hasil rebusan daun delima yang telah dikeringka, campur dengan tunas daun serta lada hitam. Setelah di saring dan air menjadi hangat, segeralah untuk mengkonsumsinya.

7. Dipakai untuk mengobati rektum prolap.

Gangguan rektum dapat diatasi dengan berendam dengan air rebusan daun delima yang telah dicampur dengan sedikit tawas dan disaring. Atau bisa juga diterapkan dengan cara membasuhkan air rebusan ini, pada anus saja.

8. Dipakai untuk mengobati sariawan.

Sariawan merupakan salah satu gangguan yang terjadi pada daerah mulut, bibir, maupun lidah. Gejalanya adalah dengan adanya luka pada daerah tersebut yang mengakibatkan rasa sakit dan nyeri saat tersentuh oleh makanan. Cara alami untuk mengatasinya adalah dengan rajin berkumur dengan air hasil rebusan manfaat daun delima ini.

9. Dipakai untuk mengobati gangguan pada telinga.

Cara mengatasi gangguan telinga dengan daun delima, caranya :

Tumbuk beberapa lembar daun delima,

setelah itu sangrai dengan menggunakan minyak wijen,

Setelah ramuan jadi, terapkan ramuan tersebut sebagai obat tetes telinga.

10. Dipakai untuk mengatasi keriput.

Kulit keriput merupakan salah satu tanda terjadinya proses penuaan pada kulit. Kita bisa melakukan pencegahan hal tersebut secara alami denga daun delima, tanpa ragu akan terjadinya efek samping. Caranya adalah :

Rebus tumbukan daun delima hingga menjadi minyak,

Gunakan api sedang hingga semua air menguap,

Terapkan ramuan tersebut sebagai minyak pijit pada kulit yang mengalami keriput.

11. Dipakai untuk mengobati gangguan mata seperti konjungtivitis.

Cara pengobatan gangguan konjungtivitis secara alami adalah dengan menerapkan hasil tumbukan daun delima, yang telah berbentuk pasta ke daerah mata.

12. Dipakai untuk menurunkan obesitas.

Menurut Li Jun Du dari Tsinghua University di Jepang mengatakan bahwa, ekstrak manfaat daun delima dapat berkhasiat untuk mengurangi nafsu makan. Hal ini dapat dijadikan ramuan alternatif dalam program diet. Selain itu, obesitas juga dapat diatasi dengan :

13. Dipakai untuk peluruh haid.

Daun delima dipakai untuk perluruh haid. Caranya adalah dengan meminum ramuan dari daun delima yang telah direbus atau diseduh dengansetenhah gelas air panas. Minum selama 5 hari secara rutin.

Demikianlah informasi mengenai manfaat daun delima untuk kesehatan yang dikumpulkan dari berbagai sumber, semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Komentar