Masya Alloh, Inilah 39 Manfaat Jamu Kunyit Asam Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Kawan-Kawan semua, Manfaat jamu kunyit asam secara tradisional telah dipercaya akan khasiatnya. Dengan manfaat asam jawa, tubuh jadi lebih bugar dan terhindar dari penyakit. Manfaat jamu kunyit asam juga terutama banyak dikonsumsi oleh wanita.

Manfaat jamu kunyit asam ini didapat dari kebaikan kunyit dan asam jawa yang sudah terbukti secara ilmiah khasiatnya. kunyit dan asam jawa mengandung antioksidan kuat yang sangat baik untuk tubuh.

Berikut 39 manfaat jamu kunyit asam untuk kesehatan dan kecantikan yang dikumpulkan dari berbgai sumber:

1. Antimikroba alami.

Baik kunyit maupun asam jawa mengandung senyawa alami yang memiliki efek antimikroba. kunyit dan asam jawa memiliki aktivitas antijamur, antivirus, dan antibakteri. Senyawa yang disebut lupeol dikreditkan dengan efek antibakteri asam jawa. Sementara efek antimikroba kunyit didapat dari kandungan kurkuminnya.

2. Kaya antioksidan.

Kunyit dan asam jawa mengandung polifenol yang bertindak sebagai antioksidan. Konsumsi jamu kunyit asam bisa membantu meningkatkan jumlah antioksidan dalam tubuh. Antioksidan membantu mencegah munculnya penyakit kronis seperti jantung, kolesterol, stroke, dan kanker.

3. Penuhi kebutuhan magnesium.

Asam jawa relatif tinggi magnesium. Magnesium memiliki banyak manfaat kesehatan dan berperan dalam lebih dari 600 fungsi tubuh. Ini juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan memiliki efek anti-inflamasi dan anti-diabetes.

4. Meningkatkan energi.

Kandungan vitamin dan mineral yang ada dalam kunyit dan asam jawa bisa membantu meningkatkan energi. kunyit mengandung vitamin C, zat besi, mangan, dan kalium. Sementara asam jawa mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, B6, C, dan K. magnesium, kalium, zat besi, kalsium, dan fosfor. Semua vitamin dan mineral ini menjaga kebugaran tubuh.

5. Atasi maag.

Penelitian dari jurnal Pharmacognosy Reviews mengamati efek curcumin mengobati peradangan akibat luka dan melindungi perut dari iritan-iritan di lambung dan usus dengan meningkatkan produksi lendir dinding lambung.

Artikel dalam jurnal Systematic Reviews mengatakan kunyit membantu mengurangi frekuensi kekambuhan gejala maag. Sebab kurkumin dalam kunyit juga bekerja mengendalikan produksi asam lambung dan empedu berlebih.

6. Detoksifikasi Tubuh.

Manfaat jamu kunyit asam adalah sifat detoksifikasinya. Sifat ini ampuh keluarkan racun penyebab berbagai masalah penyakit. Termasuk mendukung fungsi hati agar terhindar dari racun. Efek antioksidan kunyit tampaknya sangat kuat sehingga dapat menghentikan kerusakan hati oleh racun.

7. Mencegah Infeksi.

Kunyit asam membantu mencegah infeksi. Ya, berbagai jenis infeksi oleh jamur atau bakteri pada tubuh dapat dicegah karena kunyit asam bisa mencegah dan bahkan menghentikan pertumbuhan bakteri dan juga jamur di dalam tubuh.

Kunyit sendiri memiliki fungsi sebagai antijamur serta antiseptik alami sehingga ampuh untuk menjaga kesehatan serta kebersihan kulit dan organ tubuh.

8. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh.

Kunyit asam dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini karena kunyit asam mengandung anti bakteri dan anti peradangan.

Secara tidak langsung, jika sistem imunitas tubuh kuat, tubuh akan mampu untuk melawan berbagai mikroorganisme penyebab penyakit.

9. Lindungi usus dan lambung.

Kunyit yang mengandung zat antiradang dan antioksidan ini telah terbukti dapat meredakan gangguan pencernaan dan melindungi hati. Lebih jauh lagi, rempah ini dapat membantu pengobatan dan mencegah timbulnya tukak lambung. Asam jawa juga mengandung kalium bitartrat, yang, bersama dengan bahan aktif lainnya, mengurangi sembelit.

10. Mengurangi Sembelit dan Meredakan Perut Kembung.

Sembelit dan perut kembung adalah kondisi yang biasa dirasakan ketika seorang perempuan sedang mengalami menstruasi. Dengan minum jamu kunyit asam, kedua hal ini bisa diredakan.

Manfaat kunyit asam ini bekerja sebagai antimikroba, antioksidan dan anti peradangan, yang bisa digunakan untuk melancarkan pencernaan sehingga perut kembung dan sembelit bisa diatasi.

11. Menyembuhkan penyakit tifus.

Bagi seseorang yang terserang gejala tipus segeralah mengkonsumsi jamu kunyit asam secara teratur agar gejala tipus segera sembuh dan tubuh kembali sehat sehingga penyakit tiupus tidak terlanjur parah.

12. Mengatasi diare

Senyawa atsiri mampu mengentalkan cairan dan memperlambat feses sehingga mampu mencegah dan mengobati diare. Proses pengerasan feses dapat terjadi jika seseorang rajin mengkonsumsi jamu kunyit asam pada malan hari sebelum berangkat tidur.

13. Menyembuhkan peradangan pada tenggorokan.

Tenggorokan yang sakit adalah indikasi seseorang telah terkena masuk angin dan panas dalam. Jamu kunyit asam mampu mengusir masuk angin dan menyembuhkan sakit pada tenggorokan secara cepat. minumlah ramuan ajaib ini setiap hari sehari 2 kali.

14. Dapat menyembuhkan penyakit amandel.

Amandel yang membesar dapat mengganggu kenyamanan ketika menelan makanan. Rasa nyeri dan mengganjal selalu terasa. Untuk mengempiskan amandel minumlah jamu kunyit asam secara teratur 2 kali sehari pagi dan menjelang tidur malam.

15. Dapat mengobati anemia.

Seseorang yang kekurangan darah atau terserang anemia akan selalu terlihat lesu, pucat dan tidak bergairah. Untuk mengembalikan vitalitas tubuh manfaat jamu kunyit asam, bisa dikonsumsi setiap hari karena zat besi yang ada pada kunyit mampu meningkatkan sel darah merah.

16. Kontrol gula darah.

Diabetes tipe 2 merupakan kondisi yang berkaitan dengan gangguan dalam kadar gula darah. Padahal tingkat gula darah memainkan peran penting dalam tubuh untuk memproduksi atau menggunakan insulin dengan baik yang mengatur kadar gula darah.

Asam dapat menghambat produksi bahan kimia pro-inflamasi seperti TNF alpha, asam dapat melindungi pankreas dari kerusakan akibat peradangan. Banyak penelitian menunjukkan bahwa kunyit juga dapat mengontrol perkembangan diabetes. Ini pada akhirnya bisa membantu mengontrol gula darah.

Sebuah penelitian Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine menujukkan bahwa, kunyit dapat membantu mengelola kadar glukosa tinggi dalam darah. Rempah-rempah itu terbukti meningkatkan sensitivitas insulin yang mengarah pada menurunkan gula darah.

17. Menurunkan Berat Badan.

Manfaat kunyit asam selanjutnya adalah bisa menurunkan berat badan. 

Kandungan kurkumin, yaitu suatu antioksidan pada kunyit asam berfungsi menekan respon peradangan pada sel tubuh, termasuk sel pankreas, lemak, dan otot.

Reaksi ini dapat membantu mengurangi resistensi insulin, menurunkan kadar gula darah dan kolesterol serta kondisi metabolik lainnya akibat obesitas.

Alhasil, berat badan akan cenderung lebih stabil dan menurunkan risiko obesitas. Selain itu, tubuh juga menjadi lebih fokus saat menurunkan berat badan karena minimnya reaksi peradangan pada tubuh setelah minum kunyit asam.

18. Tingkatkan fungsi otak.

Kurkumin dalam kunyit asam dapat meningkatkan fungsi brain-derived neurotrophic factor (BDNF). Konsumsi kunyit asam sama halnya mampu meningkatkan fungsi otak. Kerentanan terkena penyakit otak pun menurun. Ketika kemampuan otak mengalami penurunan dapat mengakibatkan masalah seperti Depresi atau Alzheimer.

19. Mencegah penyakit lupa (Alzheimer)

Senyawa kimia aktif yang ada pada kunyit mampu memperbaiki sel sel otak dan melancarkan  dan memperkuat pembuluh darah seputar otak serta membuat otak lebih baik dalam menerima respon dan sinyal yang diberikan oleh tubuh.

20. Redakan stres.

Stres dan depresi bisa memengaruhi siapa saja. Jika dirasa sedang mengalaminya, coba redakan dengan mengonsumsi kunyit asam. Manfaat kunyit asam ampuh meredakan stres. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan kurkumin yang dapat meningkatkan neurotransmiter otak serotonin dan dopamin.

21. Dukung fungsi otot dan persendian.

Efek antioksidan dan anti-inflamasi dari jamu kunyit asam baik untuk ketegangan otot. Magnesium dalam asam jawa bisa membantu mengatasi sulit tidur atau saat otot tegang. Antioksidan kunyit dapat membantu mendukung kesehatan sendi dan kenyamanan dan mobilitas. Bersama-sama kedua bahan kuat ini membantu mendukung otot dan persendian.

22. Mengurangi Risiko Komplikasi Penyakit Jantung.

Manfaat jamu kunyit asam yang selanjutnya adalah mengurangi risiko komplikasi penyakit jantung.

Kandungan kurkumin pada kunyit memiliki fungsi utama sebagai antioksidan dan antiradang.  

Selain itu dalam sebuah penelitian dikatakan bahwa mengonsumsi kurkumin secara rutin dapat mengurangi risiko komplikasi akibat penyakit jantung.

23. Menyembuhkan mata yang terlalu sensitif terhadap cahaya.

Pada sebagian orang memiliki mata yang sangat sensitif dalam mrenangkap cahaya dan merasa tidak nyaman untuk memfokuskan diri dalam berinteraksi dengan apa yang dilihatnya. Vitamin A yang terdapat padaa kunyit mamapu memperbaiki retina mata adalama menangkap cahaya dan mengurangi sensitifitasnya.

24. Menyembuhkan pembengkakan pada selaput lendir mulut.

Pembengkkakan padaa rongga mulut terutama selaput lendir muliut dapat membuat peradangan yang nantinya akan menimbulkan keluhan kesehatan lain seperti bau mulut. Mengalami peradangan dan penimbunan makanan disela gigi yang mengakibatkan pembusukan dan pemunculan bakteri. Manfaat kunyit bersifat anti radang dan inflamasi yang kuat yang mampu mengobati peradangan seputar rongga mulut dengan cepat.

25. Dapat mencegah penggumpalan darah.

Jamu kunyit asam dapat melancarkan aliran darah dan oksigen keseluruh pembuluh darah dan jaringan tubuh lain. darah akan selalu harum dan bersih karena mendapat proses penyegaran dari zat mineral  yang dimiliki oleh kunyit.

26. Dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

Nutrisi yang ada di dalam manfaat jamu kunyit asam mampu mengganggu proses perkembangan sel kanker dan menghambatnya agar tidak tumbuh pada daerah lain. kanker payudara dapat dicegah selama wanita konsisten minum jamu kunyit asam jauh sebelum dirinya terserang sel kanker itu sendiri. untuik itu sangat baik jika mengkonsumsi jamu kunyit asam ketika usia masih remaja.

27. Melancarkan Siklus Haid.

Kunyit asam membantu melancarkan siklus haid. Biasanya, siklus haid yang normal sekitar 28 hari. Jika siklus haid tak teratur, biasanya wanita akan mengalami siklus lebih dari 35 hari dan mengalami rasa nyeri yang lebih sakit dari biasanya.

Tak hanya itu, aliran darah menstruasi juga terkadang bisa lebih deras atau malam lebih sedikit.Nah, dengan mengonsumsi jamu kunyit asam, siklus haid bisa diperbaiki serta nyeri haid pun bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Kunyit bisa memicu siklus haid dengan aman dan alami karena dikenal sebagai sumber estrogen yang baik untuk wanita yang sedang menstruasi.

28. Atasi nyeri haid.

Manfaat jamu kunyit asam banyak dikonsumsi wanita, terutama saat sedang haid. Jamu kunyit asam sangat baik untuk meredakan nyeri haid. kunyit akan mempermudah peluruhan dinding rahim. Meredakan nyeri hadi bisa dengan mencoba konsumsi kunyit asam.

29. Mengatasi Mood Swing saat Menstruasi.

Ketika menstruasi datang, pergolakan hormon yang terjadi bisa menyebabkan perubahan emosi yang cukup drastis. Jadi, sebuah hal yang wajar ketika wanita menjadi lebih cepat marah atau sedih ketika menstruasi.

Dilansir dari Psychiatry Advisor, jamu kunyit asam bisa menyeimbangkan zat kimia pada otak sehingga para wanita akan terhindar dari mood swing, lho!

30. Atasi keputihan.

Selain nyeri haid, masalah wanita yang tak ada habisnya adalah masalah keputihan. Jamu kunyit asam juga bisa membantu mengatasi keputihan. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan mineral dan minyak atsiri yang dimilikinya. Kedua kandungan ini mampu membersihkan darah haid yang tersisa pada saluran tubafalopi. Kandungan ini juga sangat efektif hentikan dan cegah keputihan.

31. Hilangkan bau badan.

Efek antimikroba dari kunyit dan asam jawa bisa membantu mengatasi bau badan. Bau badan sebenarnya berasal dari bakteri dan kuman di badan. Dengan konsumsi jamu kunyit asam, bau badan akan hilang.

32. Menyembuhkan luka bakar.

Kunyit mempunyai zat anti peradangan yang dapat mempercepat pengeringan dan penyembuhan luka bakar dan mencegah peradangan.

33. Menyembuhkan perih akibat paparan ultraviolet.

Selama berada dibawah sinar matahari dalam waktu yang lama dapat menyebabkan iritasi dan rasa terbakar pada kulit. Peradangan akan terjadi jika tidak segera diatasi dengan rajin minum jamu kunyit asam. Nutrisinya dapat melindungi kulit dari rasa terbakar dan dapat meningkatkan sel sel darah menjadi lebih sehat dan aktif untuk menangkal efek buruk matahari.

34. Mencerahkan kulit.

Kunyit asam bisa mencerahkan kulit secara alami. Manfaat ini dipengaruhi oleh antioksidan, vitamin A, dan vitamin C yang dimilikinya. Efek ini sangat baik untuk menghilangkan bekas jerawat.

35. Atasi jerawat.

Manfaat kunyit asam bisa mencegah penuaan dini. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan antioksidan yang dimilikinya. Antioksidan kunyit asam sangatlah tinggi. Antioksidan yang tinggi dalam jamu bisa membantu memperlambat proses penuaan dini. Kemudian mencegah hiperpigmentasi akibat paparan sinar UV.

36. Cegah penuaan dini.

Mengonsumsi kunyit asam dapat mengatasi masalah jerawat. Selain dapat meredakan peradangannya, kunyit asam juga bisa mencegah kemunculannya. Manfaat ini berasal dari vitamin A dan vitamin C yang dimiliki keduanya.

37. Menyembuhkan penyakit kulit.

Senyawa atsiri dapat mengurangui rasa gatal gatal diseluruh tubuh dan mencegah bakteri atau jamur untuk menetap pada permukaan kulit dan menjadi penyakit kulit seperti kudis, kurap atau ruam ruam.

38. Dapat melancarkan Asi.

Jamu kunyit asam sangat bermanfaat untuk memproduksi ASI menjadi lebih melimpah dan meningkatkan kualitas asi itu sendiri hingga nutrisi yang ada didalamnya dapat mempengaruhi pertumbuhan bayi agar selalu berada  dalam kondisi terbaiknya setiap waktu.

39. Mempercepat proses persalinan  ibu hamil.

Kandungan nutrisi yang ada pada kunyit mampu melancarkan peredaran darah sekitar rahim serta mengkuatkan panggul sehingga ketika proses persalinan tiba ibu tidak mengalami kesulitan dan tidak merasakan rasa nyeri yang berkepanjangan.

Kawan-kawan, itulah 39 manfaat jamu kunyit asam untuk kesehatan dan kecantikan yang dikumpulkan dari berbagai sumber, semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Komentar