Masya Alloh, Inilah 26 Manfaat Daun Genjer Untuk Kesehatan

Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Kawan-Kawan, tumbuhan Genjer atau nama latinnya Limnocharis flava adalah tumbuhan rawa atau kolam berlumpur yang banyak airnya. tumbuhan genjer berasal dari Amerika, terutama bagian negara beriklim tropis.

Tumbuhan Genjer mudah ditemukan di Pulau Sumatra dan Jawa, pada pulau Jawa tumbuhan genjer terdapat di dataran rendah bagian barat sampai dengan ketinggian kurang lebih 1300 meter di atas permukaan laut.

Tumbuhan genjer merupakan tumbuhan yang hidup bertahun-tahun. tumbuhan genjer juga dapat dimanfaatkan menjadi bahan makanan yaitu salah satu jenis sayuran. Daun-daun muda dan bunga yang belum mekar merupakan sayuran yang biasanya diperjual belikan di pasar pasar tradisional.

Jenis tumbuhan genjer tersebut mampu tumbuh luas merumpun, dan memiliki tinggi sekitar 30 hingga 80 cm. tumbuhan tersebut bisa bereproduksi secara vegetatif maupun dengan biji.

Nama Daerah tumbuhan Genjer haleyo orang Batak menyebutnya, sedangkan sebutan genjer menurut orang Melayu adalah eceng, genjer, saber masyarakat Sunda menyebutnya dan centongan (Jawa).

Genjer di Indonesia biasanya diolah sebagai lalapan, tumis, urap maupun pecel sebagai pendamping nasi, namun tahukah Kawan-Kawan bahwa ternyata ada segudang manfaat daun genjer untuk kesehatan karena kandungan gizi didalamnya yang cukup banyak.

Daun genjer memilikikandungan protein, lemak, serat, karbohidrat, total energy, potasium, sodium, kalsium, magnesium, tembaga, antioksidan, vitamin C, beta karoten, vitamin E, flavonoid dan Zinc;


Berikut Manfaat Daun Genjer Untuk Kesehatan yang dikumpulkan dari berbagai sumber:

1. Untuk Meningkatkan Nafsu Makan Anak Anak.

Manfaat Daun dan bunga genjer yang pertama adalah mampu menambah nafsu makan. Hal tersebut dikarenakan dalam Daun dan bunga genjer mengandung kardenolin, flavonoid dan polifenol.

Kawan-Kawan dapat mengolah daun genjer dan bunganya untuk menambah nafsu makan dengan mengolahnya menjadi sayuran. Atau bisa juga dengan dipanaskan di atas api atau dimasak untuk waktu yang singkat atau istilahnya dikukus.

Cara mengolah daun genjer agar bermanfaat sebagai penambah nafsu makan yakni mengukus genjer segar hingga setengah matang yang dikonsumsi sebagai lalapan.

Sudah banyak penelitian dalam negeri yang membuktikan bahwa tumbuhan genjer mampu meningkatkan nafsu makan, jadi jangan ragu lagi bila ada anak sekitar Kawan-Kawan nafsu makannya kurang;

2. Sumber Antioksidan Alami.

Biasanya dipasaran mudah ditemukan antioksidan sintetis yang menggunakan reaksi kimia untuk mendapatkannya, senyawa yang digunakan umumnya senyawa fenol yang memiliki efek samping yakni sedikit beracun.

Namun Kawan-Kawan tidak perlu khawatir, manfaatkanlah antioksidan alami yang didapat dari bahan alami. Salah satu tumbuhan yang mengandung antioksidan alami tersebut adalah genjer, terutama pada daunnya;

3. Antibakteri Alami.

Selain memiliki manfaat sebagai antioksidan, daun genjer juga dipercaya bermanfaat untuk membunuh kuman karena kandungan senyawa didalamnya.

Kandungan saponin serta flavonoid selain berperan sebagai antioksidan, juga bermanfaat untuk membasmi bakteri yang merugikan. seperti bakteri penyebab jerawat dan bakteri E.Coli;

4. Merawat Sel Sel Tubuh.

Kita perlu menjaga sel sel tubuh agar tetap dalam kondisi yang baik, supaya tidak menimbulkan efek buruk.

Untuk itu konsumsi rutin daun genjer, karena kandungan gizi dala daun genjer baik untuk merawat sel sel tubuh kita.

Bila sel tubuh dalam keadaan sehat maka kekebalan tubuh akan meningkat, sehingga tidak mudah terserang berbagai macam pnyakit, baik itu penyakit luar maupun penyakit dalam. Maka dari itu jangan ragu untuk sering mengkonsumsi daun genjer;

5. Memperbaiki sel tubuh yang rusak.

Daun genjer juga mempunyai kandungan vitamin C yang bermanfaat untuk membantu memperbaiki jaringan.

Dapat dikatakan bahwa vitamin C berperan penting untuk membentuk kolagen, penyerapan zat besi, meningkatkan kekebalan tubuh, serta mempercepat penyembuhan luka. 

Meski berbagai manfaat genjer di atas terkesan menjanjikan, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk benar-benar membuktikannya;

6. Menguatkan Tulang.

Manfaat lainnya dari daun genjer ini adalah mampu menguatkan tulang. Tulang keropos disebabkan oleh kurangnya asupan kalsium.

Dalam daun genjer terkandung kalsium yang cukup banyak sehingga dapat menjaga kesehatan dan kekuatan tulang.

Bila Kawan-Kawan yang masih remaja, mengkonsumsi daun genjer baik untuk membantu pertumbuhan tulang agar lebih maksimal.

Untuk Kawan-Kawan yang sudah usia tidak muda lagi, mengkonsumsi daun genjer baik untuk menjaga kekuatan tulang agar tidak mudah terserang osteoporosis saatu lanjut usia.

Jadi jangan ragu lagi untuk rajin mengkonsumsi olahan daun genjer, baik itu dalam bentuk lalapan ataupun sayur mayur;

7. Sumber Energi.

Selain bermanfaat untuk menguatkan tulang, manfaat daun genjer yang lainnya adalah mampu bertindak sebagai sumber energi.

Hal tersebut dikarenakan dalam daun genjer terkandung sejumlah karbohidrat yang cukup untuk memenuhi kebutuhan energi;

8. Menguatkan Gigi.

Asupan kalsium bukan hanya dapat menguatkan tulang saja, namun gigi juga lebih kuat bila asupan kalsium tercukupi.

Bila gigi Kawan-Kawan sakit, rasanya sangat mengganggu bukan, tidur tidak nyenyak, kepala cekut cekut dan seluruh tubuh akan terasa sakit.

Bila Kawan-Kawan mengkonsumsi olahan daun genjer maka Kawan-Kawan akan merasakan manfaatnya untuk menjaga kesehatan gigi;

9. Membantu Mencegah Anemia.

Nah bila Kawan-Kawan mengidap anemia atau kekurangan sel darah merah, tentunya yang Kawan-Kawan rasakan adalah lemas, mudah lelah, lunglai dan lesu, anemia disebabkan kurangnya asupan zat besi.

Dengan mengkonsum daun genjer berarti Kawan-Kawan telah berusaha untuk menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari anemia, hal tersebut dikarenakan dalam daun genjer terkandung zat besi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan zat besi dalam tubuh;

10. Melancarkan pencernaan.

Jika susah BAB sebaiknya mencoba mengkonsumsi daun genjer. sebab kandungan serat di dalam daun genjer sangat baik untuk melancarkan pencernaan.

Apalagi bagi yang sedang berusaha menurunkan berat badan atau diet maka sangat baik mengonsumsi daun genjer supaya untuk menghilangkan timbunan lemak dan kotoran di dalam usus yang berpotensi menjadi tumpukan lemak;

11. Menyehatkan lambung.

Kandungan serat dalam daun genjer yang cukup tinggi membuat lambung Kawan-Kawan menjadi lebih sehat.

Hal ini dikarenakan ketika lambung dimasuki oleh serat, serat akan berubah menjadi gel yang akan membuat proses pencernaan makanan menjadi lebih lancar dan penyerapan nutrisi lebih efektif. Serat juga dapat membuat rasa kenyang lebih lama sehingga Kawan-Kawan tidak mudah lapar;

12. Mencegah sembelit;

Sembelit meskipun seringkali disepelekan namun sebenarnya sangat tidak baik untuk tubuh. Sembelit terjadi karena adanya penumpukan sisa makanan dalam usus besar karena tidak cukup lunak untuk keluar. Kekurangan serat dan air menjadi penyebab utamanya.

Sembelit jika dibiarkan begitu saja dapat menyebabkan sakit perut, anemia karena mengejan terlalu keras saat BAB, dan yang lebih parah adalah terjadinya infeksi usus yang menyebabkan bibit penyakit kanker usus besar karena adanya infeksi bakteri dari kotoran yang terlalu lama menumpuk di dalam usus besar.

Oleh karena itu untuk menghilangkan dan mengatasi masalah sembelit dan mencegahnya mengkonsumsi sayur daun genjer dan minum banyak air putih adalah solusinya;

13. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh.

Selain bermanfaat untuk mengatasi sembelit, ternyata daun genjer memiliki khasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, atau antibiotik alami.

Bila dalam tubuh terdapat kuman dan bakteri tentunya kuman dan bakteri tersebut membahayakan tubuh karena membawa berbagai penyakit.

Nah untuk itulah manfaatkan daun genjer sebagai lalapan sehari hari, karena dalam daun genjer terdapat kandungan Vitamin C dan flavonoid yang cukup tinggi.

Karena kandungan tersebutlah sayuran ini dapat berperan untuk menjaga imun tubuh, dengan begitu kemungkinan terserang penyakit karena bakteri jahat dapat dikurangi;

14. Mencegah Diabetes.

Hiperglikemia atau kelebihan kadar gula dalam darah atau penyebab diabetes dapat ditangani dengan mengkonsumsi daun genjer.

Karena dalam daun genjer terkandung gizi yang berkhasiat didalam menurunkan kelebihan kadar gula dalam tubuh.

Jadi dengan mengkonsumsi daun genjer secara rutin Kawan-Kawan selangkah lebih maju dalam mencegah salah satu penyakit yang mematikan tersebut;

15. Membasmi Lemak Jahat.

Manfaat daun genjer selain dapat mengontrol kadar gula darah, juga dapat berkhasiat untuk mengatasi lemak jahat.

Hierlipidemia merupakan salah satu kondisi dimana penderitanya mengalami peningkatan kadar lemak jahat dalam darah hingga melebihi batas normal.

Daun genjer berkhasiat untuk menangani masalah tersebut dikarenakan kandungan vitamin C nya. Vitamin C mampu mengikat lemak jahat dan membantu membuangnya dari tubuh kita;

16. Mencegah Kanker Usus Besar.

Kanker usus besar atau kanker kolon ditan-dai dengan gejala pada penderitanya, dimana awalnya ada gumpalan pada usus besar dan diikuti dengan rasa sakot pada perut yang teramat sangat.

Umumnya kanker tersebut menyerang orang yang umurnya tidak muda lagi, namun tidak menutup kemungkinan juga dapat menyerang orang yang masih muda.

Untuk itu perlunya menjaga tubuh dengan menerapkan pola hidup sehat agar tidak terkena kanker perlu diterapkan sejak dini.

Cara yang dapat Kawan-Kawan praktekan sendiri adalah dengan mengkonsumsi olahan daun genjer yang pada akhir video akan dibahas cara mengolah daun genjer yang benar;

17. Mempercepat Penyembuhan Luka.

Selain bermanfaat untuk membasmi lemak jahat, olahan sayuran genjer juga berguna untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Luka pada kulit tersebut karena adanya sayatan atau goresan.

Kandungan vitamin dan gizi yang ada pada daun genjer dapat membantu mempercepat penyembuhan luka, jadi bila orang disekitar Kawan-Kawan terluka karena sayatan, segera obati dengan menumbuk daun genjer dan mengoleskannya pada luka;

18. Baik Untuk Ibu Hamil.

Nah seperti yang telah kita ketahui bahwa bila ibu hamil pasti membutuhkan asupan gizi yang banyak. Hal tersebut dikarenakan janin nya pun membutuhkan gizi yang cukup untuk pertumbuhannya.

Untuk itu sayur atau olahan genjer bermanfaat dalam hal ini, karena dalam daun genjer terdapat kandungan gizi yang kompleks, terutama protein yang dapat membantu pembentukan sel sel pada sang janin;

19. Membantu Program Diet.

Kegemukan, Nah masalah yang satu ini sealin mengurangi rasa peprcaya diri juga dapat menyebabkan penyakit mematikan, seperti serangan jantung diabetes yang tentunya kita tidak ingin mengalaminya.

Untuk itulah terapkan pola hidup sehat dan rajin mengkonsumsi makanan mengandung serat, salah satu tumbuhan yang mengandung serat adalah genjer terutama pada daunnya.

Karena itulah ada manfaat daun genjer untuk kesehatan. Kawan-Kawan dapat mengolahnya menjadi lalapan atau dudoh dalam bahasa Jawa sebagai pendamping makanan, karena hal itula ada manfaat daun genjer untuk program diet;

20. Menyehatkan Kulit.

Tahukah Kawan-Kawan bahwa dalam sayur genjer terdapat kandungan beta karoten yang cukup tinggi. Beta karoten sendiri merupakan senyawa yang dapat melawan radikal bebas.

Selain itu kandungan flavonoid dalam genjer pun ikut berperan dalam menjaga kulit agar terhindar dari radikal bebas yang disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet. Maka dari itu, sayuran genjer mampu menjaga kulit dari serangan kanker kulit serta penuaan dini;

21. Membantu Meningkatkan Produksi Kolagen.

Manfaat daun genjer yang kedua adalah membantu meningkatkan produksi kolagen. Vitamin C dalam daun genjer juga dapat mendorong produksi kolagen. 

Hal ini yang berperan penting dalam membangun dan mendukung banyak jaringan ikat, seperti rambut, kulit, dan kuku;

22. Mengontrol Tekanan Darah.

Kandungan kalium dalam daun genjer mampu mengontrol tekanan darah, sehingga Kawan-Kawan bisa terhindar dari hipertensi.

Masalah dinding pembuluh darah dapat diatasi dengan makanan yang kaya kalium. Jika pembuluh darah tak terganggu, penyakit jantung bisa dicegah, apalagi ada tambahan antioksidan polifenol di dalam sayuran ini;

23. Menjaga Kesehatan Jantung.

Zat polifenol yang terkandung dalam genjer merupakan salah satu zat antioksidan. Zat ini berfungsi untuk menghancurkan radikal bebas

yang mengalir di dalam darah. Sistem peredaran darah yang lancar dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung;

24. Mengatasi Keracunan Jengkol.

Jengkol sebenarnya bukanlah makanan yang beracun, namun jika dikonsumsi secara berlebihan atau cara pengolahannya yang tidak benar maka akan dapat menimbulkan keracunan jengkol. Keracunan jengkol atau yang biasa disebut kejengkolan ini dapat diatasi dengan memakan daun genjer sebagai lalapan. Namun jika gejala semakin memburuk, Kawan-Kawan perlu berkonsultasi kepada dokter, ya. Untuk menghindari terjadi kejengkolan lagi Kawan-Kawan perlu juga memperhatikan kebersihan jengkol serta cara pengolahannya yang benar, yaitu direbus terlebih dahulu selama kurang lebih 7 jam;

25. Sumber Nutrisi Bagi Wanita Menopause.

Wanita yang sudah mengalami masa menopouse tentunya membutuhkan asupan makanan yang bergizi untuk kesehatan tubuhnya. Sayur genjer merupakan salah satu sayuran hijau yang dapat memenuhi kebutuhan gizi wanita menopouse, terutama karena kandungan kalsium dan fosfor yang ada di dalamnya. Kandungan tersebut juga dapat memperkuat dan menyehatkan tulang sehingga bisa mengatasi permasalahan tulang atau osteoporosis yang terjadi pada wanita menopouse;

26. Membersihkan Lingkungan Dari Pencemaran.

Kemajuan teknologi terutama dari sektor industri yang semakin pesat akhir-akhir ini mempunyai dampak buruk berupa timbulnya pencemaran lingkungan yang mengandung logam berat. Jika logam berat tersebut masuk kedalam penceranaan maka akan menimbulkan efek buruk bagi kesehatan serta mampu menyebabkan kanker. Nah selain daunnya, tumbuhan genjer juga bermanfaat sebagai fitoremediator. Fitoremediator merupakan sebuah terobosan teknologi untuk membersihkan lingkungan dari pencemaran dengan menggunakan tumbuhan air, salah satu tumbuhan tersebut adalah genjer.

tumbuhan genjer telah terbukti oleh banyak penelitian dapat menyerap logam berat timbal (Pb), kadmium (Cd), tembaga (Cu), besi (Fe) , kromium (Cr) dan merkuri (Hg) pada air, sehingga efek buruknya dapat berkurang;


Cara Mengolah Daun Genjer;

1. Dikukus.

Masyarakat umumnya mengolah daun genjer dengan media pengolahan panas atau dikukus, namun tahukah Kawan-Kawan pengolahan panas tersebut dapat memperpanjang suatu makanan tidak mudah busuk dan lebih lama disimpan.

Sedangkan umumnya masyarakat Indonesia mengukus dengan cara kukus tradisional. Pengukusan tradisional adalah suatu cara mengolah makanan dengan menggunakan air panas atau uap panas sebagai media penghantar panas.

Terapkan cara berikut untuk mengukus daun genjer yang benar, pertama siapkan terlebih dahulu dan-dang yang terdiri dari dua bagian, bagian atas untuk menempatkan daun genjer dan bagian bawah untuk airnya .

Setelah itu airnya didihkan terlebih dahulu sebelum daun genjer dimasukkan, bila telah mendidih baru daunnya dimasukkan ke pengukusan, dan sebaiknya dan-dang tutup rapat.

Nah untuk pengukusan menurut Harris dan Karmas 1989, sebaiknya suhu air diantara 66 derajat celcius hingga 82 derajat celcius, agar nilai gizinya tidak banyak yang hilang atau rusak;

2. Pecel Daun Genjer.

Selain dengan mengukus, olahan lain tumbuhan genjer yakni dengan membuat pecel daun genjer, tingal tambahkan bumbu pecel dan daun genjer yang telah dikukus atau direbus terlebih dahulu, rasanya sudah nikmat;

3. Tumis Genjer.

Olahan tumbuhan genjer yang terakhir dan bisa Kawan-Kawan coba adalah tumis genjer;


Efek Samping Daun Genjer;

Apakah sayur Daun Genjer berbahaya untuk kesehatan? menurut berbagai sumber, apabila ada orang yang menyebutkan bahwa Sayur Genjer berbahaya ? maka itu salah.

Justru sebaliknya manfaat sayuran genjer sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh karena memiliki kandungan alami yang terkandung di tumbuhan atau sayuran genjer tersebut.

Akan tetapi jika efek samping daun genjer tentu ada, efek sayur genjer sama halnya dengan sayuran lainnya

Berikut ini adalah efek samping sayur genjer buat ibu hamil dan juga untuk kesehatan;

1. Hati Hati Bagi Penderita Asam Urat.

Sayuran Genjer mengandung purin, jika menderita asam urat lalu mengkonsumsi genjer dapat mengakibatkan kadar asam urat jadi tinggi. Jika tetap ingin mengonsumsi jenis sayuran hijau ini maka di batasi sayur genjer asam urat konsumsi seperlunya saja.

2. Telor Parasit Masih Menempel.

Karena genjer tumbuh di lahan lembab, basah dan rawa – rawa maka di khawatirkan parasit masih menempel pada sayuran. Ketika akan di masak cuci bersih genjer dengan air mengalir beberapa kali untuk menghilangkan adanya kotoran telor atau parasit yang menempel.

Selain itu jika memiliki sabun pencuci buah dan sayur ada baiknya menggunakannya agar telur parasit yang menemple dapat hilang.

Obat herbal memang memiliki banyak manfaat dan sedikit efek samping. Namun perlu diperhatikan juga bahaya sayur genjer akibat mengkonsumsinya secara berlebihan. Sekian artikel yang dapat kami rangkum;

Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh.


Komentar