Senin, Februari 23, 2009

Bisnis Kaos Online A La Descartes

Bisnis kaos tidak lagi hanya dapat dilakukan secara offline. Kita juga dapat jual kaos online dengan membuka sebuah toko online. Toko onlinenya pun bisa menggunakan sebuah website toko online maupun blog. Sepengetahuan Kang Kombor, tidak sedikit orang yang bahkan memanfaatkan situs multiply-nya untuk jualan online dengan memasang katalog produknya melalui posting di sana.

Ada sebuah toko kaos online yang unik. Toko kaos ini menawarkan kaos dengan desain teks yang provokatif. Kang Kombor sudah melihat seluruh desain kaos yang ditawarkan oleh Descartes melalui sebuah media bisnis kaos online yang bergaya blog itu. Ada empat kategori desain yang saat ini ditawarkan, yaitu:

  • Football
  • Inspirational
  • Society/Politics
  • Techno Life

Benar-benar provokatif. Bukan provokatif negatif melainkan provokatif yang menantang. Sebagai contoh, pada kategori society/politics, ada kaos Yudhoyono – One Vote for One Nation, kaos PKS atau kaos bertuliskan teks Keep Soekarno Spirits Alive.


Sebagai tempat jual kaos online, toko kaos tersebut memiliki menu cara pemesanan. Sayangnya, toko kaos tersebut belum menyediakan formulir order di websitenya. Hanya dijelaskan agar kita memilih produk yang ingin kita pesan. Apakah pesanan dikirim via email atau apa, belum dijelaskan. Metode pembayarannya pun baru tersedia melalui transfer ke rekening bank milik toko. Ada tiga rekening bank yang disediakan, BCA, Mandiri dan BNI. Jumlah yang ditransfer apabila kita order senilai harga produk yang dipesan dan ongko kirim yang besarnya dijelaskan dalam halaman lain. Setelah transfer, pembeli diminta konfirmasi ke sebuah email atau sms melalui sebuah nomor flexi. Mestinya, walaupun tidak dijelaskan kemana order harus diberikan, order pun dikirim ke alamat email untuk konfirmasi transfer pembayaran tersebut.

Selain jual kaos online, bisnis kaos ini juga menawarkan peluang untuk menjadi agen/grosir. Peluang yang sangat menarik karena dengan harga agen sebesar Rp39.000 kita dapat menjual seharga Rp50.000 atau lebih. Agar tidak bingung, ukuran kaos yang dijual pun diterangkan pada sebuah halaman. Ada empat ukuran yang disediakan yaitu L, XL, XXL dan XXXL. Dengan demikian, kita menjadi paham bahwa kaos yang dijual oleh toko kaos itu adalah kaos untuk orang-orang dewasa. Atau, paling tidak yang memiliki badan besar dengan ukuran kaos minimal L.

Kang Kombor punya saran untuk yang punya toko kaos. Sebaiknya disediakan sebuah formulir pemesanan sehingga calon pembeli dapat segera mengeksekusi pemesanannya. Karena toko kaos menggunakan engine wordpress, bisa digunakan plugin CFOMRS. Atau apabila mau yang lebih canggih, dapat digunakan plugin ecommerce untuk wordpress. Menurut Kang Kombor sih plugin CFORM sudah akan sangat membantu untuk para pembeli/calon pembeli.

Related Posts

Bisnis Kaos Online A La Descartes
4/ 5
Oleh

9 comments

Senin, Februari 23, 2009 4:55:00 PM delete

pokoknya bisnis trus yang diurusi heee, seoga tambah sukses aja

Reply
avatar
Senin, Februari 23, 2009 8:05:00 PM delete

kalau belanja kaos online, bagaimana kita bisa menilai kualitas dari kaos tersebut?

Reply
avatar
Selasa, Februari 24, 2009 12:34:00 AM delete

coba dikunjungi dulu deh..
mana tau tertarik beli..
hehe

Reply
avatar
Selasa, Februari 24, 2009 9:38:00 AM delete

emang banyak neh yg bisnis kaos belakangan ini, aku jg sempet mesen di kaos-it.com hehe :P

Reply
avatar
Senin, Maret 02, 2009 11:07:00 PM delete

Good tips but there are other ways to monetize your blog other than Adsense. Selling an eBook or affiliate products will bring good results.

Reply
avatar
Senin, Maret 23, 2009 5:50:00 AM delete

Salam kenal,
dapatkan produk distro menarik di www.mobaja.net, kaos, jaket dan lain-lain. Terima kasih.

Reply
avatar